The Role of Internet Exchange in The Collaboration of Content Delivery Network & Internet Service Providers

neuCentrIX - 23/12/2021 19:00

Pandemi COVID-19 telah meningkatkan permintaan terhadap hiburan digital sehingga semakin mendorong popularitas platform OTT. Menurut laporan Research Dive, pada tahun 2026, pasar OTT global diperkirakan akan menghasilkan pendapatan $438,5 Miliar, atau mengalami pertumbuhan secara eksponensial dengan CAGR 19,1%.

Di Indonesia, platform OTT juga semakin populer. Menurut survei yang dilakukan oleh Media Partners Asia (MPA), pada Januari 2021, Netflix memiliki sekitar 850 juta pelanggan di Indonesia. Sementara itu, Disney+ Hotstar kini telah memiliki lebih dari 2,5 juta pelanggan meskipun kehadirannya di Indonesia belum genap satu tahun.

Jumlah pelanggan yang semakin meningkat menuntut kebutuhan jaringan yang juga lebih tinggi. Saat ini, setiap pengguna OTT mengharapkan pengalaman pelanggan yang luar biasa dalam bentuk pengiriman konten yang lancar, tanpa gangguan, dan beresolusi tinggi. Untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi kepada penggunanya, platform OTT memerlukan jaringan yang kuat dan stabil dengan latensi minimum yang dapat disediakan oleh Content Delivery Networks atau CDN.

Kolaborasi Antara CDN dan ISP
Dengan pertumbuhan permintaan konten OTT yang signifikan, CDN perlu meningkatkan level mereka agar tetap kompetitif di pasar pengiriman konten. Saat ini, CDN umumnya membentuk aliansi strategis dengan jaringan lain, terutama ISP, untuk menyediakan solusi jaringan pengiriman konten.

Dalam kolaborasi ini, CDN dan ISP menghadapi tantangan mereka masing-masing. Untuk memenuhi tujuannya, CDN menyebarkan infrastruktur yang terdistribusi secara geografis. Penerapan ini mengharuskan CDN untuk memetakan pengguna akhir secara dinamis dan menghubungkannya ke server yang sesuai. Tantangan mungkin terjadi jika CDN harus melakukan implementasi ini tanpa sepenuhnya menyadari kondisi jaringan dalam ISP atau lokasi pengguna akhir. Sementara itu, ISP menghadapi perjuangan untuk mengatasi cepatnya perubahan lalu lintas yang disebabkan oleh kebijakan pemilihan server dinamis dari CDN. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi CDN dan ISP dapat diubah menjadi peluang yang menguntungkan.

Cara IX Membantu CDN dan ISP Meningkatkan Kolaborasi Keduanya
Bagaimana CDN dan ISP dapat memperkuat kolaborasi mereka? Untuk menjawab pertanyaan itu, pertama-tama kita harus berbicara tentang "peering".

Istilah peering merujuk pada kondisi ketika dua jaringan setuju untuk secara langsung terhubung satu sama lain melalui infrastruktur fisik dan bertukar lalu lintas agar bisa saling menguntungkan. Dengan interkoneksi langsung ini, jaringan yang saling terhubung tidak harus bergantung pada pihak ketiga untuk membawa lalu lintas untuk mereka. Tak hanya itu, peering juga memungkinkan setiap anggota untuk menciptakan jalur langsung di antara mereka sehingga memperpendek jarak yang harus ditempuh data, mengurangi latensi, dan meningkatkan waktu perpindahan data.

Saat ini, peering telah menjadi metode yang lebih banyak diminati untuk interkoneksi jaringan. CDN dan ISP dapat berkolaborasi dan meningkatkan kinerja mereka dengan lebih baik menggunakan metode khusus ini. Melalui peering dengan ISP, CDN dapat meningkatkan layanan mereka secara signifikan bagi pengguna mereka, memberikan mereka tempat transit yang lebih cepat dan lebih aman dengan jaringan yang ditingkatkan dan dioptimalkan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi lebih kompetitif di pasar pengiriman konten. Sedangkan bagi ISP, kerja sama tersebut merupakan langkah menuju pengelolaan lalu lintas yang lebih baik dalam jaringannya.

Lalu, apa peran IX dalam kolaborasi antara CDN dan ISP? IX dapat menjadi tempat bagi penyedia jaringan dan perusahaan internet lainnya (CDN, ISP, perusahaan web, penyedia layanan komunikasi, penyedia cloud, dll.) untuk saling bekerja sama. Setiap jaringan yang ingin melakukan peering dengan jaringan lain dapat bergabung dengan IX. Oleh karena itu, IX berperan sebagai fasilitator peering CDN-ISP.

Kesimpulannya, IX memainkan peran penting dalam kolaborasi antara CDN dan ISP. Itulah mengapa, CDN dan ISP sebaiknya segera mempertimbangkan untuk bergabung dengan IX dan menjalin peering satu sama lain untuk meningkatkan kinerja mereka dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.