Manfaatkan Multi-Cloud untuk Meningkatkan Customer Experience

neuCentrIX - 25/10/2021 12:00

Saat ini, layanan digital telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan. Media sosial, transaksi digital, aplikasi transportasi, konsep smart house, dan platform streaming video telah menjadi bagian dari keseharian, dan pelan-pelan “ketergantungan” ini terjadi secara natural dan di bawah alam sadar. AppDynamics, salah satu anak perusahaan Cisco Systems, menyebutnya sebagai "digital reflex". Tak heran jika digital experience, yang kini menjadi bagian utama dari customer experience (CX), kini memainkan peran kunci dalam menentukan kesuksesan sebuah brand.

 

CX di Era Digital Reflex

Di era digital reflex, pengalaman pengguna yang lancar dari hulu ke hilir (end-to-end) dan sepenuhnya dilakukan secara digital dapat disebut sebagai digital experience. Saat ini, setiap brand dituntut untuk menciptakan digital experience terbaik bagi pelanggan mereka. Tidak hanya di satu atau dua aspek, tetapi secara lengkap, mulai dari memerhatikan keterlibatan pelanggan secara konstan, proses pembelian yang lancar dan nyaman, kinerja aplikasi dan situs web yang luar biasa, hingga memberikan konten yang disesuaikan dan dipersonalisasi. 

 

Pelanggan percaya bahwa digital experience sama pentingnya dengan interaksi tatap muka dan akan setia pada brand yang mampu memberikan digital experience terbaik. Menurut laporan The App Attention Index yang dibuat oleh AppDynamics, 50% konsumen menyatakan bahwa mereka akan bersedia membayar lebih untuk produk atau layanan bisnis jika memiliki layanan digital yang lebih baik dari para kompetitornya. Selain itu, masih berdasarkan laporan yang sama, saat ini konsumen cenderung enggan menoleransi kendala-kendala di website—berbeda dengan tahun-tahun lalu.

 

Ekstrimnya, para konsumen bisa mengambil tindakan yang lebih tegas, seperti menghapus aplikasi, beralih ke kompetitor, dan membagikan cerita tentang pengalaman tidak menyenangkan dari penggunaan produk yang mereka alami secara luas. Untuk menjawab tuntutan di era ini, setiap bisnis perlu memikirkan kembali cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan CX. 

 

Kunci untuk meningkatkan CX saat ini adalah teknologi dan inovasi yang sangat mudah diakses sehingga bisnis dapat fokus untuk menyediakan apa yang dibutuhkan dan disukai pelanggan mereka. Sejak pandemi melanda, CX ditingkatkan dengan mengutamakan aspek digital—first impressions dibuat secara online, berbagai interaksi dilakukan melalui aplikasi, dan keputusan pembelian melalui digital experience didapatkan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam berbagai teknologi dan inovasi untuk meningkatkan kinerja digital mereka, salah satunya dengan memanfaatkan multi-Cloud.

 

Multi-Cloud dan Perannya dalam Meningkatkan CX 

Multi-Cloud mengacu pada penggunaan lebih dari satu Cloud dari platform yang berbeda—dapat berupa kombinasi IaaS, PaaS, SaaS, berbagi file dan penyimpanan data, big data analytics, manajemen data, dan keamanan siber—yang memungkinkan setiap platform Cloud menciptakan aplikasi atau layanan tertentu untuk mencapai tujuan akhir pengguna. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan empat penyedia Cloud yang berbeda untuk setiap layanan email, layanan database, Customer Relationship Management (CRM), dan Infrastructure as a Service (IaaS).

 

Kombinasi ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari setiap platform dan menghindari setiap limit yang ditentukan masing-masing penyedia Cloud. Selain itu, ketika bisnis memerlukan lebih banyak fleksibilitas, kelincahan, dan pilihan, arsitektur yang dimiliki multi-Cloud memungkinkan bisnis membangun ekosistem yang bisa menyesuaikan infrastruktur, penerapan, dan model manajemen sesuai dengan kebutuhan.

 

Dengan kemampuannya, arsitektur multi-Cloud memungkinkan perusahaan meningkatkan CX pada aplikasi mereka. Hal ini dikarenakan arsitektur multi-Cloud memungkinkan beban kerja aplikasi mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. Dengan demikian, aplikasi akan berfungsi seperti yang diharapkan tanpa konflik dalam mengakses sumber daya bersama. 

 

Lingkungan multi-Cloud juga membantu bisnis meningkatkan keamanan data mereka. Karena tidak harus bergantung pada satu platform Cloud, perusahaan memiliki resiliensi yang lebih baik terhadap berbagai jenis gangguan dan serangan siber. Ketika satu Cloud down, masih ada Cloud lainnya yang bisa mengambil alih beban kerja. Selain itu, dengan lebih banyak kemudahan untuk menjalankan aplikasi di "belakang panggung" (SaaS, IaaS, PaaS, dan lainnya) perusahaan dapat mengalihkan fokus mereka ke hal lainnya yang lebih penting, yaitu membuat dan meningkatkan strategi dan implementasi CX mereka.


Berbicara tentang customer experience saat ini tak lepas dari persoalan digital experience. Setiap bisnis memerlukan inovasi untuk memberikan digital experience terbaik sehingga dapat meningkatkan customer experience. Untuk dapat bertahan, sangat penting bagi bisnis untuk berinvestasi dalam teknologi yang tepat untuk membuat segalanya lebih baik, lebih mudah, dan lebih menarik bagi pelanggan mereka. Dengan kemampuannya, multi-Cloud kini menjadi pilihan solusi IT unggulan yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk menyediakan CX yang lebih baik.