Peran neuCentrIX Cloud dalam Meningkatkan Sistem Pemesanan Tiket Online ASDP Indonesia Ferry

neuCentrIX - 26/11/2021 16:06

Sebagai game changer, cloud computing telah memberikan dampak yang besar pada setiap sudut bisnis. Dengan meningkatkan kemampuan digitalnya yang unik, cloud telah membantu sejumlah perusahaan dari berbagai industri — mulai dari layanan kesehatan, pendidikan, BFSI, manufaktur, otomotif, ritel, perhotelan, hingga transportasi. Kini, mereka dapat menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan efisien serta mampu menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan mereka. neuCentrIX, solusi Telkom DWS untuk kebutuhan konektivitas digital bisnis, telah menunjukkan komitmennya sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia melalui kolaborasi yang dilakukan dengan perusahaan dari beragam sektor vital. Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan layanan neuCentrIX Cloud untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka adalah ASDP Indonesia Ferry.

 

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) adalah operator feri penumpang milik negara Indonesia. Perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta Pusat dan memiliki 29 cabang di 4 kantor wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, ASDP menyediakan lebih dari 200 rute pelayaran dengan menggunakan lebih dari 150 kapal, menghubungkan pulau-pulau di Indonesia dari Sabang di barat hingga Merauke di timur dan dari Talaud di utara hingga Rote di selatan. Perusahaan ini beroperasi di banyak pelabuhan, baik besar maupun kecil, termasuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk yang merupakan empat pelabuhan dengan lalu lintas penumpang feri tertinggi di Indonesia.

 

Menyadari permintaan yang terus meningkat, ASDP pun mengambil langkah besar dan memutuskan untuk mulai menerapkan sistem pemesanan tiket secara online. Melalui tagline “Naik Ferry, Easy!”, ASDP meluncurkan website dan aplikasi komersial bernama Ferizy yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket feri dengan rute dari dan menuju pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Namun, tanpa didukung oleh sumber daya teknologi yang kuat, seperti cloud computing, platform pemesanan tiket online seperti Ferizy akan sangat rentan terhadap berbagai gangguan dan kegagalan sistem. Hal ini tentu dapat menyebabkan pengalaman yang kurang memuaskan dan memicu keluhan dari pengguna. Itulah sebabnya, neuCentrIX Cloud dipilih untuk menjadi mitra tepercaya ASDP. Penunjukan ini bukan hanya karena reputasi neuCentrIX yang sudah terbukti, melainkan berkat kemampuannya dalam menyediakan infrastruktur yang memadai, jaringan yang unggul, akses premium ke basis pengguna internet yang besar, dukungan pelanggan 24/7 oleh para ahli, dan Disaster Recovery Center (DRC).

 

Dalam implementasinya, neuCentrIX Cloud meningkatkan sistem pemesanan tiket online ASDP dalam beberapa cara. Pertama, cloud meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas. Cloud dapat mempercepat pemrosesan data dan memungkinkan otomatisasi, ini berarti lebih banyak yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Berbagai tugas, mulai dari memperbarui reservasi, mengirim email konfirmasi, menerima pembayaran, hingga memperbarui jadwal, dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dengan risiko human error yang minimal. Kedua, cloud juga mendukung sistem kerja jarak jauh dan berbagi data. Dengan kata lain, setiap penanggung jawab dapat bekerja dari mana saja. Pembaruan, pemeriksaan, dan perbaikan sistem, bahkan dapat dilakukan dari jarak jauh. Tak heran jika cloud telah menjadi fitur penting selama masa pandemi. Terakhir, cloud mampu meningkatkan keselamatan dan keamanan. Karena disimpan dari jarak jauh, risiko pencurian, kehilangan, atau penghancuran data menjadi lebih kecil. Dengan sertifikasi dan kepatuhan neuCentrIX yang membuktikan bahwa standar ekstensif dan langkah-langkah keamanan telah diterapkan, data properti dan tamu ASDP dapat dijamin secara aman.


Dengan kekuatan neuCentrIX Cloud, Ferizy berhasil diluncurkan dan telah sepenuhnya aktif dan berjalan hingga saat ini. Website dan aplikasi Ferizy menawarkan berbagai fitur andal, seperti kemudahan pemesanan tiket, pengecekan jadwal, serta berbagai metode pembayaran online dan offline, yang telah meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan dan lebih banyak pendapatan bagi ASDP.