Pentingnya Layanan Interkoneksi dalam Colocation Data Center

neuCentrIX - 30/11/2021 10:00

Dalam praktiknya, bisnis modern membutuhkan interaksi banyak pihak dari berbagai sektor melalui berbagai media dan juga konektivitas yang kuat. Sebagai salah satu penggerak yang paling diandalkan dalam ekonomi digital global, penyedia colocation kini dituntut untuk menyediakan konektivitas yang andal, aman, dan terukur bagi para pelanggan mereka. Interkoneksi adalah solusi yang mereka tawarkan. Dengan layanan interkoneksi, penyedia colocation mampu menciptakan solusi yang dapat disesuaikan dengan setiap kebutuhan bisnis pelanggan mereka. Hal ini tentu bisa menambah nilai yang signifikan untuk penyedia colocation. Namun, apa sebenarnya yang disebut dengan interkoneksi data center dan apa pentingnya bagi bisnis?

 

Apa yang Dimaksud dengan Interkoneksi?

 

Interkoneksi mengacu pada koneksi data pribadi antarbisnis yang memungkinkan pertukaran data berkualitas tinggi, baik virtual maupun fisik. Tujuan utama dari interkoneksi adalah memungkinkan terjadinya pertukaran data pada kecepatan yang sangat tinggi dengan biaya rendah dengan mengurangi dua hal, yaitu latensi jaringan publik dan biaya koneksi khusus pribadi.

 

Fasilitas colocation dioptimalkan untuk dapat memfasilitasi banyak pihak. Fakta ini membuat interkoneksi menjadi bagian penting dari industri colocation data center selama beberapa dekade terakhir.

 

Colocation data center menyediakan ruang untuk berbagai pelaku digital — penyedia jaringan, penyedia cloud, penyedia konten, dan sejumlah pelaku digital lainnya — untuk meng-host infrastruktur fisik mereka. Interkoneksi memungkinkan pihak-pihak ini untuk saling terhubung dan bertukar lalu lintas secara efisien melalui beberapa media yang berbeda.

 

Apa saja Jenis-jenis Interkoneksi?

 

Seiring dengan perkembangannya, arsitektur dan layanan interkoneksi telah mengalami perubahan. Saat ini, terdapat empat jenis interkoneksi yang paling banyak digunakan.

 

Cross Connect

Cross connect mengacu pada kabel khusus yang menyediakan koneksi langsung antara dua lokasi terminasi berbeda dalam sebuah colocation data center. Dengan adanya koneksi langsung ini, cross connect memungkinkan pelanggan colocation untuk membangun konektivitas khusus, memiliki kinerja dan keandalan yang tinggi, serta mengurangi latensi.

 

Konektivitas Antar-situs

Konektivitas antar-situs memungkinkan komunikasi antara situs yang satu dan yang lain dalam jaringan colocation data center. Dengan konektivitas antar-situs, pelanggan colocation tah hanya dapat mengakses penyedia apa pun yang mereka butuhkan, tetapi juga mampu berkembang tanpa banyak batasan dalam fasilitas yang padat interkoneksi.

 

Blended IP

Layanan blended IP menggabungkan beberapa upstream carrier dan penyedia ISP dalam fasilitas colocation. Hal ini bertujuan untuk menciptakan koneksi yang sangat andal melalui arsitektur jaringan yang telah redundan seluruhnya, memberikan kecepatan transfer data paling tinggi, dan memastikan performa terbaik dari seluruh penyedia yang ada.

 

Internet Exchange

Internet exchange (IX) adalah infrastruktur fisik dalam fasilitas colocation yang memungkinkan pelanggan untuk saling terhubung secara langsung dan bertukar lalu lintas internet melalui peering. Dengan demikian, para pelanggan tidak perlu lagi bergantung pada jaringan pihak ketiga untuk membawa lalu lintas internet kepada mereka. Pada dasarnya, peering secara langsung dapat mempertahankan lalu lintas lokal untuk menghindari tingginya latensi yang disebabkan oleh jarak yang jauh dan beberapa internet hop. Biasanya, pelanggan dapat melakukan interkoneksi melalui dua cara, yaitu peering bilateral (lalu lintas dipertukarkan secara khusus antara dua pihak) dan peering multilateral (lalu lintas dipertukarkan antara lebih dari dua pihak).

 

Pentingnya Menggunakan Layanan Interkoneksi dari Penyedia Colocation

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan layanan interkoneksi dari penyedia colocation menawarkan sejumlah keunggulan, seperti kecepatan transfer data yang sangat tinggi, keandalan koneksi, dan biaya yang lebih rendah. Namun, ada tiga alasan lain mengapa pelanggan harus mempertimbangkan layanan ini. Pertama, melalui interkoneksi, pelanggan dapat memiliki akses langsung ke berbagai layanan pihak ketiga di fasilitas yang sama. Kedua, banyak layanan interkoneksi colocation terhubung langsung ke kabel bawah laut sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data yang lebih cepat dengan berbagai mitra di negara lain. Ketiga, pelanggan yang memiliki banyak website dan multi/hybrid arsitektur cloud dapat mengelola penyedia mereka melalui konsol tunggal, termasuk mengonsolidasikan penagihan.


Sebagian besar penyedia colocation saat ini menawarkan berbagai layanan interkoneksi untuk memastikan kenyamanan pelanggan mereka. Salah satunya neuCentrIX yang kini menawarkan neuCentrIX Internet Exchange (NCIX) agar setiap pelanggan dapat saling terhubung secara langsung dan bertukar lalu lintas secara lokal. Dengan segala keunggulan yang ditawarkannya, NCIX telah memberikan nilai tambah yang sangat besar bagi neuCentrIX sebagai salah satu penyedia colocation terkemuka di Indonesia saat ini.