Mengenal Border Gateway Protocol dan Pentingnya untuk Kelancaran Koneksi

neuCentrIX - 07/12/2021 15:01

Pada 4 Oktober 2021 lalu, server Facebook padam selama enam jam, bersama dengan Instagram dan WhatsApp. Dunia terkena dampaknya, dan telah menjadi salah satu pemadaman terbesar pada tahun 2021. Sebelum pernyataan resmi dirilis, banyak ahli berspekulasi bahwa pemadaman itu ada hubungannya dengan Border Gateway Protocol (BGP). Tapi apa itu BGP? Apa hubungannya dengan pemadaman?

Apa itu BGP?

BGP adalah protokol perutean data yang memastikan data apa pun yang Anda kirim melalui internet sampai ke tujuan yang diinginkan secepat mungkin. Saat data dikirim melalui internet, tugas BGP adalah melihat semua jalur yang tersedia yang dapat dilalui data dan memilih rute terbaik, yang sering kali melibatkan perpindahan antar sistem otonom.

Ketika berbicara tentang BGP, internet dibagi menjadi jaringan yang dikenal sebagai sistem otonom (AS). AS mengacu pada jaringan besar atau grup jaringan yang memiliki kebijakan perutean gabungan. Setiap AS dimiliki dan dikelola oleh entitas — ISP, perusahaan, atau organisasi mapan lainnya seperti pemerintah atau universitas besar. BGP adalah protokol yang digunakan antara AS yang menunjukkan data Anda rute mana yang harus dilalui untuk mencapai tujuannya.

BGP membuat keputusan perutean berdasarkan jalur, aturan, atau kebijakan jaringan yang dikonfigurasi oleh administrator jaringan. Namun, dalam hal perutean data, cara terpendek tidak selalu berarti yang terbaik. Ada banyak alasan mengapa algoritme perutean akan memilih satu jalur di atas jalur lainnya — biaya juga bisa menjadi faktor, karena beberapa jaringan membebankan biaya kepada yang lain jika mereka ingin memasukkannya ke dalam rute mereka.

Bagaimana cara kerja BGP?

BGP telah dibandingkan dengan berbagai hal. Cloudflare menggambarkan BGP sebagai layanan pos Internet. Dalam pengiriman surat, sistem layanan pos melibatkan cabang kantor pos dan kotak surat — kotak umum tempat surat ditempatkan untuk dikumpulkan oleh kantor pos. Surat yang dimasukkan ke setiap kotak surat harus melalui cabang pos lokal sebelum dialihkan ke tujuan lain.

AS seperti cabang kantor pos individu, dan router internal dalam AS seperti kotak surat. Router meneruskan transmisi keluar mereka ke AS, yang kemudian menggunakan BGP untuk mengirim transmisi ini ke tujuan mereka.

Sementara itu, The Verge menggambarkan BGP sebagai penyedia peta. Kita bisa membayangkan BGP sebagai sekelompok orang yang membuat dan memperbarui peta yang menunjukkan data Anda bagaimana menuju ke situs tujuannya. Dengan rute baru bermunculan dan rute yang ada menjadi tidak tersedia, peta harus terus diperbarui.

Struktur internet juga terus berubah. Oleh karena itu, setiap AS harus tetap up-to-date dengan informasi mengenai sistem baru serta sistem usang yang dapat digunakan untuk perutean data. Karena akan merepotkan untuk memetakan seluruh internet sepanjang waktu, AS membagikan peta mereka. Mereka sesekali akan berkomunikasi dengan AS lain untuk melihat dan menyalin pembaruan apa pun yang mereka buat ke peta mereka.

Apa sebenarnya yang terjadi pada Facebook?

Perwakilan Facebook telah membagikan versi mereka tentang mengapa pemadaman terjadi, tetapi The Verge telah menyederhanakannya untuk kami.

Menurut The Verge, pemadaman terjadi selama pemeliharaan rutin Facebook. Perintah yang dikeluarkan sebagai bagian dari pemeliharaan secara tidak sengaja memutuskan semua pusat data Facebook. Ketika server DNS perusahaan melihat bahwa tulang punggung jaringan tidak lagi berbicara dengan internet, mereka berhenti mengirimkan iklan BGP karena jelas ada yang tidak beres. Ini tampak seperti Facebook memberi tahu seluruh internet untuk mengambil servernya dari peta mereka. Faktanya, Cloudflare melaporkan bahwa mereka telah melihat pembaruan BGP dari Facebook dalam bentuk penarikan rute sebelum offline.

Oleh karena itu, secara ringkas, BGP memang berperan dalam pemadaman Facebook tetapi bukan penyebab utama. BGP Facebook mengambil layanannya dari peta. Namun, itu hanya terjadi karena infrastruktur perusahaan sedang down karena alasan lain dan server Facebook di peta tidak ada lagi.