Mengenal Public Peering & Private Peering

neuCentrIX - 09/12/2021 10:00

Ketika konektivitas yang kuat menjadi kunci bagi kelancaran dan keberhasilan operasional bisnis, internet yang lambat dan mahal bukan lagi menjadi pilihan. Untuk menjawab tantangan ini, metode peering bisa menjadi solusi yang tepat. Pada dasarnya, peering dapat diartikan sebagai interkoneksi dua jaringan yang berbeda agar dapat saling bertukar lalu lintas. Peering terbagi ke dalam dua jenis, yaitu public peering dan private peering. Terlepas dari kesamaan sifat, kedua jenis peering ini memiliki kelebihan dan poin pertimbangannya masing-masing. Mari kita simak pembahasan lebih lanjut mengenai public peering dan private peering.

Public Peering

Apa yang dimaksud dengan public peering?

Public peering adalah koneksi yang dilakukan melalui Internet Exchange (IX) dengan menggunakan Border Gateway Protocol (BGP). Hal ini berarti bahwa beberapa anggota IX dapat saling terhubung dan bertukar lalu lintas satu sama lain menggunakan satu atau lebih koneksi fisik yang difasilitasi oleh penyedia IX. Terdapat dua jenis public peering, yaitu multilateral dan bilateral. Dengan peering multilateral, setiap anggota akan terhubung ke server rute dengan sesi peering BGP tunggal dan bertukar lalu lintas dengan anggota lain yang terhubung ke server rute tersebut. Sementara itu, peering bilateral mengacu pada hubungan antara peering BGP langsung dengan anggota IX lainnya.

Meskipun demikian, menjadi anggota IX tidak membuat suatu perusahaan secara otomatis memiliki perjanjian peering dengan anggota lainnya. Koneksi hanya dapat difasilitasi atas kesediaan para anggota - umumnya melalui perjanjian peering individu. Oleh karena itu, di samping memenuhi semua persyaratan operasional dan teknis peering, setiap anggota juga perlu melakukan riset untuk menentukan siapa yang bersedia menjadi peer mereka. Sebagian besar perjanjian peering mengharuskan setiap perusahaan untuk memiliki Autonomous System Numbers (ASN) yang dirutekan secara publik, setidaknya satu blok alamat IP public, dan router tepi jaringan yang mampu menjalankan BGP.

Apa keuntungan dari public peering?

Melalui IX, public peering mampu menjaga lalu lintas lokal dan meningkatkan performa jaringan secara keseluruhan untuk memastikan koneksi yang lebih cepat. Metode ini pun dianggap lebih hemat biaya berkat dua hal: lalu lintas yang dipertukarkan secara langsung tanpa melalui jaringan pihak ketiga dan biaya per peer yang lebih efisien karena lalu lintas dikirim dari satu pihak ke banyak anggota. Terlebih lagi, metode ini memberikan kesempatan kepada setiap perusahaan untuk terhubung langsung dengan beragam partner, mulai dari para pelaku digital hingga penyedia layanan lainnya, dalam lingkungan IX. Namun, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu perusahaan harus menjadi anggota IX dan membayar sejumlah biaya agar dapat berpartisipasi dalam public peering di lingkungan IX.

Private Peering

Apa yang dimaksud dengan private peering?

Private peering adalah koneksi langsung yang didedikasikan khusus antara dua perusahaan dengan jaringan terpisah. Hal ini dilakukan di colocation data center melalui metode cross connect dengan cara menempatkan router dan kabel fisik untuk dapat menghubungkan dua lokasi terminasi yang berbeda. Dibandingkan dengan public peering, private peering dapat menskalakan bandwidth yang lebih tinggi dengan biaya per Mbps yang lebih rendah.

Apa keuntungan dari private peering?

Private peering adalah pilihan yang lebih tepat ketika sebuah perusahaan perlu mengirim volume lalu lintas dalam jumlah besar ke jaringan perusahaan lain. Peering jenis ini juga umumnya lebih aman dan andal jika dibandingkan dengan public peering. Selain itu, private public memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah melakukan kontrol dan pemantauan karena merupakan koneksi pribadi. Namun, perlu menjadi catatan bahwa private peering akan lebih bermanfaat bagi perusahaan yang perlu bertukar lalu lintas dalam jumlah besar yang tidak dapat dilakukan melalui koneksi bersama IX.

Sebagai colocation data center dan penyedia IX, neuCentrIX menawarkan kedua jenis peering untuk memenuhi setiap kebutuhan bisnis yang berbeda. Melalui layanan ini, neuCentrIX dapat menjamin kinerja dan keandalan tingkat tinggi untuk mendukung operasional bisnis yang lebih lancar dan sukses.