Perbedaan Shared dan Dedicated Resource dalam Layanan Cloud elastiCa dan dediCa

neuCentrIX - 23/12/2021 13:00

Sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia, neuCentrIX memahami bahwa setiap perusahaan memiliki operasional digital yang berbeda-beda dan memerlukan infrastruktur yang juga berbeda — termasuk dalam hal penyebaran cloud. Itulah sebabnya, untuk memenuhi tuntutan bisnis yang berbeda, neuCentrIX menawarkan tiga layanan neuCloud yang dapat dipilih pelanggan, yaitu multiCa, dediCa, dan elastiCa. Setiap layanan menawarkan model penyebaran cloud yang berbeda. neuCloud multiCa adalah layanan multi-cloud yang bergantung pada banyak sumber daya cloud, sedangkan neuCloud dediCa dan elastica adalah layanan private cloud dengan satu perbedaan yang mendasar.

Perbedaan utama antara neuCloud dediCa dan elastiCa terletak pada hostingnya; neuCloud dediCa menawarkan dedicated hosting kepada pelanggannya, sementara neuCloud elastiCa menawarkan shared hosting. Simak perbedaan antara dedicated dan shared cloud hosting berikut untuk mengetahui opsi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
Dedicated Cloud Hosting
Dengan dedicated cloud hosting, seperti yang ditawarkan dalam jenis layanan neuCloud dediCa, pengguna mendapatkan server khusus tanpa perlu berbagi dengan pengguna lain. Jenis cloud hosting ini memberi setiap pengguna sumber daya tak terbatas yang dapat diakses langsung dan dikonfigurasi dengan bebas berdasarkan kebutuhan spesifik terkait kinerja, keamanan, dan fleksibilitas. Namun, harga untuk mendapatkan akses dan kontrol ini tidak murah karena pengguna harus membayar seluruh biaya operasional. Selain itu, server khusus ini memerlukan staf dengan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk menyiapkan, memelihara, dan memecahkan masalah, termasuk langkah-langkah keamanan selama 24/7.

Karena kelebihan dan kekurangannya ini, dedicated cloud hosting sangat tepat untuk bisnis dan perusahaan besar yang membutuhkan performa tinggi untuk menangani volume traffic dan beban kerja yang tinggi serta memiliki kemampuan untuk membayar biaya tambahan. Pengguna cloud jenis ini juga dapat menggunakan cloud management platform dan managed services dari neuCentrIX untuk menghilangkan kerumitan instalasi dan pemeliharaan.

Shared Cloud Hosting
Shared cloud hosting, seperti yang ditawarkan dalam jenis layanan neuCloud elastiCa, mengacu pada beberapa pengguna yang berbagi server dan sumber daya yang sama. Salah satu manfaat shared cloud hosting adalah biaya yang lebih terjangkau mengingat biaya operasional dapat dibagi bersama dengan beberapa pengguna lain. Meskipun demikian, biaya yang terjangkau ini harus dibayar dengan sejumlah potensi kerugian terkait kinerja dan fleksibilitas. Dengan berbagi ruang server dan bandwidth yang tersedia, setiap pengguna memiliki keterbatasan sumber daya. Hal ini membuat performa dapat menjadi tidak stabil karena tergantung pada pemakaian pengguna lain. Selain itu, karena sumber daya dikelola oleh neuCentrIX sebagai host, pembagian sumber daya untuk setiap pengguna telah ditentukan sebelumnya. Dengan kata lain, pengguna tidak dapat begitu saja menggunakan sumber daya melebihi dari bagian yang telah ditentukan. Jika ingin melakukan penambahan, pengguna dapat dikenakan biaya ekstra yang tentu akan mengurangi atau bahkan menghilangkan keuntungan.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki, berbagai jenis perusahaan dapat memanfaatkan shared cloud hosting. Model penyebaran cloud ini cocok untuk bisnis berskala kecil hingga menengah atau perusahaan dengan volume traffic dan beban kerja yang tidak benar-benar memerlukan hosting khusus. Selain itu, neuCentrIX memiliki kapasitas untuk menjamin tingkat layanan hingga 99,9% yang memastikan performa yang lebih unggul, sekalipun menggunakan sumber daya bersama.

Baik neuCloud dediCa maupun elastiCa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum memilih jenis layanan yang tepat, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan dan penawaran dari setiap jenis cloud hosting yang mampu mendukung perusahaan Anda. Namun, meskipun menyediakan jenis layanan yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda, neuCentrIX tetap menawarkan kualitas, keandalan, dan kenyamanan layanan yang sama.