Pentingnya Mempertimbangkan Lokasi Saat Memilih Penyedia Data Center

neuCentrIX - 23/12/2021 17:37

Transformasi digital tidak lagi dapat dihindari. Meskipun demikian, transformasi digital memiliki tantangan tersendiri bagi bisnis modern saat ini. Proses transformasi digital yang tepat membutuhkan data dan bandwidth yang intensif. Sementara itu, untuk memastikan keberhasilan transformasi digital, sebuah perusahaan memerlukan infrastruktur kuat yang mungkin sulit disiapkan tanpa sumber daya dan keahlian yang cukup. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan saat ini, semakin banyak bisnis dari berbagai industri yang memilih colocation data center yang dirancang dan dikelola secara profesional dibandingkan dengan infrastruktur lokal.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia colocation data center, mulai dari jaminan uptime, tingkat layanan, pemulihan bencana, dukungan pelanggan, skalabilitas, keandalan, hingga keamanan, baik fisik maupun virtual. Selain faktor-faktor tersebut, lokasi data center menjadi faktor kunci yang jauh lebih penting daripada yang mungkin disadari oleh bisnis saat ini. Lokasi data center merujuk pada bangunan dan area yang menjadi tempat server disimpan dan dipelihara. Mari simak lebih lanjut mengapa lokasi data center menjadi salah satu pertimbangan penting bagi bisnis dengan melihat tiga faktor berikut.

Tiga Pertimbangan Lokasi Data yang Perlu Diketahui Bisnis

Cuaca dan Bencana Alam
Berada di area Cincin Api Pasifik membuat Indonesia semakin rentan terhadap risiko bencana alam. Banjir yang sering terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia seringkali menimbulkan korban jiwa dan merusak infrastruktur. Menurut media, banjir besar yang melumpuhkan ibu kota Indonesia pada malam pergantian tahun 2020 menyebabkan kerugian sekitar Rp 1 Triliun. Tidak hanya itu, Indonesia juga mengalami paling tidak satu kali gempa bumi per tahun dengan kekuatan enam atau lebih besar, menimbulkan korban jiwa serta kerusakan lingkungan dan infrastruktur yang mengakibatkan kerugian ekonomi. Bencana alam dapat menimbulkan dampak yang mampu merusak bangunan dan fasilitas data center. Hal ini tentu dapat menyebabkan hilangnya data-data penting dan downtime yang sangat besar — ​​dua hal yang perlu dihindari oleh bisnis. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk memilih data center yang berlokasi di daerah dengan pola cuaca yang lebih dapat diprediksi dan potensi risiko bencana alam yang rendah atau memilih penyedia dengan catatan yang terverifikasi tentang rencana mitigasi dan pemulihan risiko bencana alam.

Kedekatan dengan Pengguna
Secara umum, latensi mengukur waktu yang diperlukan data untuk melakukan perjalanan dari sumber asal ke tujuannya di seluruh jaringan. Sebagian besar latensi tinggi disebabkan oleh jarak antara pengguna dan server yang menghosting situs web, sebagian lainnya dipengaruhi oleh efisiensi jaringan dan kualitas perangkat. Hal ini menunjukkan bahwa lokasi fisik data center dapat memengaruhi kecepatan dan waktu pemuatan halaman situs web yang dapat menentukan kualitas pengalaman pengguna. Itulah mengapa sebaiknya bisnis memilih data center yang terletak di dekat basis pelanggan atau traffic utama mereka, terlebih jika aplikasi pelanggan mereka sangat bergantung pada waktu respons yang cepat dan latensi yang minimal. Perlu menjadi catatan juga bahwa mesin pencari akan memperhitungkan kecepatan website dan waktu muat halaman ketika memberikan peringkat situs untuk SEO. Dengan kata lain, memilih data center yang terletak jauh dari basis pengguna berpotensi menurunkan peringkat mesin pencari website bisnis Anda.

Aksesibilitas Daya dan Jaringan
Jaringan adalah tulang punggung data center yang memerlukan aksesibilitas ke daya komersial dan redundansi atau akses penuh ke konektivitas yang andal. Selain hal tersebut, lokasi pembangkit listrik utama, gardu induk, dan feed tempat data center dibangun juga perlu menjadi pertimbangan yang tidak dapat diabaikan. Oleh karena itu, penting untuk memilih data center di lokasi yang memiliki beberapa power feed komersial untuk memastikan redundansi dan perusahaan listrik yang andal untuk waktu respons yang lebih cepat jika terjadi pemadaman. Selain itu, akses ke beberapa penyedia jaringan terbaik juga penting untuk menjamin konektivitas yang andal dan uptime yang berkelanjutan.

Mengapa neuCentrIX?

Sebagai salah satu penyedia data center terbaik di Indonesia, neuCentrIX selalu percaya bahwa lokasi data center merupakan pertimbangan yang sangat penting bagi bisnis. Untuk itulah, 14 data center yang dimiliki neuCentrIX dibangun di wilayah paling strategis dan tersebar di berbagai kota besar dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia — Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Hal ini bertujuan untuk memastikan kedekatan dengan pengguna dengan jangkauan yang lebih luas serta akses ke sumber daya dan jaringan terbaik. Selain itu, data center neuCentrIX terletak di area yang relatif aman dan jauh dari zona rawan bencana untuk meminimalkan risiko downtime dan juga kehilangan data. Semua faktor dan keunggulan ini telah menjadikan neuCentrIX sebagai pilihan penyedia colocation data center yang dapat diandalkan bisnis saat ini.