Kelebihan Internet Exchange dalam Meningkatkan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Anda

neuCentrIX - 25/12/2021 10:00

Pandemi COVID-19 telah mengubah perilaku konsumen dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari cara mereka bekerja, belajar, berkomunikasi, belanja, mencari hiburan, layanan kesehatan, hingga kenyamanan. Dengan ditetapkannya aturan untuk tetap berada di rumah dan kebijakan physical distancing, sebagian besar orang dituntut untuk melakukan berbagai rutinitas mereka dari jarak jauh dan mengalihkan hampir semua kebutuhan mereka ke saluran digital. Melihat fakta ini, apa yang dapat dilakukan penyedia konten dan layanan? Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi Anda?

Perilaku Konsumen dalam menghadapi “Next Normal”
Meskipun beberapa dari perilaku konsumen saat ini hanya bersifat sementara, McKinsey percaya bahwa tak sedikit yang akan mempertahankan perilaku tersebut untuk diterapkan dalam kebiasaan “next normal”. Beberapa perilaku yang akan bertahan bahkan setelah pandemi, di antaranya kerja jarak jauh, layanan telemedis dan e-farmasi, hiburan digital, dan e-commerce. Jadi,apa kesamaan dari semua perilaku ini? Ya! Semuanya akan dilakukan secara digital, menggantikan atau melengkapi aktivitas fisik dan juga tatap muka. Artinya, para penyedia perlu meningkatkan pengalaman pengguna digital dan membutuhkan konektivitas yang kuat.

Pergeseran perilaku konsumen dapat berarti pergeseran ekspektasi. Untuk dapat menjalani gaya hidup digital baru mereka saat ini, terdapat tiga hal yang diharapkan konsumen dari ISP, penyedia konten, dan penyedia layanan digital lainnya, yaitu keandalan, keamanan, dan pengalaman pengguna yang luar biasa. Demi menjawab tiga tantangan tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan para penyedia layanan, salah satunya bergabung dengan Internet Exchange (IX).

Bagaimana IX Dapat Menjamin Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan
Terdapat sejumlah cara untuk bergabung dengan IX yang dapat membantu Anda memastikan keandalan, keamanan, dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Koneksi yang berada di luar lingkungan IX, terutama tautan internasional, sangat rentan terhadap latensi dan kongesti yang tinggi, menciptakan kelambatan yang akan mempengaruhi kinerja website. Bergabung dengan IX memungkinkan jaringan Anda untuk melakukan peering dengan beberapa jaringan lain melalui koneksi tunggal dan bertukar lalu lintas tanpa perlu melibatkan penyedia transit. Artinya, lalu lintas dapat dilokalkan dan jarak yang harus ditempuh data dari sumber ke tujuannya dapat dipersingkat sehingga dapat mengurangi latensi dan meningkatkan waktu perjalanan data (pulang dan pergi). Hal ini mampu meningkatkan waktu respons website Anda secara signifikan agar pengunjung tidak perlu lagi menunggu terlalu lama untuk memuat halaman. Tak hanya itu, IX juga memastikan stabilitas koneksi yang memungkinkan Anda menyediakan berbagai konten, layanan, dan aplikasi — bahkan yang menuntut koneksi dengan latensi rendah (seperti video atau konten interaktif) — kepada pelanggan Anda secara konsisten.

Menjadi anggota IX juga membantu Anda menjadi penyedia konten atau layanan yang andal yang mampu menarik perhatian pelanggan. Dalam hal ini, pelanggan tentu akan lebih memilih penyedia tepercaya dengan keandalan yang sudah terbukti. Untuk dapat bergabung dengan IX, ada persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi. Setelah menjadi anggota IX, Anda tidak akan memiliki perjanjian peering dengan sesama anggota secara otomatis. Dengan kata lain, Anda perlu melakukan perjanjian peering dengan anggota IX lainnya, menyusun keuntungan bersama, dan memenuhi beberapa persyaratan teknis termasuk detail keamanan. Intinya, menjadi anggota IX dapat memberikan gambaran bahwa Anda memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjadi penyedia andal: kapasitas, kapabilitas, reputasi, dan rekam jejak yang terbukti. Kualitas ini akan membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada, bahkan menarik lebih banyak pelanggan yang baru.

Kedua kelebihan di atas menjadi alasan utama mengapa Anda harus bergabung dengan IX. Di Indonesia, terdapat lebih dari dua puluh penyedia IX, termasuk NCIX, yang bisa Anda pilih. Sebagai catatan, hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk bergabung dengan IX adalah memastikan penyedia pilihan Anda tidak hanya menjamin performa tingkat tinggi, tetapi juga layanan yang lebih efisien dan andal bagi para anggotanya.