Kiat-kiat Mengurangi Pengeluaran Infrastruktur IT dengan Memanfaatkan Cloud

neuCentrIX - 27/12/2021 09:00

Infrastruktur IT sering kali dianggap sebagai salah satu “beban keuangan” terbesar perusahaan. Namun, di era ketika transformasi digital menjadi tak terelakkan, bisnis perlu berinvestasi dalam infrastruktur dan sumber daya TI yang andal. Untungnya, saat ini kita dapat dengan mudah menerapkan berbagai program dan kebijakan untuk menekan pengeluaran IT perusahaan Anda tanpa harus mengurangi atau kehilangan manfaatnya.

Cara Menghemat Biaya Infrastruktur IT Perusahaan Anda

Dalam artikel ini, kami telah merangkum lima cara yang umum digunakan untuk mengelola biaya infrastruktur TI Anda secara efektif.

1. Terapkan virtualisasi
Pada dasarnya, virtualisasi diartikan sebagai proses menggantikan hardware fisik dengan hardware virtual. Cara ini menjadi salah satu metode yang dapat membantu Anda mencapai penghematan biaya secara signifikan. Virtualisasi mampu menghilangkan kebutuhan akan hardware, termasuk server fisik, yang mengarah pada pengurangan penggunaan energi dan juga biaya.

2. Batasi akuisisi aset baru
Untuk menghemat pengeluaran, akuisisi aset baru perlu dibatasi dan hanya dilakukan  dalam kondisi penting, seperti implementasi kerja jarak jauh atau eksekusi produk/layanan baru. Anda dapat mengimplementasikan cara ini dengan melakukan dua hal, yaitu memperpanjang siklus hidup aset yang ada saat ini melalui perawatan rutin dan memilih hardware bekas pakai.

3. Gunakan sumber daya sesuai permintaan
Anda dapat mengubah sumber daya non-kritis Anda, baik staf maupun peralatan, dari biaya tetap menjadi biaya opsional. Misalnya, memilih untuk menyewa peralatan atau ruangan dan mempekerjakan staf per proyek, menjadikannya sebagai pilihan ad hoc.

4. Menggunakan jasa vendor pihak ketiga
Cara lain untuk menghemat biaya infrastruktur IT adalah dengan menggunakan outsourcing. Cara ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk membayar layanan yang Anda gunakan, tetapi juga memberikan Anda kesempatan untuk memilih vendor pihak ketiga yang sesuai dengan anggaran. Di samping itu, mempekerjakan vendor yang andal dan berpengalaman membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari anggaran yang Anda keluarkan. Itulah mengapa outsourcing menjadi salah satu cara dalam menghemat biaya infrastruktur IT Anda.

5. Manfaatkan cloud
Cloud computing memainkan peran penting dalam mengurangi biaya infrastruktur IT Anda. Caranya? Mari kita lihat lebih dekat bagaimana cloud mampu membantu Anda dalam hal ini.

Bagaimana Cloud Computing Membantu Mengurangi Biaya Infrastruktur IT Anda

Ada tiga cara yang dapat dilakukan cloud computing untuk menghemat biaya IT perusahaan Anda, yaitu:

1. Cloud dapat mengurangi akuisisi hardware baru.
Dengan memanfaatkan penyedia cloud, Anda tidak perlu memiliki hardware sendiri. Penyedia cloud yang Anda pilih akan bertanggung jawab atas penyediaan hardware. Tak hanya itu, bermigrasi ke cloud dapat membantu Anda memaksimalkan ruang dan memangkas pengeluaran energi secara signifikan.

2. Cloud membantu menurunkan investasi modal Anda.
Biaya awal penerapan cloud lebih rendah dibandingkan dengan membangun solusi in-house. Beberapa penyedia cloud juga telah menawarkan sistem pembayaran dengan model bayar per penggunaan yang memungkinkan Anda menghemat anggaran. Selain itu, dengan menggunakan cloud untuk operasional bisnis Anda, seperti untuk penyimpanan data dan pekerjaan jarak jauh, Anda dapat memangkas pengeluaran untuk ruang kantor.

3. Cloud memungkinkan Anda mengurangi biaya tenaga kerja dan pemeliharaan.
Permintaan terhadap staf IT internal akan berkurang mengingat hardware dimiliki oleh penyedia cloud dan disimpan secara off-site. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk sumber daya manusia. Anda juga dapat menghemat biaya untuk pemeliharaan dan upgrade hardware karena merupakan tanggung jawab penyedia cloud Anda.

Kesimpulannya, migrasi ke cloud adalah salah satu cara paling masuk akal dan efektif untuk mengurangi biaya infrastruktur TI perusahaan Anda saat ini. Penyedia cloud, seperti neuCentrIX, menawarkan tiga jenis penerapan cloud — private, public, atau hybrid cloud — yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terlepas dari pilihan dan kebutuhan Anda, semua jenis penerapan cloud computing dari neuCentrIX akan memberikan Anda keuntungan yang sama.