Prediksi Tren Cloud Computing di Tahun 2022

neuCentrIX - 11/01/2022 10:00

Kita sudah berada di awal tahun 2022. Para spesialis IT percaya bahwa cloud computing akan menjadi yang terdepan dalam semua teknologi untuk membantu bisnis tumbuh dan beradaptasi dengan perubahan di tahun mendatang.

 

Berikut adalah empat tren dan prediksi terkait cloud computing untuk tahun 2022 yang perlu diantisipasi.

 

1. Hybrid cloud akan terus meningkat

Pada tahun 2022, penerapan hybrid cloud akan terus meningkat. Menurut BCC Research, pasar cloud hybrid global diprediksi akan mencapai $98,8 miliar pada tahun 2022. Hybrid cloud telah menjadi solusi ideal bagi mereka yang menginginkan lebih banyak fleksibilitas dalam manajemen cloud mereka. Dengan hybrid cloud, pengguna dapat membagi beban kerja antara private dan public cloud sesuai dengan kebutuhan mereka. Data yang perlu sering diakses dengan cepat dapat disimpan di public cloud, seperti AWS atau Azure, yang menawarkan kemudahan akses melalui sejumlah tools, aplikasi, dan dasbor. Sementara itu, mission-critical data atau data yang lebih sensitif dapat disimpan di private cloud dengan akses yang dapat dipantau dan dapat diproses menggunakan aplikasi kepemilikan. Tingkat fleksibilitas ini membuat hybrid cloud semakin menarik perhatian pengguna.

 

2. Keberlanjutan akan menjadi pendorong inovasi cloud

Ketika persoalan konsumsi energi dan emisi karbon menjadi semakin mendesak, penyedia cloud dunia telah membawa inisiatif go green dengan lebih serius. Para penyedia cloud terbesar dunia telah melakukan upaya untuk meningkatkan efisiensi hardware dan software serta mengurangi konsumsi daya mereka. Misalnya, Amazon telah berjanji untuk menggerakkan operasional AWS dengan 100% energi terbarukan pada tahun 2025 dan mengumumkan pembangunan 23 proyek tenaga angin dan surya baru di seluruh dunia pada tahun 2021. Google menerapkan data cuaca historis untuk mengurangi kebutuhan sistem pendingin server farm. Sementara itu, Microsoft telah bereksperimen dengan data center akuatik yang memanfaatkan laut untuk menyerap panas. Pada tahun 2022, aksi-aksi keberlanjutan ini diharapkan akan diikuti oleh lebih banyak penyedia cloud di seluruh dunia.

 

3. Berbicara tentang cloud computing, tak boleh melewatkan edge computing

Di masa depan, cloud akan menjadi sangat terspesialisasi di jaringan tepi. Mengutip Dr. Werner Vogels dari Amazon, di restoran dan toko ritel atau di lokasi terpencil, harus ada solusi khusus untuk jaringan tepi agar dapat memanfaatkan cloud secara maksimal demi kebutuhan workshop (bengkel) dan warehouse (gudang). Pada tahun 2022 dan di tahun-tahun mendatang, kita akan melihat percepatan cloud yang melebihi infrastruktur terpusat konvensional dan menjadi ekosistem tak terduga dengan kebutuhan teknologi yang lebih spesifik. Cloud akan digunakan dalam peralatan rumah tangga, seperti TV dan oven. Cloud juga akan ada dalam segala hal, mulai dari mobil yang melaju di jalan, hingga kapal dan pesawat. Cloud pun akan didistribusikan secara global dan terhubung ke hampir semua perangkat atau sistem digital di Bumi, bahkan di luar angkasa.

 

4. Kontainerisasi akan menjadi bagian dari layanan yang ditawarkan oleh penyedia cloud

Kontainerisasi telah menjadi alternatif atau dukungan menuju virtualisasi. Secara umum, kontainerisasi melibatkan pengemasan kode software dan perpustakaan serta dependensinya sehingga dapat berjalan secara konsisten dan seragam pada infrastruktur komputasi apa pun. Mengapa hal tersebut penting? Kontainerisasi memungkinkan developer untuk mengembangkan dan mendistribusikan aplikasi dengan cara yang lebih cepat dan lebih aman dibandingkan dengan metode konvensional. Mengutip artikel yang ditulis oleh IT Business Edge, dengan kontainerisasi aplikasi dapat dijalankan dengan cara “written once and run anywhere”. Penyedia cloud besar, seperti AWS, telah menyediakan berbagai layanan untuk menyimpan, mengelola, dan menjalankan kontainer. Pada tahun 2022, lebih banyak penyedia cloud akan menyediakan kontainer sebagai salah satu layanan mereka.

 

Itulah empat prediksi yang akan menjadi tren baru di tahun 2022. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mempersiapkan strategi terbaik untuk bisnis Anda di tahun ini!