5 Tren Teknologi Teratas di Tahun 2022: Dari Transformasi Digital ke Multicloud hingga Big Data dalam E-Commerce

neuCentrIX - 21/02/2022 10:00

Tren dalam industri teknologi tidak selalu baru dan terdengar asing. Beberapa tren akan tetap relevan untuk sementara waktu karena telah banyak mengubah dunia. Dalam artikel ini kita akan melihat lima tren teknologi teratas yang telah ada selama beberapa waktu dan akan tetap relevan di tahun 2022.

 

Transformasi Digital

 

Transformasi digital berarti mengintegrasikan teknologi digital ke dalam semua bidang bisnis — mengubah cara perusahaan beroperasi dan menambah nilai bagi pelanggan — untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pasar yang terus berubah. Istilah ini telah ada selama beberapa dekade, tetapi implementasinya tidak pernah secepat dan masif seperti saat ini.

 

Dalam dua tahun terakhir, transformasi digital terjadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya—entah berkat adanya pandemi COVID-19 atau tidak—. Saat ini, semakin banyak perusahaan yang mengikuti tren karena keuntungan dan peluang yang ditawarkan oleh transformasi digital.

 

Multicloud

 

Dalam beberapa tahun terakhir, multicloud semakin mendapatkan popularitas. Berbeda dengan basic cloud yang hanya menggunakan satu cloud—baik private atau public cloud— dalam penerapannya, arsitektur multicloud menggunakan beberapa layanan cloud—lebih dari satu penyedia cloud; bisa sepenuhnya private, public, atau hybrid (kombinasi keduanya). Dengan kemampuannya, multiclouds telah menjadi solusi ideal bagi mereka yang menginginkan lebih banyak fleksibilitas dan kelincahan dalam pengaturan cloud mereka.

 

Pada tahun 2022, kita akan melihat lebih banyak penerapan hybrid cloud. Dengan cloud hybrid, pengguna dapat memindahkan beban kerja antara private dan public cloud berdasarkan kebutuhan mereka. Data yang perlu diakses dengan cepat dan sering dapat disimpan di public cloud, seperti AWS atau Azure, yang menawarkan akses mudah melalui alat, aplikasi, dan dasbor. Sementara itu, data yang lebih sensitif atau mission-critical data dapat disimpan di private cloud yang dapat dipantau dan dapat diproses menggunakan proprietary applications. Tingkat fleksibilitas ini membuat hybrid cloud semakin disukai.

 

Remote Working

 

Pandemi COVID-19 telah membuat dunia menyadari bahwa, di banyak industri, remote work memang merupakan pilihan yang layak, dan teknologi menjadi inti dari perubahan paradigma ini. Teknologi telah memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan remote work yang produktif dan aman serta membuat work from home menjadi nyaman, baik bagi atasan maupun karyawan.

 

Pada tahun 2022, perusahaan akan menyadari bahwa kesempatan untuk bekerja dari rumah atau tempat lain dapat memotivasi banyak karyawan karena mereka dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi mereka dengan pekerjaan mereka, bahkan lebih baik ketika melakukan work from home. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang akan mempertimbangkan untuk beralih ke hybrid atau pekerjaan jarak jauh sepenuhnya.

 

Big Data dalam E-Commerce

 

Pada tahun 2022, pendekatan berbasis data akan lebih sering digunakan di setiap aspek bisnis, termasuk e-commerce. Perusahaan akan lebih mengandalkan Big Data dan Analytics untuk memahami pelanggan mereka dan menawarkan pengalaman yang lebih baik—meningkatkan keterlibatan pelanggan, mengelola hubungan pelanggan, mempersonalisasi pengalaman berbelanja, dan meningkatkan penjualan.

 

Big Data dan Analytics juga akan menjadi tool penting dalam akuisisi pelanggan. Sebagai contoh, dengan penerapan Big Data dan Analytics, perusahaan akan dapat mengidentifikasi perilaku pembelian pelanggan dan memprediksi apa yang mungkin mereka butuhkan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan strategis bisnis terkait akuisisi pelanggan.

 

Cloud Gaming

 

Saat ini, para gamers tidak perlu lagi mengunduh dan menginstal game. Melalui konsep cloud gaming, mereka dapat menikmati game di server jarak jauh dan streaming konten langsung dari perangkat mereka. Ini membuat game lebih mudah diakses bahkan untuk pemain dengan spesifikasi perangkat keras yang lebih rendah.

 

Tahun 2022 akan menjadi tahun yang menentukan untuk cloud gaming. Selama bertahun-tahun, cloud gaming telah mencoba untuk membuktikan dirinya. Terlepas dari berbagai perjuangan dan tantangan, industri ini akan terus mencari cara untuk membuat cloud gaming lebih menarik.

 

Itulah lima tren teknologi teratas yang masih tetap relevan di tahun 2022 dan mungkin beberapa tahun dari sekarang.