Perjalanan NeuCentrIX Menuju Seamless Data Center

neuCentrIX - 04/04/2022 10:00

Untuk bisnis yang tidak ingin ketinggalan tren dan memperluas cakupannya, mengimplementasikan teknologi merupakan suatu keharusan. Telkom Group menawarkan Seamless Data Center untuk membantu bisnis agar bisa mengikuti tren teknologi khususnya di Indonesia.

Masalah Pelanggan dan Internal

Kebutuhan pelanggan mengalami pergeseran. Dengan kecepatan pertumbuhan tren teknologi, para pelanggan kini meminta layanan end-to-end yang fleksibel dan instan. Karena itu, neuCentrIX datang dengan solusi untuk meningkatkan beberapa masalah yang dialami oleh pelanggan maupun internal.
Pelanggan global membutuhkan waktu lebih dari empat minggu untuk membangun infrastruktur IT, fragmanted link, biaya mahal, dan kebijakan yang berat mengenai masalah pelanggan. Sementara itu, pelanggan domestik seringkali harus menghadapi masalah kehabisan kapasitas lebih cepat dari sebelumnya dan mahalnya layanan konektivitas. NeuCentrIX menawarkan solusi untuk masalah ini, termasuk penyedia jaringan yang instan, solusi end-to-end dan bandwidth yang fleksibel.
Masalah internal yang dialami dalam lingkup global yaitu termasuk biaya kabel yang hangus, pengaturan multi-supplier dan ketidak-tersediaan interkoneksi data center. Sementara itu, masalah internal dalam lingkup domestik termasuk tekanan pasar pada konektivitas, kompleksitas menangani bisnis data center, dan kerumitan kapasitas publik IX.
Solusi yang diperlukan untuk mengatasi masalah internal ini adalah konektivitas yang lebih canggih, supplier yang terintegrasi serta sebuah seamless data center yang sudah terhubung sebelumnya.

Perkembangan Terbaru Data Center

Data center dibangun di banyak area yang berbeda untuk memudahkan akses pelanggan, khususnya untuk yang di luar lingkup Jabodetabek. Terlepas dari pertumbuhannya, data center di luar area Jabodetabek umumnya ada pada tingkatan Tier-2 atau di bawahnya. Saat ini hal itu dianggap memadai karena kebutuhan pasar di area tersebut tidak setinggi kebutuhan di central area.
Selain itu, sebagian besar data center tidak terhubung satu sama lain. Namun, data center yang bekerja di banyak lokasi akan mengembangkan jasanya sehingga data center bisa terintegrasi dengan satu sama lain.
Dalam satu tahun terakhir, kita telah menyaksikan adanya kemunculan tren pembangunan ekosistem baru untuk menghubungkan atau mengintegrasi infrastruktur yang terpisah di beberapa penyedia cloud atau data center.

Apa itu Seamless Data Center

Seamless data center adalah koneksi sinergi antara beberapa data center menjadi satu kesatuan ekosistem atau cakupan layanan yang luas dan berkelanjutan. Dalam hal ini, data center Telkom Group menjadi satu ekosistem digital mewujudkan seamless data center melalui neuCentrIX.
NeuCentrIX merupakan brand yang menyediakan solusi data center, baik domestik maupun luar negeri dan dapat terkoneksi secara seamless. Para penyedia konten domestik hanya butuh menggunakan neuCentrIX di kota yang terdekat dengan mereka dan bisa merasakan manfaat dengan kapasitas yang maksimal.
Selain itu, neuCentrIX adalah data center netral yang memiliki koneksi dengan berbagai macam jasa dan penyedia jaringan di seluruh dunia. Karena itu, penyedia konten, jasa dan jaringan akan tersedia dengan mudah dengan adanya neuCentrIX.
Proyek pilot fase 1 seamless data center dari Telkom Group ditandai dengan konektivitas yang seamless antara Data Center Meruya dan Data Center Karet di Jakarta, serta Data Center Candi dan Data Center Kotabaru di Jawa Tengah. Seamless data center dari Telkom Group memungkinkan data center untuk berintegrasi dengan satu sama lain di dalam area tersebut.
Pada akhir kuartal keempat tahun 2022, neuCentrIX diharapkan untuk meluncurkan ekosistem hub global secara seamless. Dengan perkembangan ini, semua masalah yang dialami pelanggan maupun internal akan ditangani secara menyeluruh, dan diharapkan bisa meningkatkan ekosistem bisnis di Indonesia.