Kisah Sukses Bitsnet dan Fiberconnect

neuCentrIX - 28/04/2022 16:52

Telkom Divisi Wholesale Service (DWS) terus berupaya memberikan solusi konektivitas terbaik bagi mitra. Kami memberdayakan inovasi produk dan layanan digital dengan menyediakan layanan end-to-end terbaik dengan pengalaman digital dan solusi inovatif. Layanan ini memungkinkan perusahaan di seluruh dunia untuk beralih ke digitalisasi.

Ageng Bagja Priyadi berkomentar tentang bagaimana DWS berhasil membantu bisnisnya selama bertahun-tahun di Bitsnet dan Fiberconnect.

Sekilas mengenai Bitsnet dan Fiberconnect
Bitsnet dan Fiberconnect adalah dua perusahaan yang menyediakan layanan internet di Indonesia. Keduanya dimiliki oleh Ageng Bagja Priyadi, yang terpilih sebagai Ketua APJII Wilayah Jawa Barat. Kebanyakan orang mungkin bertanya-tanya mengapa dia mendirikan dua perusahaan yang bekerja di bidang yang sama, tetapi dia memiliki alasan kuat untuk ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan dan permintaan internet telah meningkat, terutama sejak pandemi. Orang-orang membutuhkan internet untuk sekolah dan bekerja, menjadikannya bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Bitsnet dan Fiberconnect didirikan untuk menciptakan pasar internet yang seimbang. Seperti Telkom yang memiliki beberapa merek, Bitsnet dan Fiberconnect diciptakan dengan ide yang sama.

Terlepas dari kesamaannya, Bitsnet dan Fiberconnect memiliki ambisi yang berbeda. Ageng Bagja berharap perusahaan lokal Cirebon tumbuh dan bersaing dengan perusahaan lain dari bidang serupa. Dengan visi ini, ia menciptakan perusahaan dan percaya bahwa tidak semua hal harus bersumber dari kota-kota besar seperti Jakarta.

Misinya adalah agar perusahaan-perusahaan ini dapat bersaing dengan pesaing dari pasar yang sama sehingga Cirebon dapat menghasilkan internet yang sepenuhnya dikembangkan secara lokal dan tidak bergantung pada Jakarta. Misi kedua mereka akan dicapai dengan melakukan ini, yaitu merekrut sumber daya manusia lokal dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat. Perusahaan juga berupaya mendukung program Smart City di Cirebon.

Tantangan
Setiap bisnis akan menghadapi tantangan yang dapat menghentikan kemajuan mereka dan menghalangi mereka dari kesuksesan. Untuk Bitsnet dan Fiberconnect, tantangannya adalah menemukan cara untuk tetap kompetitif dengan penyedia kuat lainnya. Namun, kolaborasi dengan Telkom membuat tantangan lebih mudah untuk dipecahkan.

Tantangan lain adalah menemukan sumber daya manusia yang mumpuni. Penduduk setempat berbeda dari kota-kota besar karena tidak semua dari mereka memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang internet. Selain itu, ada kurangnya akses ke pelatihan, yang sangat berbeda dari kota-kota besar seperti Jakarta.

Masalah lain adalah kebutuhan untuk mengikuti teknologi saat ini, terutama dengan permintaan yang tinggi. Sayangnya, meningkatnya permintaan menjadi tantangan karena infrastruktur yang mereka miliki tidak dapat berkembang secepat permintaan yang terus meningkat. Namun, kolaborasi dengan Telkom membantu Bitsnet dan Fiberconnect untuk menyelesaikan masalah ini.

Bermitra dengan Telkom DWS
Telkom memiliki infrastruktur yang komprehensif dan kuat hingga ke daerah terpencil di Indonesia, yang membuatnya sempurna untuk kemitraan. Bitsnet dan Fiberconnect bermitra dengan Telkom DWS melalui salah satu brand nya yaitu neuCentrIX. Ada 3 layanan NeuCentrIX yang digunakan yaitu colocation, NCIX, dan Metro Ethernet. Solusi ini membantu Bitsnet dan Fiberconnect dengan menyediakan infrastruktur yang mumpuni untuk membantu mereka memecahkan tantangan mereka.

Kolaborasi dengan Telkom menciptakan manfaat yang lebih signifikan bagi kedua perusahaan ini, terutama karena Telkom memiliki pusat data yang lebih menonjol dan sentral. Hal ini juga terhubung antara kota dan pulau; oleh karena itu, ia menyediakan lebih banyak akses bagi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

Saat ini, Bitsnet dan Fiberconnect telah mencapai kesuksesan dengan menembus lebih banyak kota yang meliputi Bandung, Madiun, Nganjuk, Banyuwangi, Trenggalek, Bengkulu, dll. Kolaborasi dengan Telkom telah melampaui harapan mereka, terbukti dengan pencapaian yang melebihi tujuan mereka yang ditetapkan di awal.

Beberapa pencapaian paling signifikan saat bermitra dengan Telkom adalah bagaimana pemerintah dan perusahaan besar lainnya memilih untuk menjadi pelanggan mereka. Facebook dan Google percaya lalu lintas Bitsnet dan Fiberconnect meningkat. Kemudian, kedua perusahaan besar ini menerima kasus layanan Bitsnet dan Fiberconnect. Selain itu, Microsoft juga menawarkan kemitraannya dengan kedua perusahaan ini. 

Ageng Bagja mengatakan bahwa pencapaian ini ditargetkan untuk tahun 2023, tetapi berhasil dicapai pada tahun 2021, dua tahun lebih cepat dari rencana awal.

Kisah di atas menunjukkan bagaimana Telkom DWS melalui salah satu brandnya yaitu neuCentrIX memberikan layanan terbaik untuk membantu perusahaan meraih kesuksesan. Cari tahu lebih banyak tentang layanan yang disediakan di artikel lainnya!