Bagaimana Mengelola Lalu Lintas Internet Melalui Internet Exchange

neuCentrIX - 06/06/2022 10:00

Mengelola lalu lintas internet merupakan elemen penting di setiap jaringan. Disertai dengan keuntungan seperti menghindari bandwidth dan performa server yang rendah, juga membuatnya mudah untuk menyelesaikan masalah jaringan. Pengelolaan lalu lintas internet juga bisa membantu Anda mendapatkan masukan dari pengguna dan memperbaiki kualitas layanan Anda.

Namun, hal ini bisa menjadi pekerjaan berat, khususnya jika Anda tidak memiliki alat yang memadai. Disinilah dimana internet exchange points (IXPs) berperan dan membuat lalu lintasnya dapat diakses dengan baik.

Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tantangan dalam mengelola lalu lintas internet dan langkah-langkah Asia Pasifik agar prosesnya lebih lancar.

Apa Saja Tantangan Mengelola Lalu Lintas Internet?
Sementara mengelola lalu lintas internet merupakan hal penting untuk operator jaringan dan data center, ada beberapa tantangan yang menghambat kemajuan. Hal ini pada umumnya menjadi masalah di sebagian besar negara di Asia Pasifik dan di seluruh dunia. Berikut merupakan tantangan umum yang dapat mempengaruhi pengelolaan lalu lintas internet yang efektif.

1. Kecepatan Internet
Kecepatan menentukan kualitas ketika kita membicarakan soal lalu lintas internet. Jika internet Anda lambat, Anda pasti akan kesusahan menjelajah internet. Sebagian besar pengguna internet menggunakan variasi kecepatan untuk menentukan Internet Service Provider (ISP) mana yang digunakan.
Bandwidth menentukan kecepatan internet dan bertanggung jawab untuk tinggi-rendahnya lalu lintas internet. Ketika sebagian besar perusahaan berlomba-lomba menawarkan bandwidth yang lebih bagus, permintaan pun terus meningkat.

2. Biaya Internet
Keterjangkauan biaya internet merupakan masalah sensitif yang dipertimbangkan banyak orang ketika mencari penyedia layanan internet. Sebagian besar lebih suka ISPs yang menawarkan keuntungan yang sepadan antara kecepatan internet dan biayanya. Namun, masalah utamanya adalah penyedia layanan internet ini hanya bisa menawarkan bandwidth yang lebih bagus dengan harga yang lebih mahal.

Jika Anda menjalankan usaha kecil di rumah yang membutuhkan internet yang cepat, akan dibutuhkan biaya yang melebihi anggaran. Biaya yang mahal ini wajar untuk perusahaan besar, namun untuk pemakaian individual dengan anggaran yang lebih rendah maka akan kesusahan.

3. Ketersediaan Internet
Ketersediaan internet kemungkinan menjadi isu paling penting yang memengaruhi pengelolaan lalu lintas internet yang efisien. Contohnya, di sebagian negara di Asia Pasifik, ISPs fokus di kota-kota padat penduduk dan melupakan daerah pedesaan. Hal ini menimbulkan ketimpangan besar di pengelolaan lalu lintas.

Pada kasus ini, akan terjadi perlambatan koneksi internet dikarenakan lalu lintas internet besar-besaran di kota, sementara itu area pedesaan tak memiliki konektivitas yang bagus.

Apa yang Dilakukan Asia Pasifik untuk Mengelola Lalu Lintas Internet Secara Efisien?
Menurut ESCAP, Asia Pasifik telah melakukan strategi untuk mengelola lalu lintas internet secara efektif. Diantaranya adalah proyek rencana besar AP-IS 2019-2022, yang hadir untuk menyelesaikan masalah lalu lintas internet. Proyek tersebut dibangun atas empat pilar utama, yaitu;

  • Konektivitas infrastruktur
  • Lalu lintas internet dan pengelolaan jaringan
  • E-residence
  • Broadband untuk semua

Wilayah Asia Pasifik dipersatukan oleh pemerintah dalam membuat perjanjian untuk memiliki IXP sub-regional serta membantu regulator dan ISP. Hal ini merupakan bagian dari alasan mengapa sebagai NCIX, kami bertekad untuk memberikan Anda koneksi internet berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Selain itu, kami terletak di enam kota di Indonesia untuk menjamin agar Anda mendapatkan konektivitas berkualitas tinggi dan dapat diandalkan.