Bagaimana CDN Dapat Membantu Publisher Game?

neuCentrIX - 07/06/2022 10:00

Gaming berada di antara industri dengan pertumbuhan paling cepat di teknologi dan cenderung membutuhkan banyak usaha untuk mempertahankannya. Diperlukan adanya konten berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan para pemain game di seluruh dunia. Hal ini menjadi masalah yang semakin besar ketika Anda mempertimbangkan bahwa untuk mengirim teknologi 4K dan ultra HD membutuhkan inovasi tingkat tinggi.


Namun, Content Delivery Network (CDN) tampaknya menjadi solusi utama. Artikel ini membahas tentang beberapa tantangan industri game dan bagaimana CDN menyelesaikannya.

Isu Terkini Gaming

● Komoditisasi konten: Ketika membicarakan gaming, tidak diragukan lagi bahwa konten sangatlah penting. Industri gaming menyiapkan banyak materi untuk memberikan pengalaman yang luas bagi pemain. Namun, sangat sulit untuk menjadi unik. Dari 40.000 game, terdapat sekitar 50 game yang dirilis secara virtual setiap bulannya, menimbulkan masalah bagi publisher.

● Resiko Serangan DDoS: Industri gaming rentan terhadap serangan siber yang menargetkan pengguna dan pemain. Sementara serangan tertinggi DDoS terjadi di tahun 2015, pemain yang tak bersalah masih beresiko untuk diretas.

● Perawatan aplikasi game: Pasca produksi merupakan waktu krusial, sama seperti saat produksi dan setelah produksi dalam proses pengembangan game. Game diawasi secara terus menerus selama fase pasca produksi untuk memverifikasi relevansinya. Pemeliharaan aplikasi game terdiri dari evaluasi yang sering mengenai minat pengguna, pemeriksaan bug dasar, dan lain-lain.

Bagaimana CDN menangani masalah ini
Developer telah menekankan memproduksi game dan visual yang lebih baik selama beberapa dekade. Sekarang, karena sulit untuk membayangkan game tampil dengan lebih baik, developer harus mengalihkan perhatian mereka ke kemajuan teknologi lainnya. Tak lama lagi, game akan dinilai bukan dari poligon atau pixelnya, tetapi pada seberapa luas game dapat dimainkan.
Hasilnya, CDN akan terus berperan penting dalam kesuksesan game online. Di sisi lain, developer tidak boleh menggunakan sembarang CDN; memilih penyedia CDN yang sesuai untuk proyek akan membutuhkan studi dan pemeriksaan terhadap klien potensial.

Manfaat CDN dalam pengalaman bermain game

● Pengunduhan yang cepat: Pengunduhan yang lambat merupakan salah satu faktor main game yang paling menganggu. Buffering konstan dan visual yang kasar atau streaming animasi bisa menghancurkan pengalaman bermain game. CDN telah berhasil mengatasi masalah tersebut.

● Monetisasi yang Baik: CDN bisa membantu perusahaan video game menghasilkan lebih banyak uang untuk layanan mereka. Hal itu memungkinkan komersialisasi lengkap aset game. Lewat Downloadable Content (DLC) yang terukur dan berkapasitas tinggi, setara dengan peningkatan salinan.

● Keamanan yang Lebih Baik: Sebuah situs atau platform game harus memastikan distribusi game yang aman melalui jaringan dengan memanfaatkan berbagai fasilitas keamanan CDN. Terdiri dari penargetan geo, SSL, pencegahan serangan DDoS, dan yang lainnya.

● Penyimpanan Cloud: Selain mengirim konten kepada pengguna, CDN juga menyediakan penyimpanan cloud dan enkripsi data. Menduplikat materi pada server melindungi developer dari serangan internet yang terkoordinasi. Hal itu juga bisa mencegah Anda dari pengeluaran investasi besar-besaran untuk memperbaiki infrastruktur fisik.

Terdapat banyak kompetisi di dalam industri game dan juga tantangannya. Namun, publisher game yang menggunakan CDN memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menonjol. CDN sangat bagus untuk mengirimkan konten secara efisien dan sangat membantu dalam seluruh pengalaman dalam bermain game.