CDN: Solusi Penting untuk Konversi yang Sukses

neuCentrIX - 09/06/2022 10:00

Menggunakan content delivery network (CDN) di situs web membantu Anda mengirimkan konten lebih banyak. Dari tahun ke tahun, teknologi terus berkembang menyesuaikan kebutuhan.

Jika Anda masih menggunakan server tradisional, respon dan konversi halaman web Anda akan lebih lambat karena makin banyak pelanggan yang berlalu lintas di internet. Beberapa aspek mempengaruhi keefektifan pengalaman digital. CDN berperan penting dalam menyediakan konten digital yang sangat baik kepada pelanggan. Tapi bagaimana caranya? Disini kami akan menjelaskan kegunaan pengalaman digital, tantangannya, dan bagaimana CDN meningkatkan pengalaman digital.

Pentingnya Pengalaman Digital
Pengalaman digital yang bagus memiliki banyak manfaat untuk host situs web dan pengguna digital. Bagian terbaiknya adalah pengguna akan merasakan dan mengerti nilai-nilai situs web. Menjadi sebuah kesenangan jika tiap pelanggan menggunakan situs web yang cepat, lancar dan aman.

Pengalaman digital membantu host web agar bisa mengetahui lebih banyak wawasan pelanggan. Melalui Google Analytics (GA), yang memungkinkan Anda agar mengerti perilaku pengguna.

Tantangan yang Mempengaruhi Pengalaman Digital
Ketika sebagian besar pengguna lebih memilih situs dengan pengalaman digital yang menyenangkan, tidak semua platform menyediakannya. Berikut merupakan aspek-aspek yang menggandeng banyak platform untuk menyediakan pengalaman digital yang luar biasa. 

1. Waktu Loading Halaman Web
Kecepatan loading halaman web akan memengaruhi pengalaman eCommerce pelanggan. Sebagian besar lalu lintas datang dari pengguna eCommerce seluler. Ketika waktu loading dari halaman satu ke halaman lain memakan waktu lama, maka pelanggan akan menjauh.

Pembeli meninggalkan situs yang loadingnya tidak berjalan setidaknya selama tiga detik. Setiap halaman web di situs Anda harus loading dengan cepat menyesuaikan kebutuhan pengguna.

2. Respon yang Lambat
Sever web tradisional memiliki jarak yang jauh di antara host dan pengguna akhir. Hal tersebut menyebabkan masalah pada loading halaman web; dengan demikian, perpindahan pesan akan lebih lambat. Banyak pelanggan, khususnya di platform eCommerce, akan menjauhi situs yang menghabiskan banyak waktu.

3. Tingginya Latensi
Sebagian besar pelanggan digital menggunakan platform streaming besar seperti Netflix dan YouTube. Karena hal itu, lalu lintas over-the-top (OTT) pun meningkat dan menyebabkan tingginya latensi. Hal ini membuat pengguna berpandangan negatif Terhadap pengalaman online mereka.

Bagaimana CDN Meningkatkan Pengalaman Digital
Berikut bagaimana CDN membantu meningkatkan pengalaman digital untuk pengguna.

1. CDN Meningkatkan Akselerasi Website
Melalui CDN, waktu loading yang lebih cepat yang memperbaiki latensi. Ingat, situs web yang lebih cepat meningkatkan pengalaman digital yang lebih baik. CDN tersebut dapat mengurangi halaman yang tidak stabil dan membuat pengguna tetap berada di situs Anda.

2. Mengurangi Downtime Selama Lonjakan
Setidaknya tiga pengguna mengakses media online seperti video dan musik tiap menitnya. Hal ini membuat lalu lintas internet dan waktu mengunduh lebih padat jika situs Anda memiliki server tradisional.

Jika Anda menggunakan CDN, maka akan mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas di server host. CDN akan jadi server di antara pemilik dan pengguna digital. Pengguna akan menikmati respon yang lebih cepat dari situs Anda karena tingkat downtime yang lebih rendah.

3. Meningkatkan Keamanan
CDN akan melindungi situs Anda dari rasa tidak aman. Kecepatan merupakan hal vital, tetapi pelanggan akan menjauh dar situs ketika mereka tahu info mereka tidak aman.

Menggunakan CDN akan melindungi server Anda dari serangan siber melalui dinding pelindung web yang sangat baik. Selain itu, website akan aman karena server CDN menggunakan enkripsi data untuk memindahkan dan mengamankan data pengguna.

Pengalaman digital pelanggan membantu pemilik agar mengetahui kebutuhan pelanggan dengan baik. Bahkan menjadi lebih baik lagi dengan CDN yang memastikan pengalaman online yang lancar, aman dan cepat. CDN membantu banyak platform mengatasi masalah digital seperti latensi dan waktu loading yang lambat. Dan juga, pelanggan akan lebih mudah untuk berjelajah online karena situs mendapatkan lebih banyak lalu lintas dari CDN.