Peran CDN untuk Pemberdayaan Pengusaha Perempuan di Era Modern

neuCentrIX - 17/06/2022 10:00

Kewirausahaan perempuan telah meningkat di seluruh dunia. Di Asia Tenggara, tingkat kewirausahaan perempuan adalah 12-21%, secara global dinilai tinggi dibandingkan nilai tertinggi yang ditunjukkan di Thailand dan Indonesia.
 
Di Indonesia, kontribusi pengusaha perempuan kepada pertumbuhan ekonomi negara telah meningkat secara signifikan. Sekarang, pengusaha perempuan berkontribusi sebesar 9,1% ke dalam PDB, khususnya UMKM, didukung dengan fakta bahwa 43% UMKM formal di Indonesia dimiliki oleh perempuan. Kontribusi ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 20% di 2030, yang bisa meningkatkan PDB Indonesia menjadi Rp26 ribu triliun.

Tantangan yang Dihadapi oleh Pengusaha perempuan

Sayangnya, mayoritas perusahaan yang dimiliki oleh perempuan di Indonesia masih informal, dikelola sendiri oleh pemilik atau bisnis mikro dan diperkirakan tetap dalam skala kecil, menurut penelitian terbaru. Berdasarkan data dari Bank Dunia, perempuan cenderung berpegang pada bisnis yang informal dan kecil karena jenis bisnis tersebut memiliki sedikit hambatan untuk keluar-masuk, modal yang tidak besar, tidak banyak membutuhkan kemampuan dan teknologi.
Fakta menunjukkan bahwa mayoritas perempuan masih menghadapi tantangan untuk menskalakan bisnis mereka dan berkembang sebagai pemilik bisnis. Kami merangkum empat hambatan yang dihadapi pengusaha perempuan sekarang.

  • Perempuan menghadapi norma sosial budaya yang sering menimbulkan diskriminasi gender, juga terbatasnya pengakuan dan dukungan yang mereka dapatkan sebagai pelaku bisnis.
  • Perempuan menghadapi keterbatasan waktu dan mobilitas menyangkut pekerjaan rumah tangga yang membatasi kemampuan dan fleksibilitas mereka untuk mendapatkan kesempatan bisnis.
  • Perempuan menghadapi tantangan dalam mengakses keuangan formal, pasar yang lebih besar dan keefektifan jaringan yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis.
  • Perempuan menghadapi kesenjangan keterampilan dari perbedaan gender untuk menciptakan, menopang dan mengembangkan bisnis.

Melihat tantangan tersebut, kami yakin bahwa harus ada cara untuk mendukung pertumbuhan pengusaha perempuan sehingga mereka bisa memenuhi potensial terbesar mereka dan berkontribusi ke dalam perkembangan ekonomi Indonesia.

Peran Teknologi dalam Mendukung Bisnis perempuan
Untungnya, era digital telah membawa perubahan yang menguntungkan pengusaha perempuan: e-commerce, digital marketing dan CRM, media sosial, dll. Teknologi, sebagai pengendali terbesar pada perubahan ini, berperan penting untuk memungkinkan pengusaha perempuan untuk tumbuh.

Teknologi membantu pengusaha perempuan dengan mengatasi hambatan dan membawakan platform, aplikasi dan sarana yang membantu mengembangkan bisnis mereka. Dengan teknologi, sekarang perempuan bisa mengakses pengetahuan, fleksibilitas, mobilitas, jaringan, keuangan dan kemampuan digital yang dibutuhkan untuk berkembang.

CDN dan Bagaimana CDN Membantu Bisnis perempuan
Bagian teknologi yang berperan sebagai kunci pertumbuhan bisnis adalah Content Delivery Network (CDN). CDN adalah sekelompok server, didistribusikan di berbagai lokasi yang bekerja sama menyediakan pengiriman konten internet yang cepat. Tiap server, dinamakan point of presence (PoP), memiliki kemampuan untuk menyimpan konten Anda dan mengirimkannya ke audiens Anda di area sekitar. Melalui mekanisme ini, CDN meminimalisir jarak antara server dan audiens dengan menyediakan konten yang bisa disimpan di titik yang lebih dekat dengan mereka.

Menjalankan bisnis di era digital berarti menarik dan mempertahankan pelanggan melalui pengalaman digital yang sangat baik; sebagian besar waktu, berarti mengirimkan konten berkualitas tinggi. CDN memperkenankan pengusaha perempuan untuk memanfaatkan konten untuk memperbaiki kesadaran merek, membangun reputasi, menjual produk/jasa mereka dan pada akhirnya mengembangkan bisnis mereka.  

CDN melakukannya dengan lima cara.

  • Meningkatkan waktu muat situs, memungkinkan tingkat konversi dan penjualan yang lebih baik.
  • Meningkatkan ketersediaan konten dan realibilitas website dalam kasus lonjakan lalu lintas internet.
  • Meningkatkan ranking SEO dengan memperbaiki kecepatan situs dan memungkinkan penggunaan media.
  • Meningkatkan keamanan website.
  • Mengurangi biaya bandwidth, membebaskan sumber yang bernilai penting untuk tujuan lain.

Beginilah Telkom CDN bisa membantu Anda untuk memastikan pertumbuhan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang untuk membahas bagaimana kami bisa membantu Anda!