Telkom Indonesia dan Zenlayer: Kerjasama CDN untuk Pengalaman Pengguna yang Unggul

neuCentrIX - 22/06/2022 10:00

Sebagai data center terdepan Indonesia dan penyedia layanan cloud, Telkom Indonesia selalu berkomitmen untuk menyediakan layanan dan pengalaman terbaik untuk semua pengguna. Untuk mencapai komitmen tersebut, CDN Telkom Indonesia telah membentuk kemitraan dengan sejumlah penyedia layanan digital dunia. Salah satu kemitraan terkemukanya adalah dengan Zenlayer.

Melalui salah satu anak kemitraannya Telin Singapore, Telkom Indonesia telah bekerjasama dengan Zenlayer untuk memperluas jaringan bisnis cloud di Asia Tenggara. Kemitraan tersebut diumumkan oleh CEO dari Telin Singapore, Andreuw Th.A.f, serta CEO dan Founder Zenlayer, Joe Zhu, pada tahun 2019.

Apa itu Zenlayer?
Zenlayer adalah penyedia layanan cloud yang berpusat di Los Angeles, Mumbai dan Singapura. Sejak tahun 2014, platform cloud edge global telah membantu berbagai macam bisnis di seluruh dunia untuk mengirimkan pengalaman digital secara instan untuk pengguna dengan latensi yang sangat rendah dan konektivitas di seluruh dunia sesuai permintaan. Sekarang, dengan lebih dari 207 PoP di seluruh dunia, Zenlayer menawarkan bare metal cloud, jaringan cloud, edge data center, WAN cloud, IP Transit, akselerator global dan CDN managed services untuk bisnis dari semua ukuran dan industri.

Seperti apa bentuk kemitraan Telkom Indonesia dan Zenlayer?
Kemitraan antara Telkom Indonesia dan Zenlayer akan memungkinkan pelanggan untuk menggunakan cloud dan data center Zenlayer di seluruh dunia. “Telkom Indonesia Group selalu berfokus memberikan pelanggan kami konektivitas terbaik, baik itu konektivitas yang langsung ke pemain cloud hyperscale di data center kami atau menggunakan kabel bawah laut untuk menjangkau negara sedekat Filipina atau sejauh Amerika Serikat. Kemitraan dengan Zenlayer ini semakin memperluas opsi koneksi langsung kami secara global,” ujar Andreuw saat pengumuman pada tahun 2019. 

Salah satu produk utama dari kolaborasi ini adalah kemitraan CDN melalui neuCentrIX. Telkom Indonesia telah mengalokasikan lima data center neuCentrIX sebagai PoP agar Zenlayer bisa mengirim konten di Indonesia, memungkinkannya untuk menjangkau dan menyediakan pengalaman yang lebih baik untuk lebih banyak pengguna. Zenlayer juga sudah berlangganan dengan layanan Content Aggregator Connectivity (CAC) neuCentrIX untuk mendukung performa konten mereka agar lebih baik.

Apa yang diberikan melalui kemitraan ini?
Dengan kemitraan ini, Zenlayer secara resmi merupakan mitra CDN Telkom Indonesia, juga dengan Google Global Cache, Akamai dan Facebook. Melalui kemitraan dengan pemain global teratas seperti Zenlayer, Telkom Indonesia telah memperkuat posisinya di pasar.

Selain itu, kemitraan tersebut mendukung Telkom Indonesia dalam menjaga komitmen agar selalu mencari cara untuk menyediakan pengalaman teratas untuk pengguna. Para pengguna sekarang bisa mengakses berbagai macam konten yang disediakan di CDN Zenlayer, termasuk hiburan dan konten game. Ini berarti lebih banyak alternatif konten dengan kualitas performa terbaik bagi pengguna untuk dinikmati.

Telkom Indonesia tidak akan berhenti berkolaborasi dengan anggota lain di industri untuk membuat ekosistem digital yang kuat khususnya di Indonesia. Mari lihat lebih banyak kemitraan seperti ini yang akan diumumkan di masa mendatang!