Peran internet Exchange dalam Mendapatkan Peluang Bisnis

neuCentrIX - 09/08/2022 15:24

Di era digital sekarang ini, banyak bisnis bergantung pada internet di sebagian besar aktivitasnya. Agar bisnis Anda berkembang dengan baik, Anda harus memiliki koneksi internet yang bagus dengan waktu henti rendah dan sedikit perlambatan. Inilah yang jadi penyebab mengapa sebagian besar bisnis lebih memilih dekat dengan Internet Exchange (IX).

Di artikel ini, kita mengeksplorasi lebih banyak tentang IX dan perannya dalam membantu orang-orang mendapatkan kesempatan bisnis yang lebih baik.

Apa itu Internet Exchange (IX)? 

Internet tidak memiliki elemen fisik, jadi sulit bagi banyak orang yang berpikir bahwa internet bisa disimpan dimana saja, terpisah dengan komputer. Namun, kita menggunakan internet untuk terhubung dengan banyak jaringan dan mengakses data. Proses ini merupakan tipe penyimpanan cloud yang penting yang dinamakan pengintaian publik.

Pengintaian bergantung pada Internet Exchange (IX) untuk menghubungkan dua jaringan dan mengirim konten. Banyak kota-kota maju dan padat penduduk memiliki internet exchange yang dijaga oleh penyedia internet, yang dibentuk oleh sebuah asosiasi anggota ataupun organisasi komersial.

Di antara banyak manfaat internet exchange, keuntungan utamanya adalah bahwa internet exchange mengurangi kebutuhan bergantung pada penyedia jaringan pihak-ketiga untuk mengirimkan permintaan data. Hasilnya, hal tersebut bisa mengurangi kemacetan lalu lintas internet, meningkatkan reaksi waktu untuk permintaan dan menghemat biaya.

Apakah peran IX dalam era digital? 

Dalam era digital sekarang ini, akses untuk kecepatan dan internet yang dapat diandalkan merupakan hal yang penting. Hampir di semua sektor, dari game sampai e-commerce, bergantung pada internet berkualitas baik. Salah satu cara yang banyak bisnis coba untuk mengubah konektivitas dan transformasi digitalnya adalah melalui penggunaan Internet Exchange.

IX membantu Internet Service Provider (IXP) berinterkoneksi dan agar bisa membagi data secara langsung dengan yang lain. Tak seperti metode tradisional dimana ISP bergantung dengan satelit internasional untuk perutean internet, IX membuatnya jauh lebih cepat agar end user menerima data yang mereka minta. Hal ini juga membantu ISP mencegah tromboning – situasi dimana data harus melalui perjalanan panjang sebelum pengguna mendapatkan hasilnya.

Ketersediaan IX telah sangat membantu mengurangi latensi internet dan memuaskan permintaan yang meningkat untuk kecepatan internet yang lebih baik di seluruh dunia. Selain itu, IX telah sangat berkontribusi dalam biaya akses internet yang terjangkau yang ditawarkan oleh ISP yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan penyedia layanan internet tidak lagi harus membayar mahal untuk data yang bisa diakses mudah secara lokal.

Bagaimana IX penting bagi bisnis untuk mendapatkan kesempatan yang menjanjikan? 

Dengan kebutuhan yang semakin meningkat untuk internet cepat, ketersediaan IX memungkinkan untuk menjadi lebih kompetitif dan mengejar kesempatan lebih banyak. Salah satu contoh yang bagus adalah sektor perbankan yang sangat bergantung pada internet untuk transaksi sehari-hari. IX membantu bank agar memiliki kesempatan yang lebih baik dalam perkembangan bisnisnya dan mengambil keuntungan dari teknologi baru perbankan seperti mobile banking.

Dekat dengan IX juga memungkinkan perusahaan untuk memotong biaya layanan dan memberikan keuntungan kepada pelanggan. Bisnis bisa menikmati biaya terjangkau untuk akses internet karena ISP menetapkan biaya lebih rendah disebabkan oleh tersedianya internet exchange secara lokal.

IX memberikan banyak keuntungan yang membantu meningkatkan efisiensi dalam menjalankan bisnis. Memiliki konektivitas internet yang cepat membantu banyak bisnis dalam memperbaiki jumlah pekerjaan yang mereka tangani dan meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. IX juga mengurangi banyak latensi dan memperkuat konektivitas internet di seluruh dunia.