Peran Data Center dalam Mengurangi Kemiskinan

neuCentrIX - 12/08/2022 10:00

Data center telah menjadi sesuatu yang sangat penting di seluruh dunia, khususnya selama era evolusi digital. Dibandingkan dengan beberapa dekade terakhir, ketika orang-orang bergantung kepada media biasa untuk mendapatkan informasi, kebangkitan media sosial tampaknya mengambil alih. Inilah mengapa data center telah menjadi sangat penting dan menguntungkan.

Walaupun data center telah membantu menghubungkan dunia, mereka juga banyak berkontribusi dalam memberantas kemiskinan. Teruslah membaca karena kami mengungkap beberapa peran data center dalam mengurangi kemiskinan!

1. Data center menyediakan akses ke konten internet populer melalui IXP

Lebih dari dua dekade, terdapat lebih dari 1000% peningkatan di data internet. Hal itu berarti bahwa lebih banyak orang membutuhkan akses yang lebih baik ke internet, yang memerlukan kecepatan lebih untuk mengakomodasi permintaan yang meningkat. Data center telah membantu banyak dalam meningkatkan akses ke konten melalui Internet Exchange Point.

Di masa lalu, permintaan data akan melakukan perjalanan panjang untuk bisa meraih sedikit data center yang tersedia untuk informasi agar bisa disampaikan ke end-user. Hal ini menimbulkan banyak latensi dan keterlambatan bagi para pengguna internet. Selain itu, Internet Service Providers (ISPs) biasanya juga membayar banyak biaya untuk bandwidth internasional – berarti end-user yang paling menderita.

Namun, data center telah memungkinkan ISPs untuk bertukar data secara lokal tanpa membutuhkan pihak ketiga atau perantara. Hal ini telah membantu menurunkan tagihan akses internet dan memberi lebih banyak orang kesempatan untuk berwirausaha ke dalam bisnis yang membutuhkan akses internet yang dapat diandalkan. Selain itu, lebih banyak bisnis sekarang bisa mendapatkan keuntungan lebih dan memperluas untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan dan mengurangi kemiskinan.

2. Membantu menghubungkan orang-orang, bisnis dan negara

Internet telah menjadi tulang punggung dalam menghubungkan dunia dan membuatnya menjadi desa global. Namun, hal ini tak mungkin terjadi tanpa ketersediaan data center. Kehadiran data center dan IXPs telah memungkinkan bagi orang-orang, bisnis dan negara untuk mengakses lebih banyak data secara lokal.

Dengan jenis konektivitas ini, lebih banyak orang bisa melakukan bisnis bersama menggunakan internet tanpa khawatir adanya latensi atau tagihan mahal untuk penggunaan internet. Negara-negara juga bisa terhubung lebih baik dengan menggunakan data center dan IXPs – mengurangi kemiskinan dalam jangka panjang.

3. Data center mengenalkan industri ke wilayah baru

Seperti yang kita lihat sebelumnya, data center telah menjadi salah satu pemain besar dalam meningkatkan bisnis di banyak negara. Kemajuan industri di wilayah baru juga merupakan dampak besar data center dalam mengurangi kemiskinan. Melanjutkan peningkatan aksesibilitas internet, bahkan di daerah terpencil, itu berarti lebih banyak industri yang bisa dibuat.

Hal ini berdampak langsung pada masyarakat biasa yang akan dipekerjakan di industri tersebut – yang berarti lebih banyak orang mendapat pekerjaan dan keluar dari kemiskinan. Data center juga membantu pertumbuhan inovasi dan mendorong semangat wirausaha di sebuah negara. Kemudahan akses untuk informasi meningkatkan inovasi dan mengenalkan teknologi baru.

Kesimpulannya, data center tak bisa diabaikan sehubungan dengan pengurangan kemiskinan dan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Data center telah membuat akses ke data menjadi lebih mudah dan menciptakan konektivitas yang lebih baik di antara orang-orang. Data center juga telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang dan memaksa orang lain untuk terjun ke bisnis dengan memberikan akses yang lebih baik ke ide-ide inovatif.