Konektivitas Digital untuk Revolusi Pendidikan

neuCentrIX - 19/08/2022 10:00

Sektor pendidikan telah mengalami banyak revolusi selama lebih dari beberapa dekade. Namun, satu teknologi unik yang memberikan dampak adalah konektivitas digital. Awalnya, sekolah hanya menjalankan materi belajar dasar – tidak memadai untuk belajar efektif. Dengan internet, sebagian besar lembaga pendidikan telah menambah akses ke tingkat teknologi pengajaran ruang belajar yang lebih baik.

Daripada menggunakan papan tulis seperti sebelumnya, banyak sekolah dan lembaga pendidikan yang lebih tinggi menggunakan berbagai macam gawai digital, di sekolah maupun di rumah. Ini merupakan bagian dari revolusi nirkabel di industri pendidikan. Berikut beberapa dampak revolusi digital di sektor pendidikan dan keuntungannya.

Cara konektivitas digital merevolusi sektor pendidikan

Pertumbuhan AI dan keamanan siber merupakan alasan sektor pendidikan menggunakan konektivitas digital yang lebih baik. Selain itu, aspek lainnya ikut juga menyumbang ke dalam konektivitas digital.

  • Pembelajaran seluler: Konektivitas digital telah memungkinkan pembelajaran seluler. Hal ini membuat pelajar lebih mudah untuk melakukan kegiatan belajar bahkan di waktu lockdown.
  • Kursus online: Tak seperti di masa lampau, ketika Anda harus hadir di kelas secara fisik, Anda sekarang bisa belajar dengan mudah melalui kursus online.
  • Kolaborasi berbasis cloud: Konektivitas digital memungkinkan guru dan murid agar bisa berbagi materi pelajaran melalui internet tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Keuntungan belajar secara digital

Terdapat beberapa alasan mengapa pembelajaran secara digital menguntungkan pelajar dan lembaga pendidikan. Berikut 5 alasan utamanya: 

1. Akses Konstan ke Materi Belajar

Salah satu manfaat yang paling signifikan dari pembelajaran digital adalah pelajar memiliki akses informasi setiap saat — 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Hal ini memungkinkan pelajar memiliki kebebasan tentang kapan dan di mana mereka belajar, memungkinkan mereka memilih waktu ideal dan jumlah pelajaran serta akses ke komunitas internasional.

2. Memajukan Kolaborasi

Bekerja dengan orang lain merupakan aspek signifikan dari kehidupan kerja banyak perusahaan di tahun 2022. Pembelajaran digital juga bisa meningkatkan pendidikan sebagai sarana kolaborasi, menghubungkan orang-orang melalui video konferensi. Cara ini berjalan dengan memberikan murid dan guru akses ke dokumen yang telah dibagikan atau membantu pelajar yang sedang mempersiapkan diri ke dunia kerja.

3. Sumber Tambahan

Sumber seperti rekaman pengajar atau materi lebih lanjut bisa dengan mudah dibagikan, memungkinkan pelajar memaksimalkan kegiatan belajarnya. Juga bisa membantu mereka mencari mata pelajaran yang bagi mereka sulit dan mendapatkan pengetahuan tambahan di bidang yang ingin mereka pahami dengan lebih baik.

4. Meningkatkan Partisipasi

Analisa digital bisa membantu lembaga akademik dalam artian keterlibatan para pelajar dengan aspek-aspek tertentu mata pelajaran atau secara keseluruhan. Hal ini berarti lembaga akademik bisa melacak dengan cepat ketika seorang pelajar terganggu, mengalami kesulitan di mata pelajaran atau ketika pelajar sedang sakit. Hal ini membantu sumber agar bisa menyelesaikan masalah secara lebih efektif.

5. Menyesuaikan Pendidikan

Karena setiap orang memiliki strategi dan metode belajar yang berbeda-beda, pembelajaran digital bisa membantu menyediakan pelajaran yang telah disesuaikan. Pembelajaran digital bisa membantu murid dan guru menambah pemahaman metode pengajaran paling sesuai dengan mereka dengan lebih baik. Hal ini menghasilkan kegiatan mengajar dan belajar lebih efektif.

Kesimpulannya, konektivitas digital adalah cara masa depan – dan sektor pendidikan yang memaksimalkannya. Hal tersebut membantu menghubungkan murid dan guru di seluruh dunia dan membuat kegiatan belajar menjadi jauh lebih mudah.