Cara Komputasi Cloud Mengubah Pendidikan

neuCentrIX - 08/09/2022 10:00

Cloud computing atau Komputasi Cloud merupakan teknologi baru yang tak hanya diakui oleh bisnis namun juga sektor pendidikan. Komputasi cloud adalah teknologi penting yang telah membantu banyak lembaga dan sekolah menggunakan pembelajaran jarak jauh.

Sebagian besar industri saat ini bergantung pada teknologi tersebut. Namun, sektor pendidikan merupakan sektor yang paling menjanjikan. Contohnya, Anda akan melihat kegiatan belajar mengajar tidak lagi harus dilakukan di ruang kelas dan menggunakan buku fisik. Alih-alih, kegiatan tersebut berjalan melalui perangkat seluler dan komputer.

Jika ini pertama kalinya Anda mendengar komputasi cloud, kami akan membantu Anda. Disini kami jelaskan bagaimana komputasi cloud menginovasi sektor pendidikan dengan berbagai macam keuntungan.

Keuntungan dari komputasi cloud di sektor pendidikan

Menjalankan komputasi cloud di organisasi pendidikan disertai dengan beberapa manfaat. Mari pelajari manfaat yang bisa membawa perubahan ke lembaga Anda.

1. Aksesibilitas yang mudah ke sumber daya

Cloud mempermudah segalanya. Memungkinkan pelajar mengakses mata pelajaran, aplikasi dan sumber pelajaran lain. Tak peduli perangkat atau browser internet apa yang mereka gunakan. Komputasi cloud adalah solusi virtual yang menawarkan pelajar kesempatan belajar tanpa batas dimanapun mereka berada. Teknologi tersebut memungkinkan pengiriman konten yang lancar. Seorang pengguna bahkan bisa berpartisipasi di aktivitas grup sekolah sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

2. Skalabilitas

Dengan perangkat lunak berbasis cloud, Anda tidak harus berurusan dengan penskalaan data center. Jika terjadi perkembangan di lembaga Anda, aplikasi cloud mencocokkan jumlah pengguna yang meningkat. Komputasi cloud menawarkan skalabilitas, dan itulah mengapa teknologi tersebut mencakup sekolah, universitas, dan perguruan tinggi lainnya. Selain mengelola jumlah pelajar yang meningkat, skalabilitas juga mengelola penyerahan tugas dan pendaftaran.

3. Kolaborasi kelas

Karena pengenalan perangkat nirkabel seperti tablet dan laptop, cloud membawa perubahan ke ruang kelas. Hal tersebut menjadi lebih nyaman dengan memungkinkan guru dan murid untuk berkolaborasi pada tugas mereka menggunakan perangkat lunak cloud. Tak hanya itu, guru bisa membuat kursus online untuk murid yang bisa diambil kapan saja. Daripada hadir untuk mengerjakan ujian fisik, murid bisa melakukan ujian virtual untuk menghemat waktu dan pengeluaran.

4. Cadangan dan penyimpanan yang aman

Guru dan murid dengan mudah membuat cadangan tugas mereka dengan bantuan perangkat lunak cloud. Yang mereka butuhkan hanyalah koneksi internet. Cadangan cloud menguntungkan organisasi pendidikan yang berurusan dengan banyak murid kapanpun mereka kehilangan data. Selain itu, cloud menggunakan VPN untuk memastikan keamanan data. Jadi, data yang keluar otomatis terenkripsi untuk memastikan integritas tidak terganggu.

5. Penghematan biaya ekstensif

Dalam jangka waktu yang panjang, mengintegrasi perangkat lunak pendidikan cloud akan membantu pengguna untuk menghemat banyak biaya. Contohnya, murid-murid tak lagi berinvestasi di buku fisik dan aplikasi mahal karena ketersediaan sumber belajar di cloud. Ditambah lagi, lembaga-lembaga akan bisa mengurangi pengeluaran bulanan untuk hal seperti penyimpanan data, mengganti perangkat keras TI yang menua dan pemeliharaan data. Komputasi cloud merupakan teknologi hemat biaya yang memastikan lingkungan belajar Anda lebih baik.

Dengan manfaat signifikan dari komputasi cloud, sekolah dan lembaga pendidikan lainnya harus mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi tersebut. Pembelajaran online perlahan-lahan menjadi suatu hal normal yang baru, dan sebagian besar organisasi pendidikan melakukan operasinya secara online. Jadi, jika Anda memilih mitra integrasi yang tepat, sektor pendidikan dan komputasi cloud sudah tidak diragukan lagi keselarasannya.