Komputasi Cloud di Industri Perhotelan

neuCentrIX - 16/09/2022 10:00

Berbagai sektor terus berkembang termasuk industri perhotelan. Aplikasi berbasis cloud membuat operasional perhotelan semakin membaik. Teknologi tersebut telah membawa banyak manfaat serta perubahan di industri perhotelan, terutama setelah pandemi COVID-19.

Komputasi cloud adalah solusi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas manfaat dari komputasi cloud, keuntungan yang didapat hotel dan bagaimana teknologi tersebut mengubah industri perhotelan.

Manfaat Komputasi Cloud
Pertumbuhan teknologi pada bidang komputasi cloud sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Hal ini dikarenakan dampak positif yang bisa didapat oleh berbagai macam sektor. Jika dibandingkan dengan teknologi komputasi tradisional, berikut manfaat yang bisa dinikmati dari komputasi cloud :
1. Teknologi komputasi cloud mudah dipasang dan dikelola untuk perusahaan. Anda hanya perlu mendapatkan penyedia layanan cloud yang terbaik dan profesional. 

2. Tidak membutuhkan banyak investasi dari awal. Setelah itu, perusahaan Anda akan mendapatkan banyak Return On Investment (ROI).

3. Lupakan depresiasi negatif seiring berkembangnya teknologi, karena pembaruan cloud terjadi terus-menerus.

4. Mudah untuk beralih ke penyedia layanan komputasi cloud yang lebih baik. Selain itu, Anda bisa membatalkannya kapan saja.

5. Untuk penyedia layanan perangkat lunak, teknologi cloud bisa membantu mendapatkan kesetiaan pelanggan dengan mudah. Hal itu bisa diwujudkan karena inovasi terbaik serta kualitas layanan yang akan Anda berikan ke pelanggan.

Keuntungan Komputasi Cloud untuk Industri Perhotelan
Sektor perhotelan salah satu industri yang memperoleh banyak keuntungan dari komputasi cloud. Hotel hanya membutuhkan koneksi internet yang cepat dan bandwidth yang stabil. Mari simak lebih lanjut mengenai manfaat dari penggunaan teknologi cloud untuk bisnis perhotelan.


1. Mengurangi Biaya Bisnis yang Tinggi
Biaya menjalankan bisnis Anda akan berkurang dengan persentase yang cukup besar. Anda hanya perlu membayar sesuai dengan kebutuhan hotel. Biaya pengoperasian daya dan perangkat keras akan rendah jika Anda memiliki komputasi cloud di situs web hotel. Ingat, cloud tersedia dalam mode penggunaan, pembuatan, dan migrasi.

2. Pelanggan Anda akan Menikmati Pengalaman yang Menakjubkan
Banyak hal jadi semakin mudah di situs web hotel karena komputasi cloud. Staf hotel Anda akan menikmati pekerjaannya menggunakan sarana manajemen. Membuat mereka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Mereka akan bekerja lebih mandiri karena pelanggan akan mengakses sebagian besar layanan secara online.

3. Pemesanan Hotel yang Mudah
Cloud memungkinkan pelanggan untuk memesan layanan dan tiket tanpa harus bergantung dengan agen travel yang mahal. Sebagai pemilik hotel, Anda butuh meningkatkan situs web menggunakan layanan berkekuatan cloud seperti mesin pemesanan. Teknologi tersebut membuat proses memesan menjadi lebih murah dan bisa diatur, serta memungkinkan Anda untuk bisa fokus ke aspek lain seperti meningkatkan layanan pengiriman.

4. Lebih Mudah Bekerja dari Jarak Jauh
Komputasi cloud memungkinkan Anda menjalankan bisnis hotel bahkan ketika pegawai tidak ada di lokasi. Hal itu bisa terjadi ketika Anda menempatkan proses dan pengelolaan hotel di cloud. Menjalankan bisnis di platform ini fleksibel karena Anda bisa melakukannya dari mana saja. Pastikan Anda memiliki perangkat canggih dengan koneksi internet yang stabil. Anda tak harus mengkhawatirkan masalah server yang mengalami waktu henti.

Cara Cloud Mengubah Industri Perhotelan
Sektor perhotelan mengalami perubahan signifikan karena aplikasi cloud, terutama setelah pandemi COVID-19. Sekarang, hotel tak memerlukan kontak fisik ketika memberikan layanan. Cloud memungkinkan pelanggan check-in, pengelolaan penjualan, pembenahan dan distribusi dengan tepat.

Perusahaan perhotelan Anda tak akan mendapatkan masalah dengan mengganti dan meningkatkan perangkat keras TI. Tamu hotel akan memberikan tanggapan positif karena layanan yang mudah dan cepat yang mereka dapatkan dari situs web hotel dengan aplikasi cloud.

Terlebih lagi, terdapat lebih sedikit risiko penularan penyakit dari pelanggan ke karyawan dan sebaliknya dikarenakan teknologi cloud. Aplikasi ini juga telah mengurangi penggunaan kertas untuk mencetak tiket.

Sudah jelas bahwa teknologi cloud telah membawa perubahan signifikan ke bisnis perhotelan. Salah satu manfaat luar biasa yang didapatkan hotel karena menggunakan aplikasi cloud adalah peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Teknologi tersebut juga telah membentuk sektor perhotelan dan membuatnya lebih baik melalui proses check-in dan check-out yang semakin baik. Hotel menjadi lebih aman dari segi kesehatan, terima kasih kepada teknologi cloud.