Konektivitas untuk Layanan Finansial

neuCentrIX - 20/09/2022 10:00

Konektivitas telah menjadi bagian yang sangat penting pada bisnis apapun yang ingin sukses di abad ini. Sektor finansial berada di antara industri penting yang membutuhkan interkonektivitas. Jika sebelumnya lembaga finansial bergantung pada konektivitas dari titik ke titik, tetapi saat ini tidak lagi demikian.

Komputasi cloud dengan ketenarannya dan akses global yang sedang tumbuh pada sumber daya TI, membuat konektivitas tak dapat dihindari untuk layanan finansial. Simak ulasan lengkapnya tentang mengapa interkonektivitas penting untuk layanan finansial dan bagaimana hal itu berdampak pada inovasi.

Mengapa Interkonektivitas penting di dalam Layanan Finansial
Interkonektivitas sangat penting bagi banyak bisnis, bahkan sangat krusial bagi layanan finansial. Hal ini karena interkonektivitas bisa digunakan di berbagai macam sektor finansial.

● Interkonektivitas kantor bagian depan
Bagian depan perusahaan adalah salah satu bagian penting pada lembaga finansial. Disinilah kegiatan membeli dan menjual saham berada. Lembaga seperti bank, perusahaan perdagangan dan entitas pemerintah menawarkan layanan tersebut. Interkonektivitas penting untuk penyedia layanan finansial kantor bagian depan karena kebutuhan akses untuk data pasar.
Tanpa interkonektivitas premium untuk lembaga tersebut, bisa terjadi hambatan. Dalam kasus masalah pasar, miliaran dolar bisa hilang dalam hitungan menit. Selain itu, kekurangan interkoneksi jaringan yang baik bisa menimbulkan kegagalan transaksi serta celah untuk meretas.

● Interkonektivitas Kantor Tengah
Bagian tengah pada tim perusahaan juga berada di antara departemen sektor layanan finansial yang membutuhkan interkonektivitas yang sangat luas. Divisi ini merupakan kelompok atau delegasi yang menawarkan solusi kepada perusahaan bagian depan. Termasuk tim seperti analis dan asuransi finansial. 

Divisi ini harus memiliki interkonektivitas guna menyusun laporan yang layak. Laporan ini bisa termasuk analisis pasar yang diberikan kepada perusahaan kantor bagian depan. Jika ada ketidaktepatan dalam wawasan mereka, maka akan berdampak besar pada kepercayaan dan kemampuan dalam mempertahankan klien.

● Interkonektivitas Kantor Belakang
Seperti bisnis lainnya, perusahaan layanan finansial memiliki divisi bagian belakang yang di dalamnya terdapat tim hukum dan departemen sumber daya manusia. Mereka juga butuh konektivitas karena tingginya ketergantungan kepada cloud.
Penggunaan teknologi cloud memberikan kemudahan untuk departemen sumber daya manusia, dan juga perusahaan divisi bagian belakang lainnya. Hal tersebut membantu mengumpulkan data dari sumber yang berbeda serta menyediakannya untuk pekerjaan kelompok dan personil, dimanapun dan kapanpun dibutuhkan.

Cara konektivitas memungkinkan era baru inovasi finansial
Sekarang kita mengetahui pentingnya konektivitas bagi perusahaan layanan finansial, berikut beberapa cara konektivitas meningkatkan inovasi finansial.

1. Akses mudah ke sumber daya TI dan pengembangan: Konektivitas melalui cloud membuat siapapun mudah untuk mengakses sumber daya TI. Pada awalnya, sumber daya ini hanya terjangkau oleh perusahaan dan korporasi besar.

2. Meningkatkan keamanan: Keamanan berada di antara komponen sensitif penyedia layanan finansial. Dengan konektivitas, data dibuat lebih aman melalui komputasi cloud.

3. Bandwidth dan skalabilitas yang lebih baik: Layanan finansial membutuhkan kecepatan internet dan bandwidth yang baik. Konektivitas melakukannya dengan pengembangan teknologi yang kuat seperti komputasi loud.

Konektivitas sangat penting bagi sektor layanan finansial. Teknologi tersebut membawa persediaan layanan yang lebih baik, kepercayaan pelanggan, serta kecepatan dan keamanan transaksi yang meningkat.