Buat Rencana Pemulihan untuk Cloud Anda

neuCentrIX - 05/10/2022 10:00

Kreativitas adalah keterampilan terbaik yang dapat perusahaan Anda gunakan untuk mengembangkan rencana penanggulangan bencana. Bersama dengan karyawan Anda, perusahaan harus merespon bencana dengan cepat dan tepat.

Setiap langkah maupun rencana perusahaan Anda harus masuk akal dan praktis diterapkan pada berbagai macam keadaan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana kerugian bisnis dapat terjadi akibat kehilangan data, jenis-jenis bencana cloud, dan rencana pemulihan cloud.

Kerugian Bisnis yang Disebabkan oleh Kehilangan Data
Baik perusahaan besar maupun kecil, keduanya tetap rentan terhadap serangan siber. Serangan tersebut akan melenyapkan data perusahaan dan membuat kinerjanya buruk bersamaan dengan kesalahan IT lainnya.

Hilangnya data dapat mengganggu berjalannya bisnis Anda. Setelah itu, Anda akan membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk mengatasi masalah sebelum dampaknya semakin buruk.

Perusahaan akan kehilangan citranya ketika pelanggan mulai menyadari bahwa data mereka tidak aman. Hal ini menyebabkan masyarakat berkurang kepercayaannya pada perusahaan. Pada keadaan seperti ini, beberapa bisnis bahkan dapat ditutup.
Tahap selanjutnya adalah perusahaan akan menghadapi masalah keuangan. Hal tersebut muncul karena hilangnya pelanggan serta menghabiskan lebih banyak sumber daya  untuk menyelesaikan masalah kehilangan data. 

Jenis-jenis Bencana Cloud
Sebelum memilih strategi pemulihan bencana, Anda terlebih dahulu harus memahami jenis bencana cloud ada. Bencana Cloud terdiri dari tiga jenis, yaitu :

1. Bencana Alam
Berbagai bencana alam seperti kebakaran, banjir atau badai, dapat menyebabkan perusahaan kehilangan data center secara fisik. Untuk dapat menyelesaikan masalah ini, diperlukan rencana komunikasi yang tepat dengan karyawan mengenai dampak yang mungkin ditimbulkan oleh bencana tersebut.


2. Bencana Fisik
Bencana seperti ini disebabkan oleh kegagalan infrastruktur karena kesalahan manusia, seperti kegagalan memelihara fasilitas. Bisa juga disebabkan oleh ketidakamanan. Demi masa depan yang lebih baik, Anda dapat menyortir perencanaan strategi jangka panjang dan pendek demi mengetahui mitra cloud yang tepat untuk bekerjasama.

3. Bencana Berbasis Teknologi
Pada bencana jenis ini, masalah akan menyerang data online Anda serta caranya beroperasi. Hal ini menyebabkan kegagalan server, pelanggaran data, virus, dan kegagalan jaringan.

Strategi Pemulihan Bencana Cloud
Rencana pemulihan bencana cloud membantu perusahaan agar dapat kembali menggunakan infrastruktur IT mereka. Hal ini dibutuhkan setelah perusahaan menghadapi bencana. Untuk itu, berikut penjelasan strategi terbaik yang perusahaan dapat gunakan agar dapat beroperasional kembali seperti semula :

● Pahami Infrastruktur Perusahaan Anda
Anda harus mengetahui bagaimana infrastruktur cloud perusahaan Anda beroperasi dengan data. Dengan demikian, Anda akan mengerti risikonya dan dapat menciptakan cara yang lebih baik untuk menanggulangi.
Ketika sudah mengetahui ancaman serta cara mengatasinya, dapat membuat rencana pemulihan menjadi lebih mudah. Perlu diingat bahwa hal ini merupakan proses terus menerus yang membutuhkan perbaikan regulasi penilaian. Hal tersebut membantu rencana pemulihan menjadi lebih efektif.

● Lakukan Analisa Bisnis
Bencana cloud perusahaan bisa muncul karena peretas memegang kunci enkripsi. Bencana juga bisa datang dari hilangnya data yang tak terduga. Untuk itu, Anda harus selalu memeriksa alur kerja ketika sebuah masalah terjadi. Langkah ini membantu Anda merancang rencana pemulihan data cloud yang tepat.

● Memiliki Sketsa Pemulihan Bencana
Sebelum mencapai rencana akhir, sebaiknya sudah menyiapkan gambaran atas kemungkinan yang ada. Perusahaan harus lebih memikirkan tentang Recovery Point Objective (RPO) dan Recovery Time Objective (RTO). Kedua hal tersebut membantu perusahaan Anda memiliki cara manajemen terbaik guna mencapai tujuan pemulihan.

● Gunakan Solusi Pencadangan Cloud yang Solid
Anda tak pernah tahu kapan data mendapat ancaman dari peretas. Rencana cadangan membantu Anda mengirimkan data ke aplikasi cloud jarak jauh. Cara tersebut merupakan cara terbaik untuk mengamankan informasi perusahaan dan membuatnya tersedia kapan saja.

● Memiliki Mitra Cloud yang Tepat
Mempunyai penyedia layanan cloud yang tepat merupakan hal penting. Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk membuat strategi praktis dan bermanfaat. Pilihlah satu di antaranya yang dapat dipercaya, berguna, dengan solusi pemulihan yang terbaik serta aman. Pada situasi seperti ini, pilihan terbaik yaitu pada Disaster Recovery as a Service (DRaaS) dalam hal waktu pemulihan.

Perusahaan Anda bisa menggunakan jaminan keamanan neuCentrIX sebagai mitra terbaik. neuCentrIX sudah tersertifikasi ISO 27001. Perusahaan Anda akan memiliki keamanan yang terjamin untuk bisnis yang lebih baik. Hal itu karena rencana neuCentrIX mempunyai PSBM dan VAMS untuk mengamankan data Anda melalui protokol tepat yang memudahkan pemulihan selama bencana berlangsung. Perusahaan Anda akan mendapatkan banyak pelanggan dan nantinya akan semakin berkembang.

Ketika perusahaan Anda memiliki rencana pemulihan bencana cloud yang sempurna, terlebih dahulu cobalah pahami efektivitasnya. Mode pemulihan harus menangani bencana di masa mendatang yang bisa berdampak pada operasi teknologi cloud Anda. Namun, jika Anda melakukannya tanpa rencana yang efektif, perusahaan Anda akan kehilangan data dan kehilangan pelanggan. Atasi rencana pemulihan bencana seperti proses berkelanjutan, bukan aspek satu kali. Hubungi kami di WhatsApp (+62) 811-3900-2626) untuk mitra pemulihan cloud terbaik.