Next-Generation Firewall

neuCentrIX - 17/10/2022 11:34

Seiring dengan meningkatnya permintaan data dan berkembangnya jumlah orang yang menggunakan internet, maka terdapat pula peningkatan pada ancaman serangan siber. Sebagian besar perusahaan yang bergantung pada sumber daya online, dapat mengalami serangan siber dalam operasionalnya. Hal ini akhirnya memacu pengembangan firewall yang lebih canggih, untuk membantu melindungi situs-situs web dan sumber daya online agar terhindar dari pihak yang tidak berwenang.

Next-Generation Firewall (NGFW) adalah sumber daya yang digunakan untuk melawan serangan dan penipuan di internet. Hal itu disertai dengan kemampuan teknologi yang lebih baik, yang dapat menyaring upaya jahat serta ancaman. Simak pembahasannya lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak mengenai Next-Generation Firewall (NGFW), kemampuan teknologi tersebut dan manfaatnya.

Apa itu Next-Generation Firewall?
Next Generation Firewall (NGFW) adalah fitur keamanan yang dikembangkan untuk menilai dan mengawasi jaringan agar bisa memblokir lalu lintas yang berpotensi berbahaya. Teknologi ini adalah pengembangan dari firewall tradisional, yang mana peretas dan penyerang siber bisa mengesampingkannya. Teknologi tersebut bisa melakukan semua yang firewall normal bisa lakukan, bahkan memiliki fitur yang lebih kuat untuk perlindungan tambahan.

Beberapa ancaman dapat memblokir beberapa fungsi termasuk serangan lapisan canggih dan malware. Hal ini dapat dilihat dari fitur-fitur berikut ini :

● Disertai dengan fitur standar firewall.

● Memiliki kemampuan untuk mengetahui sumber ancaman secara intelijen.

● Terintegrasi dengan pencegahan intrusi.

● Kemampuan untuk mengetahui, mengontrol dan memblokir invasi dari pengguna aplikasi yang tidak sah.

● Ditingkatkan untuk memberikan umpan data di masa mendatang.

Apa yang Bisa Dilakukan Oleh Next-Generation Firewall?
NGFW disertai dengan beberapa fitur yang telah kita ketahui di atas. Terdapat pula kemampuan khusus lainnya. Berikut diantaranya :

● Kesadaran Aplikasi: Next-Generation Firewall bisa menyaring lalu lintas dari sumber yang berbeda-beda menggunakan algoritmanya yang kompleks. Teknologi tersebut bisa membedakan yang mana aplikasi bagus dan mana yang disertai dengan gangguan. Hal ini berarti bahwa teknologi tersebut bisa memblokir lalu lintas dari aplikasi yang buruk dan tetap menjaga kontrol aplikasi individu.

● Intrusion Prevention System (IPS): Berfungsi untuk mengawasi jaringan internet Anda untuk mencegah aktivitas jahat. IPS menggunakan sistem pemantauan berbasis tanda tangan untuk mencatat ancaman. Selain itu, IPS juga meliputi teknik berbasis kebijakan dan anomali, yang menyaring ancaman keamanan.

● Inspeksi Paket Mendalam: Fitur ini mengawasi jenis data yang ada dalam paket. Hal ini merupakan kemajuan dari firewall lama, yang hanya memeriksa header IP untuk memastikan kalau terdapat sumber lalu lintas yang merupakan ancaman.

● Kinerja yang Lebih Baik: Hal ini merupakan fitur penting yang memastikan firewall bisa memantau lalu lintas dengan jumlah besar tanpa terhambat. Kecepatannya memungkinkan mengidentifikasi ancaman dan dengan cepat saat melawan mereka.

Manfaat dari Next-Generation Firewall
Next-Generation Firewall memiliki banyak manfaat yang memastikan pengguna agar tetap aman dan tidak jatuh ke tangan penyerang siber. Berikut diantaranya :

● Akses konsol tunggal memastikan akses yang mudah tanpa butuh mengatur sistem seperti firewall tradisional.

● Memiliki proteksi berlapis yang memantau banyak parameter sebelum menetapkan keamanan sumber lalu lintas.

● NGFW memiliki infrastruktur yang disederhanakan yang membuatnya mudah bagi siapa saja yang menggunakannya tanpa pengetahuan teknis.

● Memiliki kecepatan jaringan pengguna yang optimal yang bisa mengidentifikasi bahkan pada malware tercepat.

Next-Generation Firewall merupakan pencetus di dalam bidang perlindungan data. Telkom memiliki NGFW terbaik untuk memastikan perusahaan Anda mendapatkan proteksi internet dan keamanan data tingkat utama.