Wilayah yang Saling Terhubung untuk Pertumbuhan Ekonomi

neuCentrIX - 31/10/2022 10:00

Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan beralih ke bisnis online. Hal ini menimbulkan permintaan seperti koneksi internet yang lebih cepat, stabil, dan handal. Pandemi COVID-19 juga menyebabkan meningkatnya permintaan untuk akses internet yang terbaik bagi jutaan karyawan agar bisa bekerja dari rumah. Hal ini juga mempercepat pertumbuhan bisnis yang bergantung pada koneksi VPN yang bagus, panggilan video serta koneksi yang cepat.

Tingginya permintaan tersebut membuat interkoneksi diproyeksikan menjadi salah satu kontributor paling signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Simak lebih lanjut pembahasan tentang kebutuhan interkoneksi internet daerah serta bagaimana hal tersebut memicu pertumbuhan ekonomi.

Kebutuhan Konektivitas Internet yang Andal
Tak diragukan lagi, sangat dibutuhkan koneksi internet yang andal dan cepat di seluruh dunia. Saat ini sebagian besar bisnis bergantung pada keandalan pertumbuhan internet. Memiliki internet yang tidak stabil dan lambat dapat mengganggu produktivitas serta pertumbuhan internet. Untuk itu, berikut beberapa penjelasan mengenai konektivitas internet yang dapat diandalkan bisa membantu Anda dalam bisnis :

Quality of Service (QoS) yang baik: QoS memastikan perusahaan mendapatkan pengalaman internet terbaik untuk penggunaan online. Koneksi internet yang baik memastikan hal ini dan menjamin kinerja tinggi guna membantu bisnis menjalankan operasinya secara efektif.
Meningkatkan skalabilitas bisnis: Suatu jaringan yang stabil memungkinkan Anda untuk menangani beban kerja dengan lebih efisien. Seiring berjalannya waktu, hal ini meningkatkan skalabilitas bisnis.
Menawarkan keamanan yang lebih baik: Penting untuk berinvestasi pada koneksi internet yang bagus guna mendapatkan keamanan yang lebih baik. Meskipun mungkin biayanya sedikit lebih mahal, teknologi tersebut memiliki kerangka kerja yang baik untuk keamanan data dan melindungi infrastruktur TI perusahaan.
Internet yang andal toleran terhadap kesalahan: Memiliki jaringan yang toleran terhadap kesalahan mengurangi dampak kerusakan. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi jumlah perangkat yang terkena dampak. Selain itu, internet tersebut dibuat untuk pulih dengan cepat jika terjadi kegagalan. 


Interkoneksi Perusahaan Melalui Ekosistem Digital
Interkoneksi adalah kerangka yang menghubungkan jaringan organisasi dengan perusahaan agar dapat bertukar data sebagai bagian dari prosesnya. Hal ini disebut sebagai “virtual native distribution chain” atau rantai distribusi asli virtual. Biasanya, data bisa ditransfer di antara korporasi, penyedia layanan terkait, dan penyedia cloud melalui jaringan Point-to-Point (PoP) dalam data center operator yang netral.

Dikarenakan infrastruktur cloud semakin populer, begitu juga dengan ekosistem digital yang mampu bertukar data dan memanfaatkan solusi yang dihosting sesuai kebutuhan pada kapasitas dan dari wilayah mana pun. Menyederhanakan pertukaran data cloud akan menjadi langkah pertama yang solid terhadap interkoneksi yang komprehensif.

Bagaimana Interkoneksi dapat Membawa Pertumbuhan Ekonomi Daerah
Interkoneksi internet baru-baru ini menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi terbaik. Teknologi tersebut membawa koneksi internet yang lebih baik, membuat korporasi lebih mudah untuk menjalankan operasinya dengan kinerja tinggi. Akses ke konten cloud juga meningkatkan tingkat pertumbuhan serta menjadikan wilayah dengan interkoneksi tinggi menjadi lebih kompetitif. Selain itu, internet exchange daerah merupakan akar kesempatan bagi bisnis seperti data center dan operator jaringan lainnya.

NeuCentrIX menyediakan internet exchange di 7 kota di Indonesia, seperti di Centrum Medan, Jakarta Karet, Bandung Lembong, Yogyakarta Kotabaru, Surabaya Gubeng, Denpasar Kaliasem, dan Balikpapan Batu Ampar. Hal ini guna menghubungkan wilayah untuk pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia. Koneksi tersebut akan memungkinkan warga di seluruh negeri untuk menemukan dan menjangkau siapapun sesuai permintaan dengan satu koneksi ke dunia.

Selain itu, neuCentrIX juga mengoperasikan internet exchange paling signifikan di Indonesia dan menciptakan lalu lintas yang masif. Internet exchange pada neuCentrIX menggabungkan banyak sesi yang dapat mengurangi biaya dan meningkatkan kontrol jaringan, kinerja, kecepatan, dan keandalan. neuCentrIX juga memungkinkan adanya akses ke gerbang internasional untuk kota Bandung, Batam, dan Manado dengan kapasitas lebih dari 8,5 TB.

Anda dapat menggunakan berbagai cara untuk membantu mempromosikan akses yang mudah ke gateway domestik. Pertama, Anda dapat menggunakan POP HIS: Pengguna (IndiHome, Wifi ID, dan Telkomsel) dan CDN (Facebook, Akamai, Google, dan Verizon). Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Whatsapp kami di +62 811-3900-2626.