Bangkit dari Pandemi, Telkom Property Perkuat Peluang Digital

neuCentrIX - 21/07/2020 20:33

PT Duta Sarana Graha atau lebih dikenal sebagai Telkom Property yang merupakan anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki rencana untuk mengembangkan properti berbasis digital atau disebut property technology.

Gagasan tersebut akan dilaksanakan sebagai perwujudan dari optimalisasi aset-aset milik perusahaan, khususnya aset-aset Telkom.

Dalam suatu webinar yang berlangsung pada hari Selasa (21/7/2020), Adhi Trirachmadi sebagai Planning Director Telkom Property mengatakan "Kami akan menciptakan ruang-ruang berbasis digital. Ini sudah masuk program pada tahun 2020 ini."

 Era baru yang mendorong masyarakat untuk mengadopsi kebiasaan baru dengan sebutan new normal mendorong Telkom Property untuk mengadopsi transformasi digital dengan sangat segera. Mengutamakan fasilitasi kebutuhan akan ekosistem yang lengkap yang mencakup aplikasi, big data, dan juga marketplace, merupakan salah satu dari cara yang mereka akan laksanakan.

Dalam hal ini adapun peluang besar untuk pengembangan terhadap produk-produk khusus yang melibatkan kebutuhan pengembangan digital seperti logistic hub, distribution center atau data center.

Dengan tegas Adhi menyatakan bahwa dalam situasi ini sangatlah penting dan wajib adanya penyelarasan dalam manajemen gedung yang mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan pengguna.

Konsep digital akan tercakup dalam peta jalan digital hub yang mana mampu megubah proses operasional perusahaan, customer experience, business model, dan pelayanan atas aset.

Kini, Telkom Property memiliki beberapa produk properti yang terdiri dari Telkom Landmark Tower (TLT_ atau Telkom hub, Indifoodcourt sebagai ritel, dan juga berbagai gedung dan gudang yang telah dibangun demi menunjang usaha Telkom Group.

Adhi sangat yakin bahwa upaya optimalisasi aset, dan mengembangkan produk-produk properti baru dapat meningkatkan pendapatan usaha untuk bangkit dari situasi pandemi COVID-19.

Konsep rumah sakit digital atau e-health yang berlokasi di Surabaya dan Bandung pun telah direncanakan untuk dibangun oleh Telkom Property.

Tak sebatas itu, Telkom University, perguruan tinggi yang dikelola Telkom, akan segera merintis fakultas kesehatan berbasis digital.

Adhi menambahkan bahwa "Kami sudah punya Telkom University, sudah dibentuk semacam Fakultas Digital Kedokteran. Jadi, sudah sumber-sumber kedokteran yang juga berbasis digital.”

Telkom Property tengah ini sedang mempersiapkan rancangan bisnisnya untuk dipresentasikan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Adhi optimistis, upaya optimalisasi aset, dan mengembangkan produk-produk properti baru dapat meningkatkan pendapatan usaha (revenue) untuk bangkit dari situasi Pandemi Covid-19.

 

Dilansir dari Kompas.com, Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020, ditulis oleh Suhaiela Bahfein.