Environmental Impacts of IT Infrastructure

neuCentrIX - 25/11/2022 09:57

Salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat adalah Teknologi Informasi atau disebut TI. Industri TI memberikan dampak terhadap lingkungan dan juga menjadi kontributor penting pada perubahan iklim. Walaupun data center dan infrastruktur TI lainnya sangat membantu pertumbuhan ekonomi, namun, teknologi tersebut berdampak terhadap lingkungan terkait penggunaan energi dan kontribusinya kepada emisi CO2.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai dampak infrastruktur TI pada lingkungan dan bagaimana peralatan teknologi hybrid meminimalisirnya.

Infrastruktur TI Hybrid
Infrastruktur TI hybrid merupakan gabungan dari cloud lokal, cloud pribadi, dan cloud publik. Sebuah infrastruktur TI hybrid memungkinkan organisasi menggunakan segala yang terbaik untuk membangun lingkungan TI. Hal ini juga memungkinkan mereka agar bisa mengambil keuntungan dari biaya dan skalabilitas lingkungan cloud publik ketika mengontrol data rahasia perusahaan.

Infrastruktur TI hybrid merupakan cara mengurangi kebutuhan akan data center tradisional. Caranya adalah dengan menggunakan komputasi cloud yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Layanan tradisional TI dan layanan berbasis cloud digabungkan oleh infrastruktur TI hybrid. Biasanya TI konvensional mencakup server, penyimpanan, perangkat jaringan, dan perangkat keras lainnya dipasang di data center.

Layanan berbasis cloud mencakup Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS).  Kebutuhan akan data center tradisional akan berkurang dengan adanya komputasi cloud karena teknologi tersebut memungkinkan perusahaan untuk menyewakan ruang di server daripada membeli sendiri.

Cara melindungi infrastruktur TI hybrid dari ancaman fisik dan lingkungan
Infrastruktur TI hybrid adalah gabungan dari sumber daya lokal dan sumber daya TI berbasis cloud. Tren yang berkembang guna menggunakan lebih dari satu layanan TI menyebabkan terciptanya infrastruktur TI hybrid. Teknologi tersebut terdiri dari sistem fisik dan virtual, yang sering ditempatkan di lokasi geografis yang berbeda.

Infrastruktur TI hybrid memiliki banyak manfaat, seperti hemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas, tetapi juga disertai dengan kekurangan. Salah satunya adalah tantangan dalam melindunginya dari ancaman fisik dan lingkungan. Infrastruktur TI hybrid cenderung lebih rentan terkena resiko dibandingkan dengan yang tradisional karena memiliki komponen di dalam dan di luar lokasi. Terdapat beberapa cara mengurangi resikonya.

Rancangan dan infrastruktur data center data center mempengaruhi masalah lingkungan
Infrastruktur TI memiliki dampak lingkungan yang signifikan. Berikut merupakan daftar kemungkinan dampak ekologis infrastruktur TI :
● Penggunaan perangkat elektronik memberikan banyak dampak kepada lingkungan, seperti mengeluarkan gas rumah kaca dan polutan lainnya.
● Penggunaan perangkat elektronik juga memerlukan banyak daya, yang biasanya dihasilkan dari bahan bakar fosil yang berdampak buruk bagi lingkungan.
● Perangkat elektronik pada akhirnya harus diganti dan disingkirkan, menimbulkan limbah serta mencemarkan lingkungan.
● Banyak polutan mencemari persediaan udara dan air yang disebabkan oleh proses produksi perangkat elektronik, merugikan manusia dan hewan yang tinggal di sekitarnya.

Infrastruktur TI hybrid adalah solusi akhir untuk mencapai emisi nol karbon pada data center. Infrastruktur ini bisa mengurangi jumlah penggunaan listrik data center dan meningkatkan sistem pendingin. NeuCentrIX menawarkan layanan data center dan infrastruktur TI hybrid yang lebih baik agar Anda bisa mendapatkan pengalaman data center terbaik. Silahkan kunjungi situs web kami untuk mengetahui lebih lanjut.