5 Data Center Unik yang Perlu Diketahui

neuCentrIX - 09/01/2023 10:00

Dunia adalah rumah bagi beberapa data center yang benar-benar unik yang menonjol karena desain inovatif dan teknologi mutakhirnya. Dari data center yang dibangun di sisi gunung hingga yang dirancang untuk berbaur dengan alam sekitarnya. Fasilitas ini mendorong batasan-batasan dari apa yang mungkin dilakukan saat menyimpan dan mengelola data penting.

Selama beberapa tahun terakhir, telah terjadi ledakan pertumbuhan data center. Data center telah berkembang menjadi beberapa elemen penting yang dibutuhkan untuk internet. Di sini, kami membahas kebutuhan akan data center unik dan juga mencantumkan beberapa data center paling unik yang tersedia.

Mengapa Data Center Bisa Menjadi Unik?
Ada beberapa alasan mengapa data center harus unik. Pertama, data center adalah komponen penting dari infrastruktur TI organisasi. Dengan demikian, data center perlu dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan spesifik organisasi itu. Oleh karena itu, ini harus disesuaikan dengan beban kerja, aplikasi, dan persyaratan penyimpanan data spesifik organisasi. Itu juga harus dapat mengukur dan beradaptasi dengan tuntutan yang berubah dari waktu ke waktu.

Data center yang unik juga dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan kinerjanya. Dengan merancang dan membangun data center khusus untuk kebutuhan organisasi, nantinya data center dapat dioptimalkan untuk efisiensi maksimum.

Data center yang unik juga dapat membantu meningkatkan keamanan dan ketahanan infrastruktur TI perusahaan. Data center dapat dikonfigurasi untuk memenuhi standar keamanan tertinggi dan dibangun untuk menahan bencana alam dan potensi ancaman lainnya. Keamanan tersebut memastikan bahwa data perusahaan akan selalu tersedia dan aman.

Top 5 Data Center Unik
Beberapa data center paling unik di dunia dirancang agar berkelanjutan dan efisien. Mereka memanfaatkan teknologi mutakhir dan inovasi untuk meminimalkan dampak lingkungan mereka. Inilah lima teratas.

1. Data center CyberBunker: Ini adalah data center yang terletak di bekas bunker NATO di Belanda yang dikenal dengan langkah-langkah keamanan kelas atas. Data center mencakup bangunan pertahanan yang kuat dan kemampuan untuk menahan serangan nuklir.

2. Kandang ayam Yahoo: Data center unik ini dibangun oleh Yahoo pada tahun 2013 dan terletak di kandang ayam yang telah diubah fungsinya di Lockport, New York. Itu dirancang untuk hemat energi dan ramah lingkungan, menggunakan pendinginan alami dari lingkungan sekitar.

3. Pembangkit Batubara State Line: Ini adalah data center yang terletak di bekas pembangkit listrik tenaga batu bara di Illinois. Data center ini unik karena menggunakan limbah panas dari operasi pabrik sebelumnya untuk menyediakan daya bagi data center. Oleh karena itu, hal ini memungkinkan data center beroperasi dengan jejak karbon yang jauh lebih rendah daripada fasilitas tradisional.

4. Data center Google: data center ini unik karena lokasinya di pabrik kertas tua di Hamina, Finlandia. Bangunan itu digunakan kembali untuk menampung data center. Ini menggunakan udara sejuk dari laut sekitarnya untuk menjaga server pada suhu optimal.

5. Data center terapung Nautilus: Ini adalah salah satu data center paling unik yang dirancang dan digunakan di perairan dekat kota pesisir. Data center ini mandiri dan menghasilkan kekuatannya menggunakan energi gelombang dan menyediakan pendinginan menggunakan air laut.

Data center berkembang untuk menawarkan kecepatan internet terbaik tanpa buffering dan performa optimal. Di atas adalah beberapa data center terbaik dengan fitur unik dan menghasilkan jejak karbon rendah. NeuCentrIX menawarkan layanan colocation data center yang hebat untuk membantu Anda meningkatkan operasi Anda. Lihat halaman colocation kami untuk mengetahui lebih lanjut!