Bagaimana 5G akan Memengaruhi Data Center di Masa Depan

neuCentrIX - 12/01/2023 10:00

Dunia telah bergantung pada 4G untuk menjalankan Data Center selama bertahun-tahun. 4G adalah yang terbaik selama bertahun-tahun dan mencapai puncaknya. Namun, seiring berkembangnya teknologi, semakin terbukti bahwa 5G adalah tren berikutnya.

Perusahaan dan negara mentransmisikan data dalam jumlah besar, yang mana membutuhkan kecepatan transmisi yang tepat. Jika data center ditingkatkan, dapat membantu memanfaatkan sepenuhnya teknologi 5G.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana 5G mengubah 4G dan bagaimana hal itu memberdayakan data center. Selain itu, juga akan dibahas mengenai pentingnya mempersiapkan bisnis Anda untuk data center 5G.

5G sebagai Game-changing pada 4G
Setiap pengguna 5G akan setuju bahwa jaringan tersebut adalah game changer atau pembawa perubahan besar pada sektor digital. Dikarenakan kecepatannya yang luar biasa, dapat membuat aplikasi baru yang tidak dapat dijalankan oleh kecepatan 4G.

Jaringan 5G, menawarkan bandwidths yang tinggi hingga mencapai lebih dari 1 Gbps. Kecepatan seperti itu mengubah penggunaan IoT (Internet of Things). Hal ini telah membuat perusahaan menikmati edge computing, yang mengurangi jarak perjalanan data dari sumber ke data center. Hal tersebut adalah aspek yang tidak dapat disediakan oleh jaringan 4G.

Ditambah lagi, 5G menawarkan latensi rendah sekitar 10 ms atau terkadang 1 ms, dibandingkan dengan 4G yang menawarkan kecepatan 20–30 ms. Teknologi seperti game cloud dan smart city membutuhkan latensi yang rendah.

Saat ini, 5G menawarkan kepadatan koneksi lebih dari 100.000 titik/meter persegi. Jika Anda membandingkannya dengan 4G, ada celah yang lebar sekitar 2000 poin/meter persegi. 5G memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung di area tertentu dan dengan kecepatan yang luar biasa.

Bagaimana 5G Memberdayakan Data Center
Data center akan meningkat pesat di masa depan karena jaringan 5G. Data center juga akan membantu kebutuhan data dari sebagian besar sektor, seperti telehealth, streaming video, game, dan e-commerce. Stakeholder pada sektor tersebut akan membutuhkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dengan latensi rendah.

Fiturnya yang luar biasa menyediakan layanan cepat dan pengalaman hebat bagi end user. Perlu diingat bahwa banyak penyedia layanan aplikasi yang memerlukan latensi rendah agar berfungsi dengan baik. Untuk itu, perusahaan dapat mentransfer dan menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat.

Selain itu, latensi rendah dan cepat akan mendukung IoT, kecerdasan buatan, dan kota pintar. Teknologi ini lebih mengandalkan pengumpulan, transfer, dan penyimpanan data agar efektif. 5G akan membuat perusahaan dan pemerintah berinvestasi lebih banyak di data center terbaik.

Persiapkan Bisnis Anda untuk Data Center 5G 
Memahami cara kerja 5G sangatlah penting, terutama bagi pemilik bisnis yang berinvestasi lebih di data center. Anda akan melihat infrastruktur seperti apa yang dibutuhkan data center untuk menikmati manfaat sepenuhnya dari jaringan ini.

Data center akan membutuhkan server tingkat tinggi dan rak elektronik untuk mengakomodasi kecepatan. Mendapatkan lebih banyak menara seluler dan Distributed Antenna Systems (DAS) atau sistem antena terdistribusi, pada tiang listrik akan sangat membantu untuk memanfaatkan jaringan 5G.

Ditambah lagi, bisnis Anda akan membutuhkan banyak kabel serat optik terbaru. Hal ini akan mendukung transmisi data yang lebih cepat dari sumber ke data center. Ingat, dunia akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan sumber daya untuk mendapatkan manfaat besar dari jaringan 5G. Namun, sebagian besar bisnis telah mulai mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memanfaatkan jaringan ini di data center mereka.

Peluncuran penuh 5G akan mengubah data center. 5G menyediakan pemrosesan data yang cepat dan edge computing yang luar biasa. Hal ini adalah peningkatan yang lebih baik daripada jaringan 4G karena telah membuka banyak pintu untuk aplikasi bisnis dan IoT. Hal ini juga akan menjadi peningkatan terbaik untuk data center karena bisnis Anda beradaptasi dengan 5G. Jelajahi halaman data center kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang neuCentrIX dan bagaimana layanan colocation dapat bermanfaat bagi data center Anda.