Lokasi Data Center Terpanas dan Terdingin

neuCentrIX - 16/01/2023 10:00

Lokasi data center sangat berpengaruh pada iklim daerah tersebut. Jika hosting fasilitas data center di tempat dengan suhu tinggi, kemungkinan akan mengalami masalah infrastruktur dan kehilangan data.

Beberapa kota, seperti Beijing, memiliki tingkat panas yang tinggi, tetapi telah mengadopsi teknologi pendinginan yang tepat di data centernya. Hal ini menyebabkan kota ini memiliki banyak data center meskipun kondisi cuacanya buruk.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai mengapa iklim menjadi pertimbangan penting saat memilih lokasi data center. Anda juga akan mempelajari berbagai tempat untuk menyimpan data center Anda di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Pentingnya Iklim pada Lokasi Data Center
Dalam pemilikan lokasi dan infrastruktur data center, sangatlah berfokus pada iklim. Jika Anda seorang investor yang mempertimbangkan faktor ini sebelum menemukan data center, Anda akan mendapat untung besar di masa mendatang.

Memilih tempat untuk data center Anda dengan kondisi iklim yang sangat baik akan menghemat biaya pemeliharaan rutin akibat kegagalan server. Selain itu, server Anda terkadang hanya berfungsi dengan baik, dan kondisi ini akan mengurangi kasus kehilangan data karena ketidakamanan.

Kenapa Iklim Berdampak pada Lokasi Data Center
Perubahan iklim seperti tingkat panas yang tinggi akibat pemanasan global memengaruhi bagaimana data center Anda akan berfungsi dan bertahan. Setiap investor data center harus mempertimbangkan dengan cermat cara menghadapi perubahan iklim. Saat membuat data center, Anda harus memiliki fasilitas modern yang akan melindungi data center Anda bahkan jika Anda menempatkannya di lokasi dengan kondisi cuaca yang keras.

Tempat dengan banyak industri, seperti Beijing, menggunakan lingkungan berpendingin air untuk menampung data center mereka. Situs semacam itu meningkatkan efisiensi energi server karena pendinginan menjadi jauh lebih efektif dan aman bagi lingkungan dan fasilitas.

Lokasi Data Center di Dunia
Pendinginan mekanis yang tepat adalah salah satu masalah akibat perubahan iklim. Sebelum memilih tempat mana pun untuk membangun data center Anda, pastikan iklimnya dapat diprediksi. Situs seperti itu akan membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk memelihara bagian mekanis dari data center.

Jika data center berada di zona dengan masalah cuaca, fasilitas tersebut akan menggunakan banyak energi untuk pendinginan. Oleh karena itu, hal ini akan mengurangi masa pakai dan produktivitas fasilitas.

Ditambah lagi, lokasi harus memiliki udara yang bersih dan dapat digunakan kembali. Kondisi tersebut bisa Anda dapatkan di daerah yang tidak banyak polusi udara dari industri dan kendaraan bermotor. Hal ini merupakan tantangan bagi kota-kota modern.

Asap yang dikeluarkan oleh mobil dan industri dapat menghalangi kipas sistem pendingin dari waktu ke waktu. Terlalu banyak asap juga dapat menyebabkan kerusakan komponen perangkat keras lainnya. Anda akan mengalami kerugian besar dengan mempertahankan atau mengganti fasilitas. Data perusahaan Anda juga akan berisiko jika data center Anda gagal.

Indonesia memiliki 13 lokasi yang cocok untuk neuCentrIX. Diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Manado, Denpasar, Semarang, Pekanbaru, Batam, Manado, Makassar, dan Balipapan. Tempat-tempat ini akan menyimpan data center Anda dengan baik dan memungkinkannya berfungsi dengan baik. Sangat mudah untuk memprediksi pola cuaca di area ini. Selain itu, tingkat panasnya dapat mendukung data center modern.

Iklim lokasi data center memengaruhi bagaimana fasilitas akan bertahan dan berfungsi. Temperatur yang tinggi dan lingkungan yang tidak dapat diprediksi dapat merusak fasilitas Anda dan mengakibatkan hilangnya data. Temukan data center Anda di tempat dengan udara bersih dan dapat digunakan kembali.

Lebih baik lagi, investasikan teknologi pendinginan modern di fasilitas tersebut agar fasilitas berjalan dengan baik di area dengan kondisi iklim yang keras. Anda dapat terhubung dengan kami dengan mengunjungi halaman kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang lokasi data center terbaik.