Blockchain dalam Cloud Computing

neuCentrIX - 17/01/2023 10:00

Sebagian besar pemilik bisnis saat ini memilih menggunakan blockchain melalui cloud untuk menyimpan data mereka. Blockchain menawarkan lebih banyak keamanan dan transparansi. Namun, akan lebih baik jika Anda mengintegrasikan kedua teknologi tersebut untuk menangani data Anda.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan mempelajari apa itu blockchain dalam komputasi cloud dan bagaimana cara membuat blockchain berfungsi dengan komputasi cloud.

Apa itu Blockchain?
Pada dunia teknologi saat ini, blockchain adalah database yang terdesentralisasi, dibagikan, dan tidak dapat diubah dari perusahaan tertentu, berbagai orang, atau organisasi. Melalui penggunaan struktur jaringan peer-to-peer untuk menyimpan dan berbagi data perusahaan. Setelah Anda menyimpan beberapa informasi, Anda tidak dapat mengubahnya.

Teknologi tersebut membantu pengguna melacak transaksi yang memerlukan banyak langkah untuk verifikasi. Transaksi pelanggan Anda akan aman dan transfer data lebih cepat.

Selain itu, mudah untuk mengontrak manajer dan mengaudit kualitas kerja mereka melalui blockchain. Sebagai seorang manajer, akan mudah untuk mengekang risiko transaksi teknologi dan penipuan. Ada banyak transparansi, dari pemilik bisnis hingga ke pelanggan.

Bagaimana Mengkolaborasikan Blockchain pada Cloud
Teknologi cloud sangat fantastis. Namun, dengan blockchain, ini akan menjadi keputusan bisnis terbaik yang pernah Anda buat. Jika perusahaan Anda menggunakan blockchain dengan komputasi cloud, maka Anda akan mendapatkan kinerja yang luar biasa. Untuk itu, inilah cara menggabungkan cloud dan blockchain :

1. Pahami Apa yang Dibutuhkan Bisnis Anda
Anda harus tahu mengapa perusahaan Anda berinvestasi di blockchain dan cloud. Terkadang, bisnis mungkin memerlukan blockchain untuk mengamankan data mereka atau untuk kepemilikan yang efisien. Kebutuhan tersebut akan membantu Anda membuat daftar semua persyaratan penting untuk cloud blockchain yang terbaik.


2. Ketahui Volume dan Penggunaan Data
Basis data pada bisnis Anda harus dipastikan. Ukuran data akan menentukan ukuran blockchain apa yang dapat bekerja dengan aplikasi cloud. Hal ini akan mencegah masalah dengan tingginya biaya pemeliharaan di masa mendatang.

3. Pilih Sistem Penerapan Cloud
Pilih sistem cloud publik, privat, atau hybrid saat mengimplementasikan blockchain. Setiap sistem cloud memiliki pro dan kontra. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda untuk menghindari hilangnya sumber daya.

4. Pilih Arsitektur Solusi Cloud yang Tepat
Gunakan arsitektur cloud canggih yang berfokus pada layanan mikro. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari layanan cloud dan solusi blockchain. Anda juga akan menikmati skalabilitas basis data dengan transfer yang cepat.

5. Pilih Mitra TI Profesional
Pekerjakan tim TI yang andal untuk bekerja sama dengan baik untuk aplikasi blockchain dan cloud Anda. Anda dapat memilih pekerja lepas, tim TI internal Anda, atau perusahaan TI. Pilih tim pro dengan tarif terjangkau, pengetahuan IT yang mendalam, dan kedekatan yang tinggi. Cara terbaik adalah dengan mengalihdayakan perusahaan karena mereka memiliki spesialis TI bersertifikat untuk menangani sebagian besar tugas untuk Anda.

6. Menerapkan Blockchain
Bersama dengan mitra TI Anda, pilih solusi blockchain dengan alat dan kerangka kerja yang tepat untuk membantu bisnis Anda. Kerangka kerja terbaik di pasar saat ini membuat Distributed Ledger Technology (DLT) atau teknologi buku besar terdistribusi, sumber terbuka menjadi mudah. Pastikan aliran data dioptimalkan untuk menghindari duplikasi atau kegagalan database.

7. Mendukung dan Memelihara Sistem
Setelah sistem berjalan, berinvestasilah dalam layanan perawatan. Jika tidak, itu akan memengaruhi pengoptimalan kode, penerapan perangkat lunak, atau bahkan penambahan fungsionalitas baru. Ingat, blockchain itu kompleks dan membutuhkan dukungan multi-tingkat untuk hasil terbaik.

Teknologi Blockchain akan mengatasi penggunaan cloud computing di masa depan. Tetapi Anda akan lebih diuntungkan jika Anda memiliki kedua solusi tersebut. Anda akan mendapatkan manfaat ini jika mendapatkan spesialis IT berpengalaman untuk membantu Anda memilih dan berkolaborasi dalam teknologi cloud dan blockchain untuk bisnis Anda. Ingat, Anda harus berinvestasi dalam memelihara sistem ini untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

Kunjungi halaman kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang neuCentrIX, yang menawarkan layanan cloud fantastis untuk digunakan dengan blockchain Anda.