Pentingnya Keamanan dan Kesederhanaan Data Center untuk Bisnis

neuCentrIX - 24/08/2020 00:00

Banyak perusahaan saat ini telah mengandalkan data agar bisnisnya berjalan dengan lancar dan optimal. Sejumlah perusahaan memilih membangun data center mereka secara on-premise sehingga tim IT tidak lagi menjadi pusat biaya dan berubah menjadi pusat layanan untuk bisnis mereka. Kendati demikian, penyedia colocation data center di Indonesia juga telah menjadi pilihan populer bagi perusahaan lokal yang memerlukan pusat data yang andal sekaligus hemat biaya untuk mendukung operasi mereka.

Ada berbagai aspek yang membuat infrastruktur data center menjadi baik, di antaranya adalah keamanan dan kesederhanaan. Dengan perubahan dan perkembangan yang pesat di dalam dunia bisnis, kedua hal ini menjadi sangat penting bagi banyak perusahaan.

Keamanan dan Keandalan
Sebuah data center, tidak diragukan lagi, rentan terhadap serangan, pelanggaran, dan ancaman, baik secara fisik maupun virtual. Pencurian data, perubahan data, dan ancaman keamanan dunia maya lainnya, seperti virus, pembajakan, DoS, dan DDoS, dapat memberikan risiko kepada perusahaan secara finansial dan dapat menyebabkan kerusakan merek yang tidak dapat diperbaiki–sementara dua hal tersebut sangat berpotensi merusak bisnis apa pun. Untuk menghindari kemungkinan ini, pengukuran keamanan yang memadai diperlukan untuk mencegah berbagai serangan dan pelanggaran ini.

Carrier-neutrality atau netralitas operator sendiri merupakan adalah sifat colocation data center dan penting untuk keamanan pusat data. Dengan demikian, data center dengan netralitas operator bersifat independen dan tidak dimiliki atau dikendalikan oleh penyedia layanan Internet tertentu. sebagai gantinya beberapa penyedia jaringan dimungkinkan untuk mengakses pusat data. Hal ini memungkinkan pemilik atau pengguna pusat data memiliki berbagai konektivitas untuk dipilih secara mandiri dan tidak hanya mengandalkan satu penyedia dengan segala keterbatasannya, termasuk keterbatasan bandwidth, kecepatan, dan downtime.

Sebagai bagian dari mitigasi risiko, netralitas operator memastikan perusahaan dapat tetap menjalankan operasi mereka bahkan ketika di bawah ancaman. Dengan memiliki beberapa operator yang terhubung ke data center, mereka dapat memastikan ketika salah satu operator mengalami pemadaman layanan, operator lain dapat menjaga jaringan tetap aktif dan berjalan serta terhubung tanpa hambatan. Selain itu, dengan memadukan beberapa penyedia layanan internet bersama-sama, operasional data center dapat dilindungi dari serangan DDoS yang bisa melumpuhkan, serta ancaman keamanan siber lainnya.

Selain serangan virtual, berbagai penyusupan ke infrastruktur data center juga dapat menjadi masalah serius bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan langkah-langkah keamanan dan pemantauan yang aktif dan terstandarisasi secara terus menerus untuk melindungi lokasi data center, termasuk pintu terkunci, kode akses, sidik jari, CCTV, batasan akses karyawan, petugas keamanan di tempat, dan perubahan kata sandi secara teratur. Jika semua langkah ini dilaksanakan secara konsisten, maka pelanggaran fisik baik dari faktor internal maupun eksternal dapat dicegah.

Kesederhanaan dan Fleksibilitas
Semakin besar pertumbuhan perusahaan dan semakin kompleksnya operasi bisnis mereka, semakin sebuah perusahaan akan mengapresiasi kesederhanaan dalam semua aktivitas bisnis, termasuk dalam pengelolaan data center mereka. Ini artinya, operasional data center dan tugas manajemen yang sederhana, modifikasi tanpa kerumitan tertentu, dan kemudahan untuk pengembangan berdasarkan tuntutan bisnis menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Fasilitas carrier-neutral menyediakan teknologi yang memudahkan pengoperasian dan pengelolaan data center. Dengan koneksi ke penyedia layanan cloud, pertukaran internet, beberapa penyedia layanan internet, dan jaringan pengiriman konten, penyedia colocation data center memastikan fleksibilitas dan kesederhanaan yang penting bagi sebagian besar perusahaan. Ketika mereka perlu melakukan perubahan dan penambahan, atau pindah karena kebutuhan bisnis, mereka dapat melakukannya tanpa terlalu pusing dengan bantuan koneksi yang tersedia ini.


Meskipun terbatas, data center on-premise dengan operator tunggal memang memberikan keuntungannya sendiri bagi pengguna. Meskipun demikian, netralitas operator, koneksi khusus, dan bagian teknologi tertentu membuat penyedia data center colocation menjadi pilihan yang lebih baik untuk bisnis dalam hal keamanan dan keandalan serta kesederhanaan dan fleksibilitas.