14 Komponen Infrastruktur Data Center

neuCentrIX - 03/09/2020 13:42

Data center terdiri dari beberapa komponen yang bertujuan untuk penyimpinan, memproses dan mendistribusi data dalam jumlah yang besar. Komponen tersebut tidak hanya terdapat perangkat komputer saja namun juga terdapat komponen pendukung lainnya. Berikut adalah 14 komponen pada infrastruktur data center:

Rak

Rak digunakan untuk menyimpan perangkat keras dari data center. Penempatan rak harus bisa menyisakan ruang yang cukup untuk sistem pengkabelan, sistem pendingin maupun sirkulasi udara sehingga tidak menyebabkan overheat pada perangkat.

Konektivitas

Umumnya, data center memiliki berbagai koneksi kabel internet yang disediakan dari berbagai sumber.

Bangunan

Data center membutuhkan bangunan dan lokasi yang terhubung dengan kelistrikan, jaringan yang baik, dan infrastruktur fisik seperti jalanan sehingga memudahkan mobilitas karyawan atau petugas lainnya.

Pendayaan

Setiap mesin pada data center biasanya memiliki redudansi daya kelistrikan. Cadangan listrik seperti generator atau panel surya pada data center merupakan hal yang cukup umum.

Sitem Pengkabelan

Sistem pengkabelan digunakan untuk mengkoneksikan data center dengan sumber pendayaan, sumber jaringan, dan perangkat lainnya. Menggunakan metode raised floor merupakan hal yang umum pada data center untuk mempermudah akses kabel.

UPS (Uninterruptible power source system)

UPS ini akan memberikan proteksi terhadap pemadaman listrik atau ketidak stabilan pasokan daya.

Pengontrol Lingkungan

Pengontrol lingkungan merupakan sistem untuk mendinginkan perangkat keras dari overheat, dengan ventilasi, AC, humidifikasi dan dehumidifikasi.

Fire Protector

Fasilitas data center harus menyediakan pencegah api seperti pendeteksi asap lengkap dengan alat pemadam apinya.

Meet-me Room

Meet-me Room (MMR) adalah ruangan yang digunakan untuk melakukan koneksi atau cross-connect antara server. Baik dari ruangan rak ke konektivitas dan server yang ada di suatu rak ke rak yang lain.

Keamanan

Keamanan pada data center merupakan prioritas utama. Sehingga, dengan mengintegrasikan kekuatan manusia dan CCTV ataupun teknologi lainnya, akan membuat tingkat keamanan pada data center semakin tinggi.

Pusat Pengoperasian Jaringan

Sebuah ruangan untuk staff operasional yang melakukan administrasi, monitoring, pemeliharaan dan mengamankan data center. Pusat pengoperasian jaringan ini merupakan garis terdepan dalam melakukan manajemen risiko dan kecelakaan.

Staging Room

Ruangan ini berfungsi untuk melakukan pengujian perangkat milik user sebelum melakukan instalasi pada data center.

Working Room

Ruangan ini berfungsi sebagai area kerja bagi user suatu data center. Ruangan ini disertai dengan perangkat kerja, koneksi internet hinga pantry kering untuk membuat minuman dan makanan ringan.

Network Entrance Room (NER)

NER merupakan ruangan untuk hosting perangkat transmisi dan perangkat aktif (router/switch) milik other license operator (OLO) dan Network access point (NAP).

14 komponen tersebut merupakan komponen yang umum pada infrastruktur data center. Semoga bermanfaat, tetap dirumah saja dan patuhi protokol kesehatan ketika ingin bepergian disituasi pandemik ini