4 Alasan Perusahaan Perlu Memanfaatkan Data Center

neuCentrIX - 18/01/2021 10:02

Di era transformasi digital seperti saat ini, data center telah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap bisnis. Data center mampu mendukung sebuah perusahaan melalui tiga peran: penyimpanan, komputasi, dan jaringan. Pusat data menawarkan ruang penyimpanan dan pengelolaan data kepada perusahaan yang dilengkapi dengan berbagai metode pencadangan dan pemulihan. Selain itu, tersedia juga memori dan processing power untuk mengelola aplikasi dan transaksi bisnis perusahaan. Tak hanya itu, data center juga menawarkan layanan konektivitas bagi penggunanya melalui interkoneksi antarkomponen dan penyebaran di banyak jaringan.

 

Melalui peran-peran tersebut, data center menjadi penting bagi perusahaan dalam berbagai aspek. Bagi perusahaan besar dan mapan, data center dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan dan kestabilan operasi dalam menjalankan bisnis. Sebuah perusahaan dengan ribuan aplikasi bisnis dan jutaan pertukaran data setiap harinya akan membutuhkan satu atau lebih data center untuk menangani beban kerja yang besar. Di sisi lain, perusahaan kecil membutuhkan data center untuk mengelola aktivitas perkembangan bisnis mereka. Untuk saat ini, perusahaan-perusahaan tersebut mungkin belum memerlukan data center, tetapi mereka membutuhkan rencana untuk memenuhi kebutuhan komputasi dan data mereka di masa depan, sehingga mereka dapat menangani keadaan yang berubah dengan cepat dan memanfaatkan peluang.

 

Perusahaan dapat memilih antara data center lokal atau data center kolokasi berdasarkan kebutuhan dan kapasitas mereka. Bagi sebuah perusahaan, memiliki data center on-site, tepat di jantung semua aktivitas bisnis, dapat memberikan sejumlah keuntungan, seperti akses mudah kapan saja, kontrol penuh untuk modifikasi dan perluasan, serta langkah-langkah keamanan yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Namun, manfaat ini tentu memiliki harga yang harus dibayar. Pusat data on-site dianggap sebagai investasi modal karena anggaran awal dan ruang fisik yang diperlukan untuk menyiapkannya bisa menghabiskan banyak biaya. Selain itu, menjalankan data center on-site memerlukan alokasi sumber daya untuk operasional, pemeliharaan, pemecahan masalah, dan juga keamanan.

 

Sementara itu, meskipun sebuah perusahaan tidak memiliki data center di gedung perkantoran mereka, menggunakan layanan kolokasi akan terasa lebih nyaman karena memberikan keuntungan-keuntungan  tersebut.

 

Menghemat Biaya dan Sumber Daya

Layanan kolokasi memungkinkan perusahaan, baik besar maupun kecil, untuk menghemat investasi infrastruktur awal dan mengurangi biaya operasional dengan berbagi biaya dengan pengguna lain sambil tetap menerima semua manfaat dari data center. Perusahaan kecil akan mendapatkan keuntungan karena memiliki departemen IT profesional tanpa biaya jumlah pegawai yang sebenarnya. Perusahaan menengah hingga besar dapat memperluas kapasitas mereka tanpa harus merasa khawatir tentang pembangunan fasilitas yang cenderung memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

 

Peningkatan Keamanan

Penyedia data center kolokasi menggunakan langkah-langkah dan protokol keamanan berlapis terbaru di infrastruktur fisik dan siber yang memungkinkan keamanan yang lebih ketat dan lebih cerdas karena data pengguna akan dijaga dan dipantau selama 24/7 dari serangan fisik atau pelanggaran lain. Terlebih lagi, perusahaan tidak perlu mengalokasikan sumber dayanya sendiri untuk membuat dan menerapkan protokol ini karena semuanya sudah dikelola oleh penyedia layanan kolokasi.

 

Fleksibilitas dan Skalabilitas

Dalam keadaan dunia yang serba tidak pasti, setiap perusahaan mulai dari yang kecil hingga yang besar, membutuhkan strategi untuk mengakomodasi perubahan dan ekspansi. Perusahaan skala kecil hingga menengah dapat mulai memanfaatkan layanan kolokasi untuk menangani perkembangan mereka sebelum volume data bisnis mereka melebihi sumber daya yang dimiliki. Pusat data kolokasi juga memungkinkan perusahaan untuk menerapkan tingkat bandwidth yang lebih tinggi untuk menangani data dan lonjakan traffic tanpa harus memiliki perencanaan ke depan dan memungkinkan perusahaan hanya membayar apa yang mereka gunakan.

 

Mengurangi Downtime

Meminimalkan downtime adalah salah satu keuntungan paling signifikan dari layanan kolokasi. Satu kejadian downtime dapat menghabiskan banyak biaya bagi perusahaan karena berbagai gangguan, termasuk hilangnya penjualan. Penyedia layanan kolokasi menerapkan komponen berlapis yang diperkuat termasuk bandwidth, konektivitas internet, sumber daya yang beragam, pendinginan, keamanan fisik, dan lainnya untuk mengurangi downtime dan memastikan fungsi perangkat keras yang optimal, bahkan jika terjadi bencana fisik.

Oleh karena itu, sekarang adalah waktu yang tepat bagi para pelaku bisnis untuk mulai memanfaatkan data center, khususnya layanan kolokasi, untuk memastikan operasi bisnis yang lebih stabil dan berkelanjutan.