Peluncuran neuCentrIX Meruya, Data Center Tier 3 dari Telkom Indonesia

neuCentrIX - 31/03/2021 15:30

Tak dimungkiri, ekonomi Indonesia tumbuh semakin kuat di tengah pandemi yang masih terus berlangsung. Didorong transformasi digital yang masif, ekonomi digital memegang peranan kunci dalam pertumbuhan ekonomi ini. Demi mewujudkan komitmen untuk mengembangkan ekosistem digital yang kuat dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital bangsa, Telkom Indonesia dengan bangga meluncurkan data center terbarunya yang ke-13, neuCentrIX Meruya, pada Kamis, 25 Maret 2021 lalu.

 

neuCentrIX Meruya diresmikan oleh Bapak Dian Rachmawan (Direktur Wholesale & International Service Telkom), Bapak Erik Orbandi (Executive Vice President Telkom DWS), Bapak Teuku Muda Nanta (Executive Vice President Telkom Regional II), dan Bapak Semly Saalino (Direktur Utama Telkom Akses). Acara peluncuran komersial tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Dewan Komisaris Telkom Indonesia, yakni Bapak Marsudi Wahyu Kisworo, Bapak Wawan Iriawan, Bapak Chandra Arie Setiawan, dan Bapak Rizal Mallarangeng.

 

Berlokasi di Jakarta Barat, salah satu kawasan dengan ekosistem digital terkuat di Jakarta, neuCentrIX Meruya merupakan data center bersertifikat Tier 3 dengan jaminan uptime 99.982% dan downtime maksimal 1,6 jam per tahun. Dengan jenis infrastruktur ini, neuCentrIX Meruya siap memenuhi kebutuhan bisnis yang sedang berkembang, baik menengah maupun besar, yang mengandalkan aktivitas bisnis secara online dan memiliki traffic yang terus meningkat.

 

Saat ini, Telkom Indonesia telah memiliki 13 data center yang tersebar di seluruh Indonesia—Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, Semarang, dan Pekanbaru. Terletak di kawasan kota-kota besar yang strategis dan produktif, neuCentriX telah menjadi salah satu penyedia data center dengan jaringan dan coverage terluas di tanah air, yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk mendukung secara penuh berbagai aktivitas digital bisnis.

 

Bapak Dian Rachmawan, Direktur Wholesale & International Service Telkom, menyatakan, “neuCentrIX merupakan inisiatif Telkom Indonesia dalam melayani market wholesale industri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center dengan coverage terluas dan berdaya saing global. Di tengah persaingan dengan berbagai pelaku bisnis global dan domestik, Telkom Indonesia tetap optimis dapat memperluas kapasitas dan jangkauan data center di berbagai kota di Indonesia. ”

 

Studi yang dilakukan oleh Google, Temasek dan perusahaan konsultan manajemen Bain & Company telah memproyeksikan potensi besar ekonomi digital Indonesia. Menurut studi tersebut, ekonomi digital Indonesia berpotensi mendominasi Asia Tenggara dengan nilai pasar yang diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi $130 miliar pada tahun 2025. Dengan transformasi digital besar-besaran di hampir setiap industri serta meningkatnya data value sebagai jenis aset strategis baru yang dapat dijual dan ditukar, data center kini telah menjadi tulang punggung ekonomi digital. Pemanfaatan data center membantu memastikan pertumbuhan yang stabil dan memberikan dampak langsung pada anggaran dan pendapatan perusahaan. Tak heran jika saat ini data center telah menjadi bagian penting dalam rencana jangka panjang dan strategis perusahaan, tidak hanya dalam ruang lingkup manajemen TI, tetapi juga mencakup bisnis secara keseluruhan. 


Menutup pidatonya, Bapak Dian Rachmawan menyatakan, “Semua kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan neuCentrIX serta brand image dan track record Telkom Indonesia dalam bisnis digital semakin memperkuat posisi neuCentrIX sebagai data center pilihan terbaik bagi pelanggan. Ini merupakan bentuk dukungan Telkom Indonesia untuk menjadikan Indonesia lebih baik melalui digitalisasi.”