Internet Cepat vs Internet Aman: Mana yang Lebih Penting untuk Bisnis?

neuCentrIX - 17/06/2021 16:00

Saat ini, tidak ada bisnis yang dapat berjalan lancar tanpa konektivitas yang andal. Salah satu dari banyak faktor yang mendukung jaringan terbaik adalah kecepatan. Meskipun begitu, tak selamanya koneksi internet cepat itu penting. Nyatanya, ada faktor lain yang berkontribusi pada keandalan koneksi internet, salah satunya faktor keamanan.

 

Manfaat Internet Cepat

Tidak perlu diragukan lagi, koneksi internet cepat membawa sejumlah keuntungan bagi perusahaan. Dengan koneksi internet yang cepat artinya performa cloud computing akan semakin baik. Hal ini tentu sangat penting bagi perusahaan agar tetap kompetitif. Koneksi internet cepat juga memungkinkan perusahaan untuk menyimpan dan mengakses data dari cloud dengan lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, memindahkan file berukuran besar tidak lagi menjadi masalah. Selain meningkatkan performa cloud, koneksi internet yang lebih cepat juga mendukung sistem kerja jarak jauh yang telah banyak diterapkan perusahaan sejak pandemi mewabah. Berkat koneksi yang cepat, perusahaan bisa memastikan kolaborasi tim yang lebih solid dan kapasitas yang lebih besar untuk jumlah pengguna yang semakin banyak.

 

Manfaat penting lainnya dari koneksi internet yang cepat adalah kemampuan untuk mendukung aplikasi bisnis harian dalam jumlah besar, termasuk transaksi keuangan tanpa masalah. Selain itu, jaringan yang cepat juga mendukung proses back up data penting secara otomatis dan memastikan recovery data penting tanpa memengaruhi produktivitas harian perusahaan. Semua manfaat ini menjadi bukti bahwa koneksi internet berkecepatan tinggi memiliki peran penting dalam hal kepuasan karyawan (employee satisfaction) dan customer experience. Namun pertanyaannya, apakah dengan mengandalkan kecepatan saja sudah cukup bagi perusahaan?

 

Alasan Mengapa Internet Aman Sama Pentingnya

Sejak pandemi mewabah, terjadi lonjakan besar dalam serangan siber dan pelanggaran keamanan data yang dilakukan secara online. Menurut Izumi Nakamitsu, Perwakilan Tinggi PBB untuk Urusan Pelucutan Senjata, pandemi telah meningkatkan ketergantungan digital secara global. Di sisi lain, hal ini juga meningkatkan kerentanan terhadap serangan siber, karena diperkirakan satu serangan siber bisa terjadi setiap 39 detik. Di antara berbagai industri yang ada di seluruh dunia, organisasi di bidang kesehatan dan fasilitas penelitian medis yang paling terkena dampaknya. Akibatnya, permintaan akan layanan infrastruktur jaringan yang aman semakin meningkat.

 

Jaringan yang aman tentu dapat memberikan manfaat yang besar. Sistem keamanan jaringan yang baik memiliki kemampuan untuk melindungi segala informasi sensitif dan data penting yang dibagikan di seluruh jaringan perusahaan. Selain itu, koneksi yang aman dapat meningkatkan kepercayaan antara bisnis dan konsumen, serta melindungi reputasi dan keberlangsungan bisnis Anda dari potensi pelanggaran keamanan. Lebih jauh lagi, solusi keamanan jaringan yang tepat bisa membantu perusahaan dalam melakukan pencegahan terhadap segala risiko dan tetap mematuhi peraturan bisnis dan juga pemerintah. Sejalan dengan koneksi internet cepat, sistem keamanan jaringan yang baik juga dapat mendukung perusahaan menerapkan sistem kerja jarak jauh dan melakukan kolaborasi tim dalam lingkungan virtual yang aman.

 

Peran VPN untuk Keamanan Siber

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengamankan koneksi internet mereka, seperti menggunakan autentikasi dua faktor, enkripsi, multiple firewalls, IPS atau IDS, dan sertifikat SSL. Namun, salah satu metode keamanan jaringan yang kini sangat populer adalah virtual private network (VPN). VPN mengenkripsi koneksi internet dan data yang ditransfer melalui jaringan perusahaan. Sebagian besar layanan VPN juga memiliki built-in feature yang secara otomatis memutus hardware dari jaringan ketika koneksi yang dilindungi terputus. Dengan begitu perusahaan tetap aman dari kebocoran data yang tidak terduga. VPN membuat karyawan perusahaan dapat menggunakan Wi-Fi dengan aman selama menerapkan work from home tanpa menimbulkan risiko yang dapat mengancam informasi sensitif dan data penting perusahaan.


Kesimpulannya, kecepatan dan keamanan adalah faktor terpenting dari koneksi internet yang andal. Meskipun jaringan cepat sangat penting, tetapi hal ini masih belum cukup bagi perusahaan untuk melindungi sistem keamanan perusahaan. Dengan koneksi berkecepatan tinggi perusahaan dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan customer experience dengan lebih baik, sementara jaringan yang aman dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dengan memberikan perlindungan data.