neuCentrIX Internet Exchange: Pilihan Tepat untuk Bisnis Anda

neuCentrIX - 14/09/2021 15:53

Didorong oleh kebangkitan ekonomi digital dan industri 4.0, seluruh dunia kini mulai bergerak menuju transformasi digital, tak terkecuali Indonesia. Menurut Forrester Research, sebanyak 43% perusahaan di Indonesia telah memulai perjalanan transformasi digital mereka, sementara 34% di antaranya berencana untuk mulai pada akhir tahun 2021. Kementerian BUMN dan seluruh BUMN yang dikelolanya juga turut berperan aktif dalam perjalanan transformasi digital bangsa. Sejumlah perusahaan BUMN bahkan telah melakukan upaya luar biasa untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Dalam hal ini, Telkom Indonesia telah memainkan peran penting sebagai pendorong aktif yang membantu mendukung upaya tersebut.

 

neuCentrIX Internet Exchange atau NCIX kini menjadi salah satu cara Telkom Indonesia untuk mempercepat transformasi digital di tanah air. NCIX merupakan infrastruktur yang disediakan oleh neuCentrIX bagi pelanggan mereka — para penyedia layanan internet, penyedia operator, penyedia konten, dan pelaku digital lainnya — untuk saling terhubung dan bertukar lalu lintas. NCIX memungkinkan setiap anggotanya untuk saling berinteraksi dengan dua cara, yaitu peering multilateral (lalu lintas dipertukarkan di antara semua anggota) dan peering bilateral (lalu lintas dipertukarkan secara pribadi di antara dua anggota).

 

NCIX memiliki tujuan utama, yaitu mempersingkat jarak yang harus ditempuh data dari sumber hingga ke tujuannya dan menjaga lalu lintas lokal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi latensi dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan yang dilalui data selama pulang dan pergi. Itulah mengapa fasilitas internet exchange — secara ideal — perlu ditempatkan di lokasi yang netral dan disebar di seluruh wilayah sehingga jaringan lokal dapat bertukar lalu lintas secara efisien. Demi memenuhi tujuan ini, NCIX kini telah tersedia di enam lokasi, yaitu Medan, Jakarta-Karet, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali, yang memudahkan bisnis untuk menjangkau pelanggan lokal dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

 

Secara umum, internet exchange menawarkan dua manfaat utama bagi para anggotanya.

Pertama, seperti yang telah disebutkan, internet exchange membantu mengurangi latensi dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan data (pulang dan pergi) dengan memperpendek jarak antara sumber data dan tujuannya. Dengan menyediakan koneksi jaringan secara langsung dan lebih cepat, internet exchange mampu meningkatkan stabilitas dan kualitas akses bagi para penyedia konten dan penyedia layanan serta pelanggan mereka, memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kedua, internet exchange mendorong lebih banyak inovasi dan peluang bisnis sehingga meningkatkan daya saing. Peningkatan kecepatan dan keandalan akses internet menjadi motivasi bagi sebagian besar penyedia untuk memproduksi dan menyampaikan konten serta aplikasi yang lebih relevan bagi para pengguna mereka.

 

Jadi, mengapa NCIX tepat untuk bisnis Anda? Selain berlokasi di enam kota besar di Indonesia, NCIX menawarkan akses ke basis pelanggan terbesar di Indonesia melalui koneksi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. NCIX juga bersifat netral dan inklusif. Tidak hanya memfasilitasi perusahaan besar, tetapi juga memberikan kesempatan yang sama kepada perusahaan kecil dan bahkan kepada kompetitor. Selain itu, meski dibekali dengan tingkat performa dan keandalan yang tinggi, NCIX sangat terjangkau karena biaya layanan dan operasional ditanggung bersama oleh para anggota.

 

Mari bergabung dengan NCIX dan tingkatkan bisnis Anda dengan koneksi tak terbatas yang kami miliki. Hubungi neucentrix@telkom.co.id dan jadilah anggota NCIX sekarang juga untuk mendapatkan bandwidth 100 Mbps secara gratis!