4 Tips Penting dalam Memilih Penyedia IX yang Tepat

neuCentrIX - 13/10/2021 14:32

Bagi para penyedia layanan dan pelaku digital modern saat ini, bergabung dengan Internet Exchange (IX) menjadi salah satu keputusan paling penting dan masuk akal yang akan mendatangkan keuntungan bagi bisnis mereka. Meskipun begitu, tahap pertimbangan tetap diperlukan dan tak dapat diabaikan. Itulah mengapa ada beberapa hal yang perlu diketahui calon anggota sebelum bergabung dengan IX untuk memastikan mereka membuat keputusan yang benar dan memilih penyedia yang tepat.

 

Dalam artikel ini, kami menyiapkan sejumlah tips penting bagi Anda dalam memilih penyedia IX yang tepat.

 

Penilaian Awal dan Penyiapan

Sebelum bergabung dengan sebuah IX, penting bagi calon anggota untuk melakukan penilaian kebutuhan atau evaluasi untuk memastikan perencanaan yang tepat dan menentukan apa yang dibutuhkan ke depannya. Pertama, calon anggota perlu mengevaluasi jumlah penyedia dan anggota IX lain yang akan mendukung dan menggunakan IX — setidaknya, fasilitas IX harus memiliki tiga penyedia jaringan yang terhubung. Mereka juga perlu mengevaluasi jumlah lalu lintas yang akan dipertukarkan dan kemungkinan biaya pengaturan dari IX. Penilaian awal ini bisa membantu penyedia IX menyiapkan kebutuhan calon anggota secara detail dalam mempersiapkan, merencanakan, mendesain, dan membangun fasilitas IX.

 

Sebagai catatan, pertemuan dan kerja sama antara operator jaringan dan penasihat teknis sangat diperlukan — bahkan pada tahap ini — karena penyediaan IX yang sukses membutuhkan 80% upaya manusia dan 20% dukungan teknis. 

 

Lokasi dan Konstruksi

Lokasi menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah ekosistem IX. Hal ini mencakup seberapa dekat jarak lokasi IX dengan jaringan calon anggota, seberapa aman lokasi tersebut, seberapa mudah aksesnya, seberapa besar ruang untuk infrastruktur yang diperlukan, dan seberapa andal tautan telekomunikasi yang tersedia. Calon anggota juga bisa memastikan bahwa penyedia IX secara berkala akan memeriksa power supply (termasuk cadangan daya atau generator), AC, dan peralatan serta layanan yang diperlukan (seperti layer 2 shared switch fabric untuk melakukan peering jaringan yang akan diinterkoneksi) tersedia.

 

Saat ini, sebagian besar IX di-host di data center yang tersedia atau fasilitas operator lainnya sehingga biaya awal dan biaya operasional berkurang secara signifikan. Dalam beberapa kasus, para penyedia colocation data center — seperti neuCentrIX — menggunakan kapasitas mereka untuk menawarkan IX sebagai salah satu layanan value-added.

 

Kepemilikan dan Manajemen

Kepemilikan dan manajemen IX harus bersifat netral. Meskipun secara khusus IX dirancang dan dibangun untuk memberikan manfaat bagi para anggotanya, IX tidak dapat dimiliki oleh salah satu anggota. Dengan kata lain, penyedia IX tidak boleh bersaing atau berpihak dengan anggota atau pelanggan tertentu dalam urusan apa pun. Oleh karena itu, terlepas dari tujuannya (baik untuk alasan komersial maupun nirlaba), netralitas IX harus selalu dipertahankan.

 

Untuk menjaga lingkungan IX agar tetap positif, penyedia IX perlu melakukan sejumlah upaya yang mampu membangun kepercayaan di antara anggota mereka. Misalnya, mengadakan forum dan pertemuan untuk mengembangkan jejaring sosial dan hubungan personal antara sesama anggota meskipun latar belakang dan tujuan mereka berbeda. Penyedia juga dapat menugaskan seseorang yang bertanggung jawab memastikan analisis lalu lintas dilakukan dengan benar untuk mengidentifikasi kebutuhan dan peluang, mengembangkan kebijakan yang sesuai, dan menegosiasikan persyaratan terbaik di antara anggota.

 

Operasional dan Pemeliharaan

Sebuah IX harus memberikan informasi yang diperbarui secara berkala terkait operasional mereka yang dapat diakses oleh setiap anggota dan calon anggota. Informasi tersebut dapat mencakup latar belakang dan kontak anggota, informasi statistik tentang lalu lintas yang dipertukarkan, syarat dan ketentuan keanggotaan, serta peering dan kebijakan teknis. Beberapa IX juga menyimpan riwayat peningkatan lalu lintas untuk melacak pertumbuhan. Sementara itu, beberapa penyedia IX lainnya menyediakan sistem tiket untuk mencatat permintaan dan mengimplementasikan alat pemantauan jaringan tingkat lanjut.

 

Praktik terbaik ini diterapkan oleh penyedia IX untuk memberikan layanan yang efisien dan andal bagi anggotanya. Itulah mengapa, penting bagi setiap bisnis untuk memeriksa apakah penyedia IX pilihan mereka telah menerapkan praktik terbaik sebelum memutuskan untuk bergabung.