5 Cara Terbaik CDN Menghadirkan Konten Berkualitas

neuCentrIX - 22/10/2021 12:08

Hampir seluruh konten yang ditemukan di internet saat ini–seperti halaman web, feeds media sosial, atau video streaming–dikirim melalui Content Delivery Network (CDN). Seiring dengan pesatnya perkembangan berbagai situs dan aplikasi besar, mulai dari Instagram, TikTok, Netflix, Spotify, Tokopedia, hingga Gojek, layanan CDN juga semakin populer secara global/

 

Bagaimana Cara Kerja CDN

CDN adalah jaringan server yang saling terhubung dan bekerja sama untuk mengirimkan konten Internet dengan lebih cepat, andal, terjangkau, dan juga aman. Setiap server CDN terletak di “tepi jaringan”. Artinya, data disimpan lebih dekat ke pengguna konten daripada server host atau lokasi asli situs web. Tujuannya adalah menyimpan cache atau menyimpan salinan aset konten web (file HTML, file javascript, stylesheet, gambar, video, audio, atau aplikasi) dari server host. Dengan mengurangi jarak antara konten dan end user, CDN membantu website publisher untuk dapat meningkatkan kinerja website, sistem keamanan, dan memberikan user experience yang lebih baik.

 

Apa Manfaat Penggunaan CDN

CDN memiliki 5 cara yang dapat menguntungkan penyedia konten dan pengguna.

 

1. CDN meningkatkan kecepatan loading website dan menciptakan pengalaman pengunjung yang lebih baik.

Website yang lebih cepat dapat memberikan pengalaman pengunjung yang lebih baik. Perlu diingat, pengalaman yang lebih baik adalah alasan utama pengunjung untuk tetap mengakses konten dari website tersebut. Ketika konten website didistribusikan melalui server CDN di jaringan yang lebih dekat dengan pengunjung, waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman akan menjadi lebih singkat. Website dengan waktu loading yang lebih lambat cenderung ditinggalkan pengunjung. Dengan CDN, bounce rate akan menjadi berkurang sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam mengakses konten di website tersebut.

 

2. CDN meningkatkan ketersediaan dan redundansi konten.

Beberapa acara, seperti peluncuran produk atau film, kampanye pemasaran yang sukses, penjualan dan penawaran dengan waktu terbatas, atau video yang sedang viral, dapat meningkatkan permintaan konten secara tiba-tiba sampai menyebabkan lonjakan lalu lintas. CDN, dengan menggunakan mekanisme load balancing, mampu mendistribusikan permintaan ini ke seluruh server untuk mencegah kelebihan beban pada satu server. Mekanisme ini memungkinkan CDN menangani lonjakan traffic dengan lebih baik sekaligus menjaga performa website.

 

3. CDN meningkatkan kualitas konten.

Selain mendistribusikan konten dengan lebih cepat, CDN juga meningkatkan kualitas konten yang dikirimkan. Live streaming video atau video call rentan terhadap gangguan yang disebabkan oleh lambatnya transmisi. Buffering, jittering, kualitas gambar dan suara yang buruk, serta transmisi yang tidak lengkap dapat memengaruhi pengiriman konten video dan audio. Di sinilah CDN memainkan peran penting. Dengan memperpendek jarak antara konten dan pengguna serta menerapkan load balancing, CDN mampu meningkatkan kualitas konten yang dikirimkan dan menciptakan user experience yang lebih baik.

 

4. CDN mengurangi biaya bandwidth.

Pemilik website harus membayar konsumsi bandwidth kepada host. Ini merupakan salah satu pengeluaran utama yang dapat menghabiskan sebagian besar anggaran pemilik website. Melalui caching dan optimalisasi, CDN mampu mengurangi jumlah data yang harus ditransfer server asal sehingga mengurangi konsumsi bandwidth dan biaya hosting.

 

5. CDN meningkatkan keamanan situs web.

Melalui berbagai analisis, perlengkapan otomatisasi, dan pengoptimalan keamanan lainnya, CDN yang dikonfigurasi dengan benar dapat membantu pemilik website dalam mengurangi serangan DDoS, masalah firewall, serangan man-in-the-middle, dan jenis serangan cyber lainnya.

 

CDN telah menjadi bagian penting dari website dan berbagai jenis aplikasi modern. Hampir semua lembaga dan perusahaan yang menjalankan website atau layanan Internet yang menyediakan konten, mulai dari e-niaga, perusahaan periklanan, penerbit game online, hingga platform streaming media dan hiburan lainnya, memerlukan CDN. Bagi mereka yang selalu berupaya untuk menjaga dan meningkatkan performa serta layanannya, CDN adalah investasi yang layak dilakukan.