Memanfaatkan SCC untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

neuCentrIX - 27/05/2022 10:00

Apakah Anda saat ini mencari cara untuk membuat sumber pendapatan untuk bisnis? Atau apakah Anda ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan saat mengakses konten global terbaik? Jangan khawatir. Kami perkenalkan Anda dengan Telkom SCC!

Apa itu SCC?

Specific Content Connectivity (SCC) adalah layanan interkonektivitas dari Telkom DWS yang dibuat untuk Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider yang ingin memberikan penggunanya akses cepat dan langsung ke konten terbaik. Namun, bagaimana Telkom SCC bekerja?

Pada dasarnya SCC adalah sebuah varian IP Transit yang dikirim melalui Telkom Content Delivery Network (CDN). Dengan SCC, Anda bisa langsung terhubung ke partner CDN Telkom Indonesia dan dapat langsung mengakses berbagai macam konten yang tersedia di jaringan CDN. Penggambarannya seperti ini, jika Anda ingin melakukan perjalanan dari Inggris ke Jepang, daripada transit di Dubai, Anda dapat mengambil penerbangan langsung. Jadi, alih-alih menunggu konten Facebook untuk transit dan mencapai komputer Anda, SCC memberi pengguna internet akses langsung ke konten tanpa menunggu data transit. Persyaratan untuk memilih pengaturan SCC sangatlah mudah. Anda hanya perlu kolokasi di data center neuCentrIX manapun.

Terdapat empat paket layanan SCC yang tersedia: Google Global Cache untuk mengakses CDN Google Global Cache dan termasuk konten Google Cloud Platform, seperti mesin pencari Google, Youtube, Blogspot; Akamai untuk mengakses CDN Akamai dan berbagai macam konten dari penyedia layanan menawarkan konten melalui koneksi; CDN Facebook untuk mengakses layanan spesifik ke CDN Facebook dan kontennya, seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp; Penerbit Game dan CDN lain untuk dapat akses khusus konten gaming plus komunitas CDN Telkom selain tiga paket lainnya.

Bagaimana CDN bisa menguntungkan Anda sebagai pencari konten? SCC memberikan Anda akses ke semua konten yang tersedia di CDN. Apa yang bisa Anda lakukan dengan konten tersebut? Anda bisa memanfaatkan konten untuk banyak tujuan. Jika tujuan Anda adalah untuk menarik pelanggan menggunakan produk baru, Anda bisa mengubah konten menjadi aliran pendapatan baru dengan menawarkannya kepada pelanggan sebagai layanan tambahan. Untuk mendapatkan layanannya, mereka harus membayar biaya tambahan. Bagaimanapun, jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan retensi, Anda bisa menawarkan konten sebagai bagian dari rencana layanan dan membuat pelanggan menikmatinya sambil berlangganan layanan Anda.

Apakah SCC Sama dengan CDN? 
Tidak. SCC disediakan oleh Telkom CDN, namun bekerja dengan cara yang berbeda-beda dan menawarkan keuntungan yang berbeda pula. Bagaimanapun, perbedaan besarnya terletak di target penggunanya.


Seperti yang sudah disebutkan, SCC untuk pencari konten. Jika Anda seorang ISP atau penyedia layanan telekomunikasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui konten, SCC sangat cocok dengan Anda. 

Sementara itu, CDN ditujukan untuk penyedia konten, seperti OTT, platform e-commerce, platform media sosial dan penerbit game. CDN berperan untuk membuat konektivitas yang kuat untuk pengiriman konten yang cepat, dapat diandalkan, dengan biaya terjangkau dan aman. Melalui kehadirannya yang terdistribusi, kemampuan menyimpan cache konten dan fitur penyeimbang beban, CDN mengurangi jarak antara pengguna dan server asal konten, meminimalisir keterlambatan dan perasaan was-was. Oleh karena itu, CDN membantu penyedia konten memperbaiki performanya, meningkatkan keamanan, menyediakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Layanan SCC dan CDN disediakan oleh Telkom DWS. Ingin tahu lebih banyak tentang keduanya dan bagaimana mereka bisa membantu bisnis Anda tumbuh? Hubungi kami melalui Whatsapp +62 811-3900-2626