Cloud Finansial: Tantangan dan Peluang

neuCentrIX - 23/09/2022 10:00

Saat ini, teknologi cloud di sektor finansial masih di dalam posisi mengejar ketertinggalan. Perusahaan finansial masih mendapatkan banyak peluang dari teknologi cloud untuk membuat segalanya lebih baik. Namun, juga terdapat tantangan yang harus dihadapi sektor ini ketika beradaptasi pada komputasi cloud.

Pada artikel kali ini, akan membahas peluang dan tren yang muncul di layanan finansial ketika menggunakan cloud. Kemudian, kita akan membahas rekomendasi migrasi cloud untuk perusahaan layanan finansial dan kemungkinan tantangan yang akan muncul.

Peluang dan Tren yang Muncul di Layanan Finansial, yang Mendorong Pengadopsian Cloud
Berikut beberapa perubahan dan tren yang diharapkan dari penyedia layanan finansial karena mereka berusaha untuk mengadopsi teknologi cloud.

  • Perusahaan akan memiliki periode waktu menuju market yang singkat untuk penyediaan layanan baru melalui pemanfaatan aplikasi berbasis cloud dan perencanaan DevOps yang tangkas.
  • Institusi finansial mengadakan analisis melalui teknologi cloud. Hal tersebut meningkatkan manajemen bisnis, mempromosikan perencanaan strategi serta meningkatkan pemasaran yang telah ditarget.
  • Teknologi ini akan membawa aplikasi dan platform web yang menghadap pelanggan. Peluangnya akan mempromosikan layanan mandiri, saluran yang efisien untuk memasarkan produk baru dan mendorong kepuasan pelanggan.
  • Bank menghentikan silo dan memenuhi efisiensi kerja dengan biaya rendah dan investasi CAPEX.

Rekomendasi Migrasi Cloud untuk Perusahaan Layanan Finansial

Berikut lima tips untuk membantu institusi finansial beradaptasi pada migrasi cloud :

1. Memikirkan Pengalaman Pelanggan Anda
Komputasi cloud telah membuat banyak hal menjadi mudah di sektor perbankan. Bank harus mempertimbangkan kepentingan pelanggan saat beradaptasi dengan sistem cloud. Memprediksi dan mengerti data yang benar melalui saluran yang tepat untuk memenuhi harapan pelanggan Anda, seperti menggunakan AI untuk membuat pesan dan pengingat yang dapat ditindaklanjuti.

2. Memiliki Berbagai Macam Model Bisnis Digital
Bank Anda bisa menggunakan teknologi cloud untuk membuat fitur yang lebih canggih serta mendapatkan peluang lebih. Model bisnis tersebut akan membantu Anda membangun kemitraan yang menghasilkan produk dan layanan yang terbaik.

3. Menciptakan Kembali Operasi Bisnis Anda
Teknologi ini adalah pintu menuju banyak kesempatan untuk menjalankan bisnis Anda dengan cara yang lebih baik. Bayangkan kembali bagaimana Anda menginginkan perusahaan untuk beroperasi dan berproses. Contohnya, Anda bisa menggunakan bot dan Natural Language Processing (NLP) untuk menawarkan layanan kepada pelanggan secara nyaman. Teknologi tersebut akan membantu bank Anda bersaing dengan baik di sektor finansial.

4. Merencanakan Kembali Strategi Tim Anda
Aplikasi Cloud akan membuat bank Anda selangkah lebih maju dalam hal pertumbuhan.  Namun, kesuksesan Anda harus melampaui teknologi. Bisnis Anda dan sektor TI harus lebih memikirkan pencapaian tujuan bisnis. Tim TI bank harus bergeser ke kelompok yang lebih kecil untuk memenuhi target lebih cepat.

5. Fokus pada Potensi Cloud Anda
Institusi finansial harus memikirkan penggunaan aplikasi cloud dan mendukung perkembangan bisnis. Teknologi tersebut harus mengubah bisnis Anda dengan melihat ke biaya hukum, performa, keamanan dan penyesuaian.

Tantangan Komputasi Cloud di Industri Finansial
Seperti teknologi lain yang sedang berkembang, komputasi cloud bisa disertai dengan tantangan juga. Berikut merupakan hambatan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan teknologi cloud di sektor finansial.

● Keamanan dan Privasi Data

Masalah yang dihadapi oleh internet dan cloud finansial adalah peretasan dan pelanggaran data yang dilakukan oleh pelaku kriminal siber. Jadi, bank harus berinvestasi lebih agar bisa memastikan data pelanggan aman di cloud.

● Kontrol yang Tidak Memadai
Berhubung bank masih beradaptasi pada komputasi cloud, bank khawatir akan kehilangan kontrol pada data dan sistem. Tetapi bank harus mengerti sifat aplikasi cloud sebelum menggunakannya guna menghindari masalah.

● Kepatuhan terhadap Peraturan
Beberapa aplikasi cloud bergantung pada undang-undang negara yang mengatur privasi data. Untuk itu, setiap bank harus mengikuti semua peraturan di industri, khususnya mengenai data pelanggan. Hal tersebut bisa bisa jadi sulit untuk mengikuti semua peraturan ketika data ada di cloud.

Cloud finansial memiliki banyak kesempatan untuk membuat sektor finansial berkembang lebih pesat. Namun, hal itu juga disertai dengan beberapa tantangan yang harus diperhatikan walaupun bank mendapatkan manfaatnya juga. Ada banyak langkah yang dapat diambil oleh perusahan finansial untuk mengetahui bahwa mereka mendapat lebih banyak manfaat dari aplikasi cloud. Bank harus mengeksplorasi cara untuk berkembang dan menghindari penyesalan karena menggunakannya.