Membangun Lingkungan Multi-Cloud

neuCentrIX - 09/11/2022 10:00

Pertumbuhan berkelanjutan dari komputasi cloud membuat orang-orang serta perusahaan telah mulai mengandalkan banyak penyedia layanan cloud. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 76% perusahaan besar di bidang teknologi sudah menyebarkan strategi multi-cloud dan teknologi hibrida pada tahun 2022. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan layanan cloud terbaik guna melayani tujuan tertentu.

Strategi multi-cloud telah membuktikan banyak manfaat dan memungkinkan perusahaan untuk berjalan secara lebih efisien. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai multi-cloud, mengapa Anda harus mengadopsinya, serta bagaimana perusahaan dapat mengatur strategi ini.

Apa itu Lingkungan Multi-Cloud?
Lingkungan multi-cloud adalah dimana banyak penyedia cloud menggunakan satu aplikasi. Bisa digunakan untuk meningkatkan ketersediaan dan keandalan sistem. Hal ini dilakukan dengan mengurangi ketergantungan pada satu penyedia, sehingga memudahkan sistem untuk pulih dari kegagalan kapan saja. Tiga fondasi penting dari cloud perusahaan ini adalah Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS).

Apa itu Strategi Multi-Cloud?
Strategi multi-cloud menggunakan banyak penyedia layanan cloud untuk menyelenggarakan, mengelola, dan mengirim operasi sistem TI. Tujuan akhirnya adalah agar vendor menunjukkan kemampuan mereka. Contohnya, sebuah korporasi menemukan bahwa satu penyedia cloud lebih cocok untuk komputasi perangkat keras fisik, yang lainnya cocok untuk penyimpanan data berbasis cloud dengan sangat baik, dan yang lainnya lagi lebih cocok untuk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Bagi banyak bisnis, menggunakan beberapa cloud untuk mengakomodasi tugas yang beragam muncul sebagai strategi terbaik.

Mengapa Harus Mengadopsi Strategi Multi-Cloud?
Strategi multi-cloud tampaknya menjadi pencetus dalam hal operasi berbasis cloud. Hal ini disebabkan karena banyaknya manfaat dan cara strategi tersebut membuat alur kerja menjadi lebih efisien. Berikut beberapa alasan untuk menggunakan strategi multi-cloud :

● Meningkatkan produktivitas dengan memberikan Anda akses untuk menggunakan vendor  sumber cloud teratas yang tersedia.
● Memungkinkan Anda bekerja dengan penyedia layanan yang berbeda-beda, sehingga meningkatkan fleksibilitas.
● Memotong biaya pemindahan tugas pada aplikasi yang berbeda.
Tidak terikat dengan hanya satu penyedia layanan, maka akan terhindar dari vendor lock-in.
● Meningkatkan pemulihan data dan memungkinkan waktu respon masalah yang timbul.

Neucloud Menawarkan Pilihan Multi-Cloud
neuCentrIX adalah data center terkemuka di Indonesia, menawarkan layanan multi-cloud yang tiada bandingannya. neuCentrIX memiliki layanan neucloud, yang memungkinkan Anda mendapatkan pilihan cloud yang berbeda-beda dari vendor lain guna membantu Anda agar memiliki fleksibilitas, kustomisasi, dan skalabilitas yang terbaik.

Cara untuk Memulai Strategi Multi-Cloud
Banyak perusahaan memasuki lingkungan multi-cloud, tanpa disadari sulit bagi mereka untuk menciptakan strategi yang realistis. Namun, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendirikan strategi multi-cloud :

1. Tentukan tujuan perusahaan Anda dan bagaimana Anda berniat menggunakan layanan cloud seperti yang Anda inginkan.
2. Melakukan penelitian mendalam pada vendor dan mengetahui syarat layanannya, apakah mereka sesuai dengan tujuan Anda.
3. Rencana ketahanan dan cari alternatif yang menguntungkan untuk layanan tersebut.
4. Rencanakan jalur penggunaan dan pertumbuhan layanan multi-cloud yang ingin Anda gunakan.

Strategi multi-cloud membantu perusahaan meraih tujuan dan memangkas biaya operasional. Strategi yang baik memiliki lebih banyak alur kerja dan layanan yang lebih baik dari penyedia cloud terkemuka. Neucloud dari neuCentrIX menawarkan Anda pilihan multi-cloud yang paling fleksibel serta mudah beradaptasi untuk lebih banyak skalabilitas dan pertumbuhan perusahaan. Kunjungi halaman kami kami untuk melihat lebih lanjut solusi cloud kami.