Persyaratan Pemasangan Kabel Data Center

neuCentrIX - 11/11/2022 10:00

Data center menjadi sangat penting belakangan ini disertai dengan tingginya permintaan data untuk kebutuhan transmisi, penyimpanan dan keamanan yang lebih baik. Salah satu komponen signifikan operasi data center adalah kualitas kabel yang terbaik.

Pengelolaan kabel komputer merupakan hal penting yang terkadang diabaikan. Mulai dari meja kerja Anda hingga ke lusinan atau bahkan ribuan server pada data center, kabel yang tidak terorganisir bisa menimbulkan “spageti kusut” sebuah fenomena yang tak enak dipandang, juga bisa menyebabkan banyak masalah penting. Untuk itu, disanalah pentingnya pengaturan kabel tersebut.

Artikel kali ini akan menjelaskan kepada Anda tentang kabel data center, keutamaannya, dan tips tentang bagaimana menggunakannya dengan benar.

 

Apa itu Pengkabelan Data Center?

Pengkabelan data center menghubungkan berbagai macam komponen peralatan serta sistem data center, guna menyediakan interkoneksi jaringan dan pengiriman daya. Ada 3 jenis utama pengkabelan data center yang digunakan di seluruh dunia, yaitu fiber optics, daya AC/DC, dan kabel tembaga. Sebelum memilih jenis kabel, pertama-tama Anda harus memeriksa interface data center Anda, dan juga harus tahu persyaratan bandwidth pada peralatan data center Anda.

Pengkabelan data center dapat dibagi menjadi dua desain utama tergantung jenis kabel mana yang Anda ingin gunakan. Jenis-jenis kabel tersebut yaitu kabel terstruktur dan kabel tidak terstruktur.

● Kabel Terstruktur: Tata letak kabel terstruktur harus memenuhi standar yang ditentukan, akan tetapi titik koneksi dan jalurnya tergantung kebutuhan bandwidth peralatannya. Hal tersebut sebaiknya sudah diuji coba, disaring, dan diklasifikasikan secara menyeluruh. Kabel terstruktur bisa lebih mahal dan memerlukan banyak waktu. Namun, terdapat keuntungan yang lebih besar dari kerugiannya, seperti peningkatan efisiensi operasi, biaya perawatan yang lebih murah, dan ketahanannya yang lama.

● Kabel Tak Terstruktur: Kabel tak terstruktur dikenal dengan pengkabelan point-to-point, yaitu tidak sesuai dengan teknik standar pemasangan kabel terstruktur. Kabel yang tak terstruktur seringkali bisa dibangun dengan murah dan cepat karena tidak ada syarat pada desainnya. Akan tetapi, kabel jenis ini cepat menimbulkan masalah serius dengan skalabilitas dan biaya pemeliharaan yang lebih tinggi.

Mengapa Pemasangan Kabel Sangat Penting bagi Penyedia dan Pengguna Data Center?

Pemasangan kabel adalah hal dasar bagi data center manapun. Kabel menghubungkan seluruh peralatan dan komponen jaringan. Tanpanya, Anda tidak akan bisa mengirim atau menerima data tepat waktu.

Kabel sangat penting bagi data center sebagai pengirim informasi antar perangkat, melindungi informasi yang dikirimkan dari interferensi elektromagnetik, lonjakan listrik, dan kerusakan lainnya.

Kabel yang dipasang dengan benar bisa meningkatkan kecepatan kecepatan transfer data antara dua perangkat dengan mengurangi penurunan sinyal melalui isolasi dan pelindung kabel. Hal ini sangat penting khususnya pada aplikasi berkecepatan tinggi seperti streaming video 4K atau trading dengan frekuensi tinggi dimana perhitungannya per/milidetik.

Pengetahuan Dasar dan Tips Memiliki Pemasangan Kabel Data Center yang Benar

Pengelolaan kabel dengan tepat pada data center sangat penting guna menghindari masalah. Masalah yang biasanya terjadi adalah panas berlebih yang disebabkan oleh kabel dan konektor. 

Pengelolaan kabel yang baik dimulai dengan memilih jenis kabel yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki lalu lintas data yang padat, maka lebih baik menggunakan kabel tembaga twisted-pair daripada kabel koaksial karena lebih tahan terhadap interferensi.

Langkah selanjutnya adalah pemasangan kabel agar kabel bisa diakses dan diganti dengan mudah jika dibutuhkan. Anda bisa menggunakan pengikat kabel untuk membundel semua kabel, atau Anda juga bisa memasangnya di pengait atau di rak dengan nampan kabel yang mudah diakses.

Pengkabelan data center sangat penting untuk fungsi yang optimal. Silahkan kunjungi website kami untuk solusi kabel terbaik serta layanan data center lainnya.