Data Center neuCentrIX untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

neuCentrIX - 28/12/2021 09:00

Seringkali, bisnis yang sukses diartikan sebagai bisnis yang efisien. Di zaman modern ini, salah satu cara meningkatkan efisiensi bisnis dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, termasuk data center. Sebagai salah satu penyedia data center terkemuka di Indonesia, neuCentrIX berkomitmen mendukung berbagai perusahaan untuk membantu mereka mencapai efisiensi bisnis.

Namun, mari kita pahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan efisiensi bisnis. Pada dasarnya, untuk setiap bisnis yang berbeda, pengertian efisiensi juga dapat berarti hal yang berbeda. Meskipun begitu, secara keseluruhan, efisiensi bisnis berarti seberapa banyak yang dapat dihasilkan perusahaan dengan investasi waktu, uang, dan sumber daya yang dikeluarkan. Dengan kata lain, hal ini dapat menjadi tolok ukur dalam menentukan seberapa baik bisnis Anda dalam mengubah modal, bahan, dan tenaga kerja, menjadi produk dan layanan yang menghasilkan pendapatan.

Efisiensi bisnis dapat dicapai melalui beberapa cara, antara lain ROI, efisiensi operasional, efisiensi proses, dan efisiensi finansial. Dengan semua kemampuan dan manfaat yang ditawarkan, data center neucentrIX dapat menjadi kunci penerapan efektif dari strategi efisiensi bisnis Anda. 

Data center neuCentrIX memastikan efisiensi finansial.
neuCentrIX adalah penyedia colocation. Dengan layanan colocation, Anda tidak perlu memiliki fasilitas di lokasi sendiri (on-premise) untuk mendapatkan manfaat maksimal dari data center; neuCentrIX akan memberi Anda ruang, peralatan, daya, sistem pendingin, sistem keamanan, dan konektivitas yang dibutuhkan untuk operasional bisnis Anda.

Secara finansial, colocation dapat memberikan keuntungan melalui dua hal. Pertama, Anda dapat mengurangi pengeluaran modal dengan menghilangkan investasi untuk pembangunan infrastruktur awal data center on-premise dan memotong biaya untuk akuisisi karyawan departemen IT. Kedua, Anda juga dapat mengurangi pengeluaran operasional dengan berbagi biaya ruang dan daya dengan pengguna neuCentrIX lainnya. Tak hanya itu, neuCentrIX juga mengimplementasikan sistem harga bayar sesuai penggunaan yang memungkinkan Anda untuk membayar biaya layanan yang hanya Anda gunakan.

neuCentrIX data centers menjamin ROI.
Jika Anda memilih data center neuCentrIX, ROI Anda akan terjamin. neuCentrIX menawarkan beberapa paket berbeda yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan; Anda bisa mulai dengan memilih paket dasar dan beralih ke paket premium ketika Anda merasa sudah membutuhkannya. Meskipun demikian, terlepas dari paket yang berbeda, neuCentrIX menerapkan kualitas dan perlindungan layanan yang sama untuk memastikan manfaat maksimal bagi seluruh pengguna data center neuCentrIX.

Untuk memastikan uptime dan keandalan, data center neuCentrIX dilengkapi dengan sistem redundancy. Artinya, setiap komponen sistem memiliki cadangan sehingga sistem dapat tetap online meskipun terjadi kegagalan atau ketika sedang melakukan perawatan rutin. Misalnya, untuk menghindari pemadaman listrik, setiap fasilitas dilengkapi dengan genset cadangan dan UPS cadangan. Fasilitas ini juga menggunakan sistem pendingin cadangan.

Data center neuCentrIX juga dilengkapi dengan protokol mitigasi risiko untuk mencegah berbagai macam ancaman, mulai dari ancaman fisik, kejahatan dunia maya, bencana alam, kebocoran air, hingga kebakaran. Untuk mencegah ancaman fisik, setiap fasilitas dijaga 24x7 oleh tim keamanan yang berpengalaman dan menerapkan Visitor Access Management (VAM) untuk memastikan setiap pengunjung yang masuk telah memenuhi syarat. Sementara itu, untuk pencegahan kebakaran, masing-masing fasilitas menggunakan sistem pemadam kebakaran IG-55 dan pipa kering, serta sistem pre-action fire sprinkler. Terdapat juga sistem pendeteksi asap aspirasi VESDA (untuk peringatan dini) yang dipasang di setiap fasilitas.

Data center neuCentrIX memastikan skalabilitas.
Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan bisnis, Anda akan membutuhkan sumber daya yang lebih banyak dan lebih baik. Perubahan ini mungkin akan terjadi lebih dari sekali, tergantung pada seberapa cepat bisnis Anda berkembang. Biasanya sulit bagi data center lokal untuk menjamin tingkat skalabilitas. Dengan IT Hall seluas 240 m2 dan 80 rak siap pakai, data center neuCentrIX memungkinkan Anda menambah dan mengganti sumber daya dengan mudah untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan implikasinya, seperti lonjakan data dan lalu lintas. Hal tersebut dapat dilakukan secara instan, Anda bahkan tidak perlu merencanakan jauh-jauh hari untuk dapat melakukan ini.

Tiga poin di atas merangkum alasan-alasan penting mengapa data center neuCentrIX dapat bermanfaat bagi bisnis Anda. Jika Anda ingin berinvestasi di data center dengan ROI dan dampak bisnis yang nyata serta terjamin, neuCentrIX menjadi penyedia pilihan terbaik untuk Anda.