5 Manfaat CDN dan Bagaimana Mereka Melengkapi Cloud Computing

neuCentrIX - 07/01/2022 14:13

Cloud computing telah memainkan peran besar dan penting dalam konteks bisnis modern. Dengan pemikiran ini, sangat umum untuk berpikir bahwa cloud computing sudah cukup.

Itu benar sampai batas tertentu. Cloud computing menawarkan dua keuntungan utama: fleksibilitas dan skalabilitas. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan dan menambahkan lebih banyak server dalam kasus beban kerja yang berat, seperti selama lonjakan lalu lintas. Ini juga membantu Anda mencapai kinerja yang lebih baik dengan memungkinkan Anda untuk mendistribusikan tugas server, meningkatkan jumlah memori server Anda, meningkatkan jumlah RAM Anda, dan mengganti CPU Anda dengan yang lebih kuat.

Namun, dalam hal pengiriman konten, data, dan aplikasi, apakah cloud computing benar-benar cukup?

Manfaat CDN
Saatnya Anda mengenal CDN. Dalam hal karakteristik, cloud computing dan CDN serupa karena keduanya menggunakan server yang terdistribusi secara geografis untuk mengirimkan konten. Namun, dalam hal fokus dan penekanan, keduanya sebenarnya berbeda; cloud computing menangani, baik, fungsi komputasi sementara CDN menangani fungsi pengiriman. Dalam hal mengirimkan konten dan data dalam jumlah besar dengan cepat dan lancar, CDN menguntungkan Anda dalam lima cara.

1. Tingkatkan Kecepatan dan Kinerja Situs Anda
Ketika kita berbicara tentang kecepatan dan latensi unduhan, lokasi geografis penting. Dengan CDN, pengguna Anda tidak perlu menunggu permintaan mereka untuk pergi ke server asal; mereka dapat mengakses konten yang mereka inginkan dari server terdekat. Selain itu, jaringan server CDN dilengkapi dengan kemampuan untuk men-cache konten — konten disimpan di server yang didistribusikan secara strategis dan tersedia untuk pengguna. Karena fitur ini, CDN mengurangi waktu muat halaman Anda dan meningkatkan kinerja situs Anda, membantu Anda memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna Anda.

2. Mencegah Kelebihan Server
CDN juga memiliki kemampuan untuk mendistribusikan dan menyeimbangkan beban antar server dalam jaringannya. Fitur ini berguna untuk Anda selama masa puncak dan lonjakan lalu lintas, seperti peluncuran produk, periode promosi, atau kampanye viral. Ini mencegah crash dan kelebihan server.

3. Berikan Insight yang Lebih Baik tentang Audiens Anda
Kemampuan lain yang dimiliki CDN adalah memberikan insight berharga tentang lalu lintas Anda. CDN saat ini bertanggung jawab atas sekitar setengah dari lalu lintas internet dunia. Artinya, melalui CDN, Anda dapat mengumpulkan sejumlah besar data tentang pengguna Anda, seperti konektivitas internet mereka, penggunaan perangkat, dll. Anda kemudian dapat menganalisis data ini untuk mendapatkan kecerdasan dan insight yang dapat ditindaklanjuti tentang apa yang disukai pengguna Anda, apa kebiasaan mereka seperti, dan banyak lagi.

4. Aktifkan Keamanan Situs Web Tingkat Lanjut
Sifat CDN sangat membantu dalam kasus serangan DDoS — utas di mana penyerang membanjiri server DNS penting dengan mengirimkan sejumlah besar permintaan dengan tujuan menjatuhkan server ini dan bersama dengan itu situs web. CDN dapat mencegah serangan tersebut dengan mendistribusikan beban secara merata di seluruh jaringan. Terlebih lagi, CDN juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengadopsi metode enkripsi terbaru dan menerapkannya tanpa mempengaruhi operasi Anda yang biasa.

5. Memungkinkan Anda untuk Menghemat Biaya
CDN memungkinkan hal ini melalui tiga cara. Pertama, dengan CDN, Anda dapat menghasilkan lebih banyak pengguna dan lebih banyak pendapatan dengan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Kedua, Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan hanya membayar apa yang Anda gunakan tanpa biaya penyiapan infrastruktur. Ketiga, CDN mengoptimalkan penggunaan bandwidth Anda dengan membatasi volume permintaan dan transfer data.

Cloud Computing dan CDN Bersama
Seperti dibahas di atas, cloud computing memungkinkan Anda meningkatkan sumber daya dengan mudah saat dibutuhkan, tetapi CDN memungkinkan Anda mengirimkan konten dalam jumlah besar dengan cepat dan lancar kepada pengguna Anda. Menggunakan keduanya bersama-sama menciptakan strategi pengiriman yang lebih tangguh dan andal untuk konten, data, dan aplikasi Anda daripada yang dapat dilakukan sendiri-sendiri. Mereka menghilangkan satu titik kegagalan satu sama lain sambil memungkinkan Anda memanfaatkan sumber daya Anda secara efisien.