Aplikasi Komputasi Cloud di Perbankan

neuCentrIX - 21/09/2022 10:00

Saat ini sektor perbankan mengadaptasi dunia digital yang berkembang cepat untuk menarik dan memuaskan lebih banyak pelanggan. Bank menggunakan aplikasi cloud untuk pengelolaan data yang tepat. Dengan analisis data, mereka bisa mengirim layanan yang memadai ke pelanggan dengan harga yang lebih terjangkau.

Bank yang menggunakan aplikasi cloud di waktu mendatang dapat meningkatkan lebih banyak pelanggan dan keuntungan. Artikel ini akan berfokus pada bagaimana bank menggunakan komputasi cloud, manfaat yang didapat, serta bagaimana sistem perbankan cloud menjadi layanan finansial di masa depan.

Bagaimana Komputasi Cloud digunakan di Bank
Institusi finansial menggunakan komputasi cloud untuk berbagai macam keperluan. Simak lebih lanjut penjelasannya.

● Keamanan
Sebagian besar bank menggunakan teknologi cloud untuk mendeteksi masalah serangan siber. Hal itu dilakukan dengan analisis data dan mencatat ketidaknormalan serta risiko sebelum terjadinya kerusakan.

● Manajemen Data
Data yang besar mudah dijaga dan disimpan menggunakan aplikasi cloud. Pengelolaan data yang tepat memungkinkan bank untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan menjalankan kegiatan perbankan dengan baik.

● Customer Relationship Management (CRM)
Bank menggunakan aplikasi cloud untuk mengelola sistem CRM yang menangani data dan interaksi pelanggan. Hal ini membantu melacak aktivitas pelanggan kapanpun dan dimanapun agar pelanggan merasa puas.

Manfaat Menggunakan Teknologi Cloud di Sektor Perbankan
Berikut merupakan manfaat yang didapat institusi perbankan dari teknologi komputasi cloud.

1. Merupakan Teknologi Fleksibel
Cloud di perbankan memungkinkan akses data yang lebih cepat dan mudah. Bank juga bisa meningkatkan dan menurunkannya kapanpun mereka melayani pelanggan.

2. Teknologi Cloud Biayanya lebih Murah
Bank yang menggunakan aplikasi teknologi cloud untuk menyimpan data cenderung lebih hemat, karena menggunakan sistem bayar sesuai yang dipakai. Teknologi ini sangat terjangkau untuk institusi bank.

3. Cloud lebih Cepat
Anda bisa mengharapkan kecepatan proses data yang baik jika Anda memiliki aplikasi cloud yang tepat, sesuai dengan kebutuhan. Teknologi tersebut memungkinkan bank untuk melayani pelanggan dengan kecepatan transaksi yang terbaik.

4. Mendorong Kreativitas dan Peningkatan
Aplikasi cloud membuka jalan untuk ide-ide baru yang bisa diimplementasikan oleh bank. Sehingga, bank Anda bisa menggunakan peningkatan aplikasi dan melihat apakah hal tersebut akan berhasil diimplementasikan.

5. Manajemen Risiko yang Mudah
Teknologi cloud memiliki kekuatan memproses data yang cepat dan dapat dipercaya, sehingga para pengelola pun merasa mudah. Bank bisa menganalisis data yang besar serta merancang wawasan baru dan penting. Cloud juga disertai dengan otomatisasi untuk membantu dalam manajemen risiko yang tepat.

6. Perbankan Terbuka
Pelanggan Anda akan memungkinkan keamanan pihak ketiga untuk mengakses data menggunakan API. Pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik serta bisa disesuaikan oleh perbankan terbuka. Namun, penyedia layanan aplikasi cloud butuh terhubung dengan bank dikarenakan data besar.


7. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Teknologi cloud memungkinkan bank untuk bergantung pada Artificial Intelligence (AI) dan dan chatbots untuk melayani pelanggan. Institusi ini menggunakan AI untuk mengaktifkan privasi yang lebih dalam dan menghalangi masalah ketidakamanan siber. Hal tersebut membuat pelanggan lebih mempercayai bank untuk menangani data dan uang mereka.

Sistem Perbankan Cloud untuk Layanan Finansial Masa Depan
Seiring dengan kemajuan teknologi, komputasi cloud akan menjadi teknologi utama bagi sektor finansial di masa depan. Dapat dikatakan bahwa permintaan layanan finansial cloud dan nilai pasar berkembang pesat di tahun 2028.

Sebagian besar institusi saat ini melihat teknologi cloud sebagai hal normal yang baru. Data besar terus berkembang, tekanan untuk permintaan manajemen perbankan yang baik meningkat dan persaingan semakin ketat. Jadi, akan ada yang menggunakan komputasi cloud dan ada pula yang tidak. Bank yang tidak berinvestasi di komputasi cloud memiliki lebih sedikit pelanggan di masa mendatang.

Cara terbaik agar bank menjadi hebat di masa depan adalah dengan menggunakan komputasi cloud. Teknologi ini membantu institusi keuangan menangani data dengan baik, mengurangi kemungkinan risiko dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.