Data Center Hijau di Dunia Digital

neuCentrIX - 27/09/2022 10:00

Teknologi komputasi cloud memiliki daya untuk mengurangi konsumsi energi data center dengan persentase tinggi. Namun, hal itu hanya bisa berjalan jika pusatnya bertujuan menyimpan lebih banyak daya dan melestarikan lingkungan.

Berbagai macam perusahaan teknologi terkenal memiliki cara terbaru yang lebih baik guna menciptakan daya untuk pusatnya dan untuk menyelamatkan bumi. Artikel kali ini akan berfokus pada data center dengan energi yang efisien, faktor-faktor yang harus diperhatikan seiring bergesernya dunia ke teknologi cloud dan inovasi yang datang dari data center hijau yang ramah lingkungan.

Data Center dengan Energi yang Efisien
Perusahaan yang menggunakan data center hemat energi menghemat banyak biaya. Hal tersebut memungkinkan mereka menggunakan sumber daya untuk meningkatkan sektor lain perusahaan. Perlu diketahui, daya di zaman sekarang menjadi salah satu biaya yang rumit yang harus dikelola organisasi. Selain itu, beberapa penelitian mengindikasi bahwa perusahaan data center dengan rencana yang lebih ramah lingkungan cenderung bisa menghemat energi sebesar 48% melalui teknologi pendingin.

Faktor Penting yang Perlu Dipertimbangkan karena Migrasi Cloud Menjadi Hal yang Umum
Migrasi cloud sudah menjadi suatu norma, untuk itu aspek ramah lingkungan berikut ini patut menjadi pertimbangan perusahaan.

1. Perusahaan harus Memiliki Server dengan Energi yang Efisien
Server data center tidak memakai banyak daya seperti server tradisional. Lebih baik lagi, perusahaan harus merangkul penggunaan server yang tidak menggunakan banyak daya. Hal tersebut bisa mengalihkan banyak anggaran untuk kegiatan lainnya.

2. Solusi Pendingin yang Lebih Efektif
Server-server ini butuh pola pendinginan biasa agar berjalan dengan baik. Untuk itu, perusahaan harus berinvestasi pada sistem setelah menganalisa data dari lingkungan di sekitar fasilitas agar bisa mengetahui metode mana yang efektif.

3. Mengoptimisasi Siklus Penyegaran Perangkat Keras
Ketika berfokus pada pengoperasian aplikasi cloud, perusahaan harus mengurangi limbah beracun dengan menilai siklus hidup dan penyegaran elemen perangkat keras. Hal itu akan mengurangi angka jejak karbon di sektor teknologi informasi.

Inovasi Data Center Hijau di Seluruh Dunia
Berikut merupakan inovasi beberapa data center di seluruh dunia menjadi lebih peduli lingkungan. Aktivitas ini juga membantu perusahaan data center menghemat lebih banyak biaya.

● Data Center Bawah Air
Beberapa perusahaan mandiri, menggunakan data center bawah air.  Teknologi tersebut merupakan ide teknologi dari kapal selam yang membantu mengirimkan layanan komputasi cloud cepat ke daerah pesisir. Data center ini membantu perusahaan menghemat lebih banyak biaya yang akan digunakan untuk membayar tagihan listrik. Apalagi teknologi bawah air ini menggunakan daya tanpa merusak biota laut.

● Data Center Mengandalkan Fasilitas Penghasil Data Sendiri
Hal yang baik bagi organisasi dalam mengandalkan cara mereka mengirimkan daya untuk menjalankan aktivitas. Itulah mengapa beberapa perusahaan memilih berinvestasi di banyak panel surya untuk menghasilkan tenaga. Panel surya ini memiliki generator listrik sel bahan bakar ganda yang menggunakan biogas dari tempat pembuangan sampah sanitasi. Metode tersebut membantu perusahaan menghemat tagihan listrik, menginvestasikan sumber daya, dan meningkatkan kinerja perusahaan.

● Merangkul Pembangkit Listrik Tenaga Air
Data center juga berjalan baik dengan mesin bertenaga air dengan memproduksi 100% energi terbarukan. Perlu diketahui bahwa fasilitas seperti itu menggunakan pendingin alami dari alam luar untuk menjaga rak di sistem data center. Hal ini menyebabkan data center dapat menyimpan data besar dan membawa transaksi besar dengan mudah dalam sehari.

● Menggunakan Tenaga Gas Alam
Menggunakan tenaga gas alam untuk menghasilkan listrik lebih menghemat biaya dan juga bisa menyelamatkan bumi. Perusahaan juga menggunakan gas berlokasi dekat dengan pipas gas utama. Sehingga, mereka mudah untuk menekan pasokan gas dan menghasilkan listrik setelah mengikuti protokol yang benar. Mereka membuat daya menggunakan lebih sedikit emisi karbon daripada menggunakan batubara dan lebih menghemat tagihan listrik.

Dunia teknologi akan menjadi lebih luar biasa jika mengadaptasi data center hijau yang ramah lingkungan. Hal ini akan membantu perusahaan menghemat banyak sumber daya karena mereka menggunakan teknologi cloud. Sangat menggembirakan melihat beberapa organisasi muncul dengan rencana yang lebih ramah lingkungan seperti menggunakan tenaga gas alam untuk menghasilkan listrik. Dengan kata lain, data center bisa menjadi rencana penghematan yang bagus untuk sektor digital dan lingkungannya.